Pilih Mana: Dog Food Atau Makanan Alami?

827

Bagusan mana ya antara dog food dan makanan alami?

Keunggulan Dog Food Siap Saji
Praktis
Konsumen tidak perlu membuang waktu lagi untuk memasak karena dog food yang dibeli sudah siap saji dan dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama.
Takaran Nutrisi Yang Tepat
Konsumen tidak perlu berhitung berapa protein, lemak, atau karbohidrat yang tepat untuk anjingnya. Tersedia banyak pilihan untuk anjing mulai dari anakan sampai anjing yang sudah senior.
Nutrisi Yang Lengkap
Dog food siap saji walaupun berkualitas rendah sudah memiliki nutrisi yang lengkap seperti vitamin, mineral, dan zat-zat lainnya yang diperlukan oleh anjing. Tidak diperlukan makanan tambahan atau suplemen tambahan jika tidak dianjurkan oleh dokter hewan.

Kekurangan Dog Food Siap Saji
Harga
Dog food siap saji biasanya dikemas dalam ukuran 500 Gram sampai 25 Kilogram. Untuk kemasan yang terkecil biasanya harga perkilo akan lebih mahal daripada harga perkilo kemasan 25 Kilogram. Jika konsumen memilih kemasan yang paling besar agar mendapat harga perkilo yang lebih murah, konsumen diharuskan mengeluarkan uang dalam jumlah yang lumayan besar di awal pembelian.
Bahan Kimia
Untuk menjaga nutrisi yang terkandung did alam dog food diperlukan bahan pengawet. Bahan pengawet kimia akan mengganggu kesehatan anjing untuk jangka waktu yang lama. Anjing yang mengkonsumsi dog food dengan bahan pengawet kimia (biasanya) akan menderita berbagai penyakit seperti kanker atau tumor di usia tuanya. Untuk mendapat dog food yang tidak memakai bahan pengawet kimia, konsumen harus mengeluarkan biaya yang lebih mahal untuk membeli dog food yang memakai bahan pengawet alami seperti rosemary extract atau dog food yang memakai bahan pembungkus kemasan dari alumunium foil yang dapat menjaga kualitas dog food di dalamnya.

Keunggulan Makanan Alami
Sehat
Makanan alami umumnya lebih sehat dan baik untuk anjing karena tidak memakai bahan kimia seperti zat perasa, pewarna, atau pengawet kimia. Nutrisi yang terkandung di dalamnya lebih mudah dicerna oleh anjing sehingga meringankan kerja pencernaan.

Kekurangan makanan Alami
Tidak Praktis
Makanan harus disiapkan terlebih dahulu dari pemotongan daging atau sayuran sampai proses memasak memerlukan waktu yang tidak sedikit.
Harga
Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi seekor anjing Rottweiler dewasa setidaknya diperlukan 1 Kilogram daging ayam atau sapi setiap hari. Setidaknya sudah dapat dihitung biaya yang harus dikeluarkan setiap harinya untuk memelihara seekor anjing Rottweiler dewasa.
Nutrisi Kurang Seimbang
Mungkin anda berpikir, nutrisi anjing anda sudah terpenuhi dengan memberikan jumlah daging yang cukup banyak tetapi anjing tidak hanya memerlukan nutrisi dari daging saja tetapi juga dari sayuran dan karbohidrat. Belum lagi hitungan kadar protein, lemak, karbohidrat, kalori dan lain sebagainya. Kebutuhan nutrisi anjing sangat berbeda-beda tergantung dari umur, jenis trah, aktifitas, dan lain sebagainya.