Platform e-commerce agribisnis No #1 di Indonesia terlihat sepi peminat, kenapa?

Sebagai pelaku bisnis di bidang pertanian dan peternakan indonesia, agrowing.co.id telah menyediakan platform e-commerce dengan berbagai fitur, semacam:

  • pencarian produk,
  • menu kategori,
  • keranjang belanja,
  • filter harga dan sorting,
  • katalog produk,
  • prosedur pembelian dan pembayaran, serta
  • form permintaan/penawaran dll.

Namun menurut saya, memiliki fitur-fitur tersebut tidak cukup untuk menjadi acuan sebuah e-commerce mencapai sukses. e-commerce haruslah bisa mendapatkan respon dan transaksi pembelian dari pelanggan (customer). Sayangnya agrowing.co.id sepi oleh pelanggan, dapat dilihat dari produk yang ditawarkan ada puluhan kategori / ratusan produk namun yang out of stock hanya 10 produk ikan hias, 1 kue kering, 1 madu. Keterangan out of stock itupun tidak jelas kenapa.

Agrowing.co.id juga tidak menampilkan statistika jumlah produk yang ditawarkan dan transaksi yang sudah terjadi serta jumlah pelanggan yang sudah terdaftar. Hal ini bisa mengurangi keyakinan pelanggan untuk melakukan transaksi online ke agrowing.co.id. Selain itu, tidak ada tampilan/section untuk testimoni menunjukkan spekulasi bahwa agrowing.co.id sepi peminat.

Kenapa hal itu bisa terjadi? Padahal kalau dilihat sosial medianya, agrowing.co.id juga aktif melakukan promosi.

Selain promosi melalui sosial media, sebaiknya agrowing.co.id juga melakukan hal-hal berikut ini.

Meningkatkan Kegunaan

  1. Gunakan Gambar dan Layanan Produk yang Baik
    Mungkin gak masuk akal, tapi kalau tahu sekarang banyak perusahaan yang tidak memiliki gambar dan layanan yang baik pasti akan terkejut. Gambar dan layanan yang baik dapat membuat pelanggan akan tertarik. Gambar yang baik tidak harus memiliki fotografer atau ahli Photoshop. Gambar yang baik adalah gambar yang dapat menarik pembeli dengan fokus pada produk tersebut. Gambar yang baik harus memberikan sudut pandang yang baik dan diambil dari berbagai sudut agar pembeli paham tingkat kerincian produk. Gunakan gambar yang konsisten untuk meningkatkan penggunaan dan pengalaman pembeli.

  2. Menarik Perhatian Pembeli Melalui Produk dan Layanan
    Menarik perhatian dapat meningkatkan 2/3 dari penjualan. Menarik perhatian pembeli dengan kategori produk dan layanan agar pembeli memiliki pengalaman berbelanja yang menyenangkan. Menggunakan kategori berdasarkan jenis produk dan produk apa yang laris di pasaran. Sebagai contoh website penjual pakaian, satukan produk sendal dan sepatu menjadi satu ketegori dan pisahkan celana dengan kategori lain. Menarik perhatian berpusat pada mendesain website yang menyenangkan bagi pembeli. Berikan informasi yang jelas tentang produk yang dijual dan jangan sampai pembeli mencari informasi di luar website yang Anda miliki.

  3. Buat Website yang Mudah Digunakan
    Pastikan website yang dibuat terstruktur dengan baik, mudah digunakan, dan tersedia di mesin pencari. Tujuan website adalah jelas, mudah digunakan oleh pembeli, dan memberikan alternatif produk atau layanan terkait produk atau layanan yang dicari pembeli. Pastikan pembeli memiliki banyak pilihan. Berikan sitemap agar mesin pencari mudah memetakan website Anda. Kemudahan sangat berpengaruh pada penampilan dan kegunaan berpengaruh pada peringkat di mesin pencari. Atur website Anda dari kategori yang paling luas sampai kategori kecil.

  4. Fokus pada Satu Jenis Pembeli.
    Memiliki pelanggan yang luas dapat memberika efek pada pesain lain, namun tidak mudah memiliki pelanggan yang luas karena banyaknya pesaing. Jika berbicara tentang layanan pelanggan, beripikirlah out of the box dengan memberikan kegunaan yang rinci pada pembeli. Terserah Anda mau memberikan pelayanan seperti apa. Anda dapat memberikan layanan seperti online chatting 24 jam non-stop jika pelanggan membutuhkan bantuan atau ada sesuatu hal yang ingin ditanyakan. Dengan layanan yang Anda berikan dapat membuat pembeli merasa senang karena dapat mengatasi kebingungan atau menanyakan hal yang kurang jelas.

Meningkatkan Penampilan

  1. Mengoptimasi Website Melalui Mesin Pencari
    Meningkatkan lalu lintas pada website Anda pada mesin pencari merupakan cara mengoptimasi website. Mesin pencari memberikan informasi pada pembeli dengan menyesuaikan kata kunci yang diberikan. Caranya adalah dengan memastikan website Anda memiliki struktur, membuat blog secara rutin, dan menamai judul atau memberikan deskripsi yang lengkap. Contohnya perusahaan sepatu lari, maka perusahaan tersebut ingin sepatu lari dari perusahaannya ada di mesin pencari halaman awal dan pertama dari hasil pencarian. Agar perusahaan tersebut ada di halaman awal adalah dengan selalu memberikan informasi menarik dan asli.

  2. Gunakan Iklan Pay Per Click
    Iklan Pay Per Click merupakan salah satu cara untuk meningkatkan hasil pencarian di mesin pencari. PPC sekarang menjadi hasil pencarian paling atas untuk promosi sebuah produk atau layanan. PPC digunakan sebagai usaha promosi untuk jangka panjang dan pembayaran yang dilakukan untuk promosi dilakukan dalam jangka pendek.

  3. Gunakan Sosial Media untuk Pemasaran dan Membagikan Konten Terbaik yang Dimiliki
    Sosial media merupakan cara efektif untuk membuat konten berkualitas dan membangun percakapan yang menarik perhatian pembeli. Saat ini sosial media menjadi cara yang luar biasa untuk mengupdate informasi baru melalui channel yang dibuat. Jika Anda kesulitas di sosial media maka gunakan tiga area kunci, yaitu promotion, customer service, dan measurement. Gunakan sosial media yang sedang populer saat ini seperti LinkedIn, Twitter, atau Facebook untuk mempromosikan produk dan layanan. Jangan merasa tertekan untuk melakukan promosi di sosial media karena kekurangan waktu, biaya, atau sdm. Gunakan sosial media sebagai alat untuk customer support dan mendengarkan keluhan-keluhan yang diberikan pembeli. Jangan hanya melakukan share information, tapi buatlah sebuah interaksi dengan para pembeli. Terakhir, lihatlah usaha apa yang berhasil menarik minat pembeli pada masing-masing sosial media.

  4. Buat Daftar Pelanggan Tetap Menggunakan Pemasaran Melalui E-mail
    Berikan nilai pada pembeli tetap yang ingin mengetahui lebih banyak tentang informasi produk atau layanan. Berikan berupa penjualan spesial, eksklusif, diskon, atau konten melalui e-mail yang tidak dapat ditemukan pada channel lain. Interaksi melalui e-mail untuk pelanggan tetap dengan promosi, update produk, berita, konten industri, dan lain-lain. Interaksi melalui e-mail dapat meningkatkan bisnis perusahaan karena e-mail sudah seperti channel.

Meningkatkan Percakapan

  1. Gunakan Rencana A atau B untuk Mengetahui Cara yang Terbaik
    Gunakan rencana A atau B untuk menentukan rencana yang terbaik yang menarik pembeli. Cobalah berbagai cara seperti tes landing page, home page, fitur yang dapat diklik pengunjung, apa yang menjadi pusat perhatian, dan apa yang meningkatkan penjualan. Cobalah untuk mengubah beberapa variabel yang kira-kira dapat menarik pelanggan, kemudian jika berhasil coba variabel lain untuk diubah. Tentukan juga tujuan dari setiap perubahan. Sering-seringlah mencoba dan pikirkan apa yang dapat menarik pengunjung dan analisis rencana apa yang sesuai.

  2. Fokus pada Hak Cipta
    Hak cipta merupakan cerminan sebuah perusahaan agar pembeli dapat mendorong penjualan. Hak cipta merupakan keunikan merk, fitur konten, produk, dan layanan. Bandingkan hak cipta yang Anda buat dengan hak cipta orang lain dan jangan sampai memiliki kesamaan yang sangat-sangat persis (copy paste). Pastikan bahwa hak cipta jelas pada sudut pandang pembeli.

1 Like