Program basis data apa yang paling populer digunakan saat ini?

Basis data / database pasti beragam macamnya tergantung selera penggunanya masing masing. namun pasti terdapat jenis database yang paling sering digunakan / populer dikalangan developer. jenis database apakah itu??


sumber: http://www.dbta.com/Images/Default.aspx?ImageID=19031

Database merupakan bagian penting pada pembangunan sebuah proyek sistem informasi baik skala enterprise maupun small bussiness sebab, database server pada dasarnya digunakan sebagai media penyimpanan data yang digunakan secara bersama-sama sebagai suppy data request user. Sebelum memutuskan menggunakan sebuah database server hal yang terpenting adalah bagaimana mengetahui performance database tersebut.

Performa database tidak bisa diukur dengan cara melihat tingkat popularitas pengguna database lalu, bukankah popularitas pengguna bisa digunakan sebagai tolak ukur performance sebuah database ?. besarnya jumlah pengguna sebuah database open source bisa digunakan sebagai sumber referensi pemilihan database. Setiap perancang database mempunyai cara masing-masing untuk memilih kriteria database server sesuai dengan kebutuhan tetapi, ada beberapa pertimbangan dasar dalam memilih sebuah database.*

Sedikit nya ada 9 faktor teknik memilih database open source diantaranya:

  1. Response time: hal ini berhubungan dengan waktu akses database, seberapa lama waktu yang dibutuhkan user untuk mengakses item informasi dalam database.

  2. Concurrent Users: berapa jumlah kapasitas maksimal pengguna dapat mengakses data dalam waktu bersamaan.

  3. Security Data : hal ini berhubungan dengan sistem keaman data pada database

  4. Fasilitas backup dan restore Data : tujuan dari falisitas backup data adalah sebagai salinan data dimana jika suatu saat ada masalah pada data atau kehilangan data data backup bisa dikembalikan pada saat data terakir beckup dengan menggunakan fasilitas restore data

  5. Recovery Tool Database : recovery digunakan sebagai alat bantu untuk repaircorupt data, cacat metadata pada database biasanya ini sering diakibatkan sering listrik mati contoh alat recovery pada database firebird : GFIX, Data Pump, IB Surgeon

  6. Space Utility : kapasitas ruang penyimpanan data pada sebuah database

  7. Transaction Data : Jumlah rata-rata transaksi yang sanggup diproses permenit dalam sistem database

  8. Monitoring Tool : monitoring dalam sistem database meliputi monitoring user akses, database monitor,SQL monitor, memori resource performance. Biasanya sebuah database server memiliki fasilitas tool monitoring

  9. Multi Platform : multi platform adalah bisa dijalankan pada sistem operasi berbeda misal Microsoft,Linux,Mac OS, Open Solaris

Dengan memperhatikan 9 faktor tersebut , berikut telah terangkum 10 database paling populer di dunia tahun 2017 berdasarkan Situs rangking database DB-Engines :

image

Daftar Pustaka:

image

Basis data /database merupakan hal yang berperan penting pada masa ini karena dengan basis data , semua data bisa tersimpan dan dipergunakan oleh pengguna untuk membantu menyelesaikan permasalahan sehari hari. Jenis basis data pun bermacam macam dan pasti selalu ada yang baru untuk memperbaiki basis data sebelumnya. Berikut ini merupakan daftar basis data yang paling sering digunakan (menurut db-engine.com) :

image

Berdasarkan data diatas, oracle menempati posisi pertama. Jika diperhatikan lebih lanjut memang oracle memberikan banyak inovasi yang signifikan dari awal berdirinya. Serta dari pihak pelanggan banyak yang puas atas performanya, yang salah satunya yaitu bisa diterapkan pada berbagai bidang serta fitur yang dimiliki cukup banyak.

Sumber :


https://www.techwalla.com/articles/the-advantages-of-oracle-databases

image

Basis data atau yang biasa disebut database adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer dan dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan suatu program atau perangkat lunak untuk menghasilkan suatu informasi. Basis data adalah tulang punggung bisnis saat ini. Dari sektor publik hingga industri teknologi tinggi, infrastruktur perusahaan tidak lain hanyalah data, penyimpanan, transaksi, dan analisis data. Bagi profesional TI,basis data adalah masalah besar. Tidak peduli apa yang kalian lakukan di bidang IT, tingkat pengetahuan dan keterampilan database tertentu pasti diperlukan. Ada beberapa basis data yang populer dan banyak digunakan, yaitu :

1. Oracle

image

Oracle memulai perjalanannya pada tahun 1979 sebagai relational database management systeml (RDBMS) yang pertama. Nama Oracle identik dengan sistem database perusahaan, pengiriman data yang tidak dapat dipecahkan dan persaingan perusahaan yang sengit dari CEO Larry Ellison. Solusi database yang hebat namun kompleks merupakan andalan perusahaan Fortune 500 ini.

Oracle Enterprise Server , yang dirancang untuk komputasi grid, adalah RDBMS terbaik dan dapat berjalan di banyak platform, dengan versi terbaru 12c, di mana “c” adalah singkatan untuk cloud dan mencerminkan kinerja Oracle memperluas perusahaan RDMBS yang memungkinkan perusahaan untuk mengkonsolidasikan dan mengelola database sebagai layanan cloud bila diperlukan melalui Oracle multitenant arsitektur dan kemampuan pemrosesan data di memori.

Dalam industri IT, Oracle adalah “THE DATABASE.” Oracle memiliki pangsa pasar yang tak tergoyahkan di bidang database dengan perusahaan besar, instansi pemerintah, dan pusat data mission-critical yang berjalan di database Oracle di lingkungan Real Application Cluster (RAC).

2. Microsoft SQL Server

Microsoft SQL Server adalah platform perangkat lunak basis data komprehensif yang menyediakan pengelolaan data kelas enterprise dan alat intelijen bisnis terpadu (integrated business intelligence / BI). Meski sebagai starter dalam database, Microsoft telah melakukan investasi strategis untuk mendorong SQLServer-nya ke garis depan untuk bersaing dengan Oracle dan DB2 secara langsung. Kemudahan penggunaan SQL Server, ketersediaan dan integrasi sistem operasi Windows yang ketat menjadikannya pilihan yang mudah bagi perusahaan untuk memilih produk Microsoft bagi perusahaan mereka.

Sebagai dasar dari platform data komprehensif Microsoft, SQL Server memberikan kinerja terobosan untuk aplikasi mission-critical, menggunakan teknologi dalam memori, pemahaman data lebih cepat untuk setiap pengguna dalam alat-alat yang familiar seperti Excel, dan platform yang tangguh untuk membangun, menerapkan, dan mengelola solusi yang mencakup lingkungan dan cloud. Microsoft menawarkan diskon besar untuk sektor pendidikan termasuk sekolah umum, universitas, dan lembaga publik dalam pendidikan, yang membantu basis pengguna SQLServer secara signifikan.

3. IBM DB2

image

Big Blue menjadi pusat data yang besar dengan DB2. DB2 adalah sistem manajemen basis data yang memberikan platform basis data yang fleksibel dan hemat biaya untuk membangun aplikasi bisnis yang kuat sesuai permintaan. DB2 Universal Database (UDB) Enterprise Server Edition (ESE) adalah salah satu RDBMS terbaik. IBM menempatkan DB2 sebagai database pilihan untuk solusi enterprise-wide yang kuat yang menangani beban kerja bervolume tinggi. dan dioptimalkan untuk memberikan kinerja terdepan di industri sambil menurunkan biaya.

IBM telah memacu sistem DB2-nya untuk dapat bersaing dengan Oracle melalui International Technology Group, dan hasilnya menunjukkan penghematan biaya yang signifikan bagi mereka yang bermigrasi ke dari Oracle DB2. DB2 digunakan oleh banyak perusahaan besar, misalnya, VSP, perusahaan asuransi terkemuka, menjalankan seluruh bisnisnya di DB2.

4. MySQL

MySQL adalah basis data paling populer untuk aplikasi bisnis berbasis web, dan beralih ke tingkat perusahaan. MySQL adalah database terpopuler untuk sistem internet seperti e-commerce dan dynamic website dan terus berfungsi sebagai komponen utama dari kumpulan perangkat lunak aplikasi LAMP open-source Web, bersama dengan Linux, Apache dan PHP (atau Python atau Perl).

Jika kalian menjalankan blog kalian sendiri dengan Wordpress, kalian menggunakan MySQL. Banyak organisasi terbesar dan tercepat di dunia termasuk Facebook, Google, Adobe, Alcatel Lucent dan Zappos mengandalkan MySQL untuk menghemat waktu dan uang. MySQL sekarang berada di tangan Oracle tapi tetap mempertahankan independensinya.

Sumber :