PPKM Menjadi Level 4: Penting atau Menyusahkan?

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 4 diperpanjang pada sejumlah wilayah Pulau Jawa dan Bali hingga 2 Agustus 2021. Hal ini ditujukan untuk menekan kenaikan kasus positif virus Covid-19 yang sedang mewabah. Aturan PPKM Level 4 pun tidak jauh berbeda dari aturan PPKM Darurat dimana warung makan rumah makan, kafe, pedagang kaki lima, lapak jajanan, hanya menerima delivery/take away dan tidak menerima makan di tempat.

Namun, pemberlakuan PPKM Level 4 ini menimbulkan banyak pro kontra. Perlukah PPKM disudahi saja atau sekalian diperpanjang lebih lama lagi? Menurut kalian, apakah PPKM Level 4 penting untuk diterapkan atau malah menyusahkan? Tuliskan pendapat kalian yuk!

Summary

Dilema Warga PPKM Level 4: Penting tapi Serbasalah-Serbasusah

Gambar: Liputan 6

2 Likes

Dalam aturan PPKM level 4 ini memang hampir sama dengan PPKM darurat namun terdapat sedikit perbedaan dalam beberapa pembatasan aktivitas yang kini sudah tidak digunakan dan pemerintah memberi kelonggaran untuk sejumlah usaha, termasuk pedagang kecil. Untuk pedagang makanan, pemerintah mengizinkan untuk makan di tempat dengan batasan waktu makan maksimal 20 menit dan pasar rakyat tetap diperbolehkan beraktivitas dengan penerapan protokol kesehatan. Menurutku adanya PPKM level 4 ini lebih baik disudahi saja karena pada kenyataannya masih terdapat kelonggaran-kelonggaran. Tidak ada bedanya mau ada pemberlakuan PPKM atau tidak karena nyatanya sama saja, yang terpenting tetap harus selalu mengikuti protocol kesehatan yang berlaku dan sebisa mungkin meminimalisir setiap kegiatan diluar rumah

PPKM level 4 ini memang agak meresahkan. Pemerlakuan PPKM level 4 ini memang menjadi serba salah. PPKM memang penting dilakukan karena kasus covid 19 yang terus melonjak dan sebagai bentuk penanggulangan dari kasus covid 19, tapi menjadi menyusahkan karena berdampak buruk bagi pemilik usaha kecil, besar karena turunnya omset penjualan padahal banyak hal yang pemilik harus bayar seperti gaji pekerja, sewa tempat dan lain-lainnya. dan juga berdampak buruk bagi kewarasan jiwa *lol karena makin lama diam di dalam rumah tanpa bertemu teman atau makan di luar. Jadi menurut ku PPKM level 4 ini lebih baik di sudahi, tapi karena kasus Covid-19 sangat urgent lebih baik di kaji ulang untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal sehingga bisa memperpanjang PPKM ini.

Disatu sisi PPKM level 4 ini bagus untuk menekan angka kasus covid-19. Disisi lain PPKM level 4 semakin memperburuk perekonomian masyarakat menengah kebawah. Dengan PPKM level 4 ini membuat pedagang dan warung harus tutup sehingga mereka tidak dapat bekerja untuk mendapatkan penghasilan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tidak hanya itu toko-toko yang sebelumnya ramai menjadi sepi dan omset yang biasa didapatkan menurun. Banyak pemilik toko yang akhirnya gulung tikar karena tidak bisa membiayai karyawannya. Memang PPKM level 4 ini sangat merusak perekonomian masyarakat, tetapi disisi lain PPKM level 4 ini diperlukan untuk menekan angka kasus covid-19 serta mengurangi pasien covid-19.