Pilar besi kokoh dan tak berkarat di Delhi

24

Pilar besi ini memiliki tinggi 7.21 meter dengan diameter 41 cm yang tertanam di dalam tanah sedalam 93 cm. Beratnya diperkirakan mencapai 6.5 ton. Pilar ini berdiri di Qutb. 98% pilar ini terbuat dari besi mentah dengan kualitas unggulan. Lalu dikabarkan pilar ini berdiri kokoh dan tidak berkarat, bagaimanakah besi ini tidak berkarat dan tidak mengalami kerusakan setelah 1600 tahun?

Beberapa teori digunakan untuk menjelaskan hal tersebut yaitu teori lingkungan dan teori materi.
Menurut teori lingkungan mendasarkan argumennya pada lokasi keberadaan pilar yaitu Delhi dimana iklim yang sangat kering membuat besi tahan dari karat.
Selain itu, menurut teori materi yang mendasarkan argumennya pada bahan dasar pilar itu sendiri dimana kadar besinya cukup murni dengan kadar fosfor yang tinggi dan sulfur yang rendah. Kombinasi bahan-bahan tersebut membuat besi menjadi tahan karat.

Namun, juga ada pendapat dari sebagian peneliti yang menyatakan bahwa massa besi yang besar menjadi suatu penyeimbang temperatur untuk mengurangi kondensasi kelembapan, sehingga walaupun di Delhi cuacanya dingin tapi pilar itu akan tetap hangat.

Dan selain itu, pada tahun 2002 tim ahli metalurgi dari Kanpur menemukan bahwa adanya lapisan tipis yang terdiri dari campuran besi, oksigen, dan hidrogen pada pilar tersebut sehingga besi dapat bertahan dari karat.

Maka dapat disimpulkan bahwa pilar besi tersebut dapat bertahan dari karat karena:

  • kemurnian besinya
  • kadar fosfor yang tinggi
  • kadar sulfur yang rendah
  • massa besi pilar yang besar
  • lapisan tipis yang menyelubungi besi

baca artikel