Polimer : Apa itu Polimer?

Plastik ?!

               Gambar 1. Contoh dari polimer terkenal adalah plastik

Ya, memang benar bahwa plastik berasal dari bahan polimer. Tentunya kata-kata tersebut sudah lazim terdengar dan melekat dalam kehidupan sehari-hari. Namun, Apakah kalian tahu mengenai definisi “Polimer” itu sendiri ?.

Polimer adalah senyawa organik yang memiliki ukuran molekul yang besar. Polimer juga dapat diartikan berupa rantai berulang dari atom yang panjang. Material polimer memiliki struktur kimia dengan komposisi kimia karbon ©, hidrogen (H) dan elemen nonlogam. Konsep dasar struktur material polimer berbeda dengan material logam dan keramik. Material polimer memiliki konsep struktur internal material yang berbeda. Material polimer tersusun dari atom-atom yang memiliki gaya ikatan. Atom-atom polimer berikatan dan tersusun dalam bentuk rantai molekul.

Material polimer banyak digunakan sebagai komponen teknik seperti untuk aplikasi transportasi, energi, komunikasi dan lain-lain. Beberapa contoh material polimer adalah plastik, serat, resin, elastomer, karet, wol, selukosa dan lain-lain.
platikkkk

             Gambar 1. Struktur Material Polimer "Plastik"

Sumber :
William D Callister, Materials Science and Engineering An Introduction, Seventh edition, John Wiley and Sons, Edisi 7, United State of America, 2007

Izin tambah sedikit ya kak

Sejarah Perkembangan Polimer

Polimer sebagai suatu produk kimia dengan aplikasi komersial di berbagai sektor kebutuhan manusia ternyata mempunyai perkembangan sejarah yang lumayan panjang. Sekitar tahun 1500 diketahui bahwa orang orang Indian penduduk asli suku Amerika teÌah menggunakan pohon karet untuk dibuat semacam bola. Teknologi vulkanisasi mengalami perkembangan yang berarti setelah Charles Goodyear (USA) mengembangkan teknik vulkanisasi karet alam pada 1839 yang selanjutnya disempurnakan oleh Thomas Hancock.

Demikian seterusnya teknologi polimer berkembang sedemikian sehingga menghasilkan produk-produk yang semakin bervariasi dengan aplikasi yang semakin luas. Teknologi Polimer pada milenium ketiga ini telah mengarah pada “Pengabungan ” dengan senyawa lain seperti logam (metal). Mobil keluaran tahun 2000 ke atas beberapa di antaranya sudah menggunakan bahan “polimet” yaitu berupa komposit polimer dan metal pada bodinya. Badan pesawat komersial generasi terbaru sekarang menggunakan komposit polimer sehingga bobotnya berkurang dan menghemat bahan bakar. Selain dan penemuan polimer dalam bentuk “produk nyata” hal lain yang perlu dicatat adalah pengembangan konsep atau teori seputar polimerisasi di antaranya adalah konsep makro molekul oleh Hermann Staudinger tahun 1920, teori termodinamika untuk polimer larutan pada 1942. Kemudian, antara tahun 1949—1956 teori kristal cair dikreasikan oleh Lars Onsager dan Paul Flory. Pada kurun waktu Pada kurun waktu yang kurang lebih sama, Michel Szwarz dan Amerika mengembangkan teori anionik polimerisasi. Pada 1971, fisikawan Prancis Pierre-Gilles deGennes mengungkapkan model pengulangan difusi rantai molekul dalam bentuk matriks pada polimer yang akhirnya mendapat penghargaan nobel pada 1992. Selanjutnya, mengenai perkembangan morfologi polimer nama yang patut disebut adalah Richard Boyd. Dengan perkembangan teknologi nano yang begitu pesat maka sekarang dan seterusnya akan banyak rekayasa produk polimer canggih dan bervariasi yang terwujud pada produk-produk sehari-hari maupun produk untuk keperluan khusus.
polimer2
plimer 2

Sumber: Rochmadi,Ajar Permono 2018.Mengenal Polimer dan Polimerasisasi.Grafika:Yogyakarta

Keuntungan:

  1. Dalam bidang kedokteran: banyak diciptakan alat-alat kesehatan
    seperti: termometer, botol infus, selang infus, jantung buatan dan
    alat transfusi darah.
  2. Dalam bidang pertanian: dengan adanya mekanisasi pertanian.
  3. Dalam bidang teknik: diciptakan alat-alat ringan seperti peralatan
    pesawat.
  4. Dalam bidang otomotif: dibuat alat-alat pelengkap mobil.

Kerugian:

  • Menurunkan kesuburan tanah karena plastik juga menghalangi sirkulasi udara di dalam tanah dan ruang gerak makhluk bawah tanah yang mampu meyuburkan tanah.
    -Sukar diurai, mempunyai umur panjang, dan ringan akan mudah diterbangkan angin hingga ke laut sekalipun.

Apakah benar gabungan lebih dari 2 unsur yang berbeda disebut juga polimer? Kalau iya apa aja polimer selain dari bahan plastik

Izin menambahkan kak, Kata Polimer sendiri berasal dari bahasa Yunani, yang terdiri dari dua kata, yakni Poli yang berarti banyak, dan meros yang berarti unit atau bagian. Jadi Polimer merupakan senyawa besar yang terbentuk dari hasil penggabungan sejumlah (banyak) unit-unit molekul yang kecil. Unit molekul pembentuk senyawa ini disebut monomer. Ini artinya, senyawa polimer terdiri dari banyak monomer.