PPKM Diberi Level: Memusingkan atau Tidak?

e3798812824449377cdc038f02e6404d

Berbagai istilah digunakan pemerintah dalam menetapkan aturan penanggulangan Covid-19. Terbaru, istilah Pemberlakuan Pengetatan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dengan tingkat level digunakan untuk menggantikan istilah PPKM Darurat.

Untuk menentukan status level situasi pandemi kabupaten/kota itu berdasarkan indikator tentang Penyesuaian Upaya-Upaya Kesehatan Masyarakat dan Upaya-Upaya Sosial dalam penanggulangan pandemi yang diadaptasi dari rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Sebagian masyarakat beranggapan penggantian penyebutan ppkm ini membingungkan masyarakat, benarkah demikian?

Saya sebagai masyarakat juga sebenarnya bingung juga dengan istilah ppkm yang diberi level ini. Mungkin bagi pemerintah, pemberian level ini ada perbedaan. Tetapi bagi masyarakat dan kacamata saya, sama saja. Tidak ada perbedaan antar level 1-4. PPKM yang diberi level ini terkesan memaksa, karena penamaan PPKM darurat sudah selesai batas waktunya.

Banyak keluh kesah dari masyarakat sekitar tentang kebijakan pemerintah terkait PPKM ini. Terlepas karena penamaan yang membuat warga pusing dan nggak ngerti perbedaannya, PPKM ini membuat warga bimbang dalam mengambil keputusan. karena selalu siperpanjang tanpa ada kepastian. Kasihan juga untuk umkm yang sedang memperjuangkan nafkah untuk mencukupi keluarganya.

1 Like

Awalnya saya juga menjadi bagian dari individu yang sangat memusingkan dengan istilah-istilah tersebut, bahkan tidak hanya pada level PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) saja, saya juga sempat bingung mengenai kepanjangannya hingga kenapa PPKM menjadi kebijakan lanjutan dari PSBB (pembatasan sosial berskala besar) sampai kemudian akibat kepusingan saya, pun karena saya memang tinggal di pulau Jawa yang saat itu menjadi wilayah yang terkena dampaknya, maka akhirnya saya mencari tahu, mencari informasi, mulai dari melihat berita-berita nasional pada media berita online, sampai dengan media milik provinsi saya sendiri yaitu Jawa Barat, barulah saya mengerti apa itu PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat), mengapa diadakannya PPKM, hinggga mengapa dibagi menjadi beberapa tingkatan level.

Yang saya peroleh, dari tiap level memiliki kebijakan atau aturannya tersendiri, yang berbeda antara satu sama lain, dimana semakin kecil levelnya, maka semakin longgar pula pembatasan kegiatan masyarkatnya, sehinga menurut saya, kita harus tau dan mau mempelajari terlebih dahulu lebih mendalam tentang PPKM dan level-levelnya tersebut, agar kita paham. karena mengingat tidak sulit kita memperoleh informasi tersebut, yang dapat dengan mudah diperoleh melalui handphone yang kita miliiki, tetapi tetap dengan mencari informasi pada situs atau web yang memang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Sehingga pada intinya, menurut saya pemberian level pada PPKM tidak memusiangkan dan cukup mudah dipahami.

1 Like