Prinsip-prinsip apa saja dalam manajemen waktu ?

manajemen waktu

Manajemen merupakan suatu hal yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan kita sehari-hari. Bagaimana tidak, jika setiap hal yang kita lakukan pasti teelah kita rencanakan dan kita atur sedemikian rupa, dimana hal inilah yang menjadi pengertian manajemen secara singkat.

Sementara itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia sendiri, manajemen adalah penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran. Salah satu sumber daya yang kita semua miliki adalah waktu yang membuat kita perlu mempelajari lebih jauh mengenai manajemen waktu itu sendiri.

Prinsip-prinsip apa saja dalam manajemen waktu ?

Prinsip Manajemen Waktu

Jika Anda ingin bisa mengatur waktu dengan baik, Anda perlu untuk mengetahui prinsip-prinsip manajemen waktu:

  • Anda harus menyediakan waktu untuk mengatur perencanaan dan juga menentukan prioritas atas kegiatan-kegiatan yang perlu dilakukan.

  • Selesaikan terlebih dahulu kegiatan-kegiatan atau target yang memiliki prioritas yang tinggi. Bahkan kerjakan dan segera selesaikan hal-hal yang menjadi prioritas ini sebelum Anda mengerjakan pekerjaan lainnya.

  • Setelah pekerjaan yang menjadi prioritas berhasil diselesaikan, Anda bisa melanjutkan tugas yang tersisa atau kembali membuat skala prioritas yang baru.


Membuat prioritas untuk setiap kegiatan inilah yang menjadi kunci dari manajemen waktu. Memang, membuat skala prioritas bukanlah sesuatu yang mudah, namun bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dan diikuti secara disiplin untuk bisa melakukan manajemen waktu yang baik.

Hal ini sejalan dengan pendapat DR Jan Yager. Menurutnya, manajemen waktu memang bukan merupakan hal yang mudah. Ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam manajemen waktu, yaitu untuk selalu aktif, bukan reaktif.

Selanjutnya, kita harus menentukan tujuan yang ingin kita capai yang diikuti dengan penentuan prioritas dalam bertindak. Selama mengeksekusi semua rencana tersebut pun kita harus tetap fokus dan tidak mudah teralihkan dengan hal-hal lain yang mungkin muncul di tengah jalan. Buat deadine yang realistis dan jangan pernah menunda-nunda apa yang sudah kita rencanakan.