Philip Experiment: Eksperimen kontroversial untuk memperlihatkan sosok 'khayalan'

image

Philip Experiment pertama kali dikenalkan kepada publik pada sekitaran tahun 1970’an oleh Toronto Society of Physical Research. Eksperimen ini memiliki sebuah tujuan untuk melihat jika sosok khayalan mampu terwujudkan dan dapat orang lain lihat juga ketika sekelempok orang berkonsentrasi untuk memikirkannya hingga terwujud. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai eksperimen ini?

Berdasarkan yang pernah saya baca, tujuan dari percobaan ini adalah untuk melihat apakah karakter historis fiktif dapat memanifestasikan dirinya melalui usaha sekelompok orang yang benar-benar berkonsentrasi. Mereka menamainya dengan hantu Phillip dan memberi hantu itu kepribadian dan latar belakang yang lengkap, bahkan menggambar potret fisik makhluk tersebut untuk membuatnya tampak lebih nyata.

Ke-8 anggota dalam kelompok tersebut juga menghafalkan biografi fiktif dan mempelajari periode di mana Phillip seharusnya tinggal. Séance gak membuktikannya selama berbulan-bulan sampai 1973, ketika Phillip mulai berkomunikasi. Pada bulan-bulan berikutnya, kelompok tersebut menemukan bahwa ketika mereka mengajukan pertanyaan dan menggunakan satu ketukan sebagai “ya” dan 2 sebagai “tidak”, mereka benar-benar bisa melakukan percakapan dengan hantu mereka.

Namun terdapat sebuah fakta, percobaan berakhir aneh ketika salah satu anggota kelompok tersebut mematahkan barisan dan menyanggah dengan keras jawaban Phillip bahwa “kami lah yang membuatmu bangun, kamu tahu.” Semua komunikasi akhirnya berhenti. Begitu menyangkal keberadaan Phillip, dia gak ada lagi.

Referensi: https://hype.idntimes.com