Produk Internet of Things apa yang menurut anda aneh?


(Sybilla Nararya) #1

Internet of Things adalah sebuah infrastruktur jaringan global, yang menghubungkan benda-benda fisik dan virtual melalui eksploitasi data capture dan kemampuan komunikasi. Infrastruktur terdiri dari jaringan yang telah ada dan internet berikut pengembangan jaringannya. Semua ini akan menawarkan identifikasi obyek, sensor dan kemampuan koneksi sebagai dasar untuk pengembangan layanan dan aplikasi ko-operatif yang independen. Ia juga ditandai dengan tingkat otonom data capture yang tinggi, event transfer, konektivitas jaringan dan interoperabilitas. (Casagras (Coordination and support action for global RFID-related activities and standardisation)

Internet of Things merupakan masa depan, hal tersebut adalah sebuah keniscayaan dari perkembangan teknologi yang semakin cepat dewasa ini, terutama di bidang jaringan komputer.

Sesuai dengan definisi dari IoT itu sendiri, harapannya, semua peralatan yang kita gunakan sehari-hari akan terhubung dengan internet.

Tetapi ada beberapa produk IoT yang menurut hemat saya aneh, berikut beberapa produk IoT yang menurut saya aneh.

The Internet of Toilet Paper Rolls

RollScout adalah sebuah produk kertas toilet holder (toilet paper holder) yang dapat memberitahukan ke anda melalui e-mail, sms, atau aplikasi mobile apabila kertas toiletnya habis.

Apakah memang sangat diperlukan notifikasi kehabisan kertas toilet saat ini ?

The Internet of Egg Trays

The Egg Minder adalah tempat telur yang diletakkan di lemari es anda. The Egg Minder ini dapat menyimpan 14 telur. Kelebihannya adalah, The Egg Minder dapat memberitahu ke anda berapa banyak telur yang tersisa dan telur yang mana dalam kondisi kurang bagus. Harga The Egg Minder adalah $13.75 di Amazon.

Sangat pentingkah telur bagi anda sehingga anda tidak boleh kehabisan telur di rumah anda ?

The Internet of Diapers

Sebuah startup dengan nama 24eight mengembangkan sebuah prototipe popok bayi (diaper), dimana popok tersebut dapat memberitahukan via sms kepada orangtua apabila popok tersebut dalam keadaan basah.

Bagaimana bila orang tua berada di luar rumah ketika diberitahu bahwa popok bayinya dalam keadaan basah ?

The Internet of Water Bottles

Thermos’s terhubung dengan botol Hydration dapat memonitor berapa banyak air yang anda minum hari ini. Komunikasi antara Thermo’s dengan aplikasi smartphone (Fitbit app) anda menggunakan Bluetooth.
Harga : $60

The Internet of Jump Ropes

The Tangram Smart Rope, adalah sebuah tali yang biasa digunakan dalam permainan lompat tali. Yang membedakan dengan tali biasa adalah, The Tangram Smart Rope dapat menghitung berapa banyak lompatan yang telah anda lakukan. The Tangram Smart Rope dapat berhubungan dengan smartphone anda melalui aplikasi yang dinamai SmartGym

Seberapa penting mengingat jumlah lompatan anda apabila itu adalah sebuah permainan ?

The Internet of Plants

The Parrot Flower Power ($50) adalah sebuah sensor yang ditanam pada tanah didekat tanaman anda. Setiap 15 menit sensor tersebut mengukur hal-hal yang dibutuhkan tanaman, kelembapan tanah, pupuk, suhu dan intensitas cahaya, dan dikirimkan melalui Bluetooth ke aplikasi smartphone anda.
Harga : $50

Apabila anda didekat tanaman anda, anda bisa langsung melihat kondisi tanaman anda, lalu seberapa penting alat ini ?

The Internet of “Good Dogs”

The ICPooch, sebuah alat yang dapat melakukan video chat dengan anjing anda. Selain video chat, The ICPooch dapat memberikan biskuit kepada anjing anda. ICPooch hanya “memegang” iPad atau tablet yang lain.
Harga : $227

Video chat dengan anjing ?

Apakah anda mengetahui IoT yang menurut anda aneh ?