Pete Cashmore, Pendiri dan CEO dari Mashable

Sumber

Biografi, Pete Cashmore

Pekerjaan
Founder and CEO of Mashable

Afiliasi lainnya

Tempat dan Tanggal Lahir
Banchory-Skotlandia , 18 September 1985

Kewarganegaraan
Skotlandia

Pendidikan
Banchory Academy

Total Kekayaan
$ 95 juta

Peringkat berdasarkan Forbes
Top 25 Web Celebs

Riwayat Hidup

Pete Cashmore lahir pada 18 September 1985 di Skotlandia. Saat usianya 13 tahun, ia harus menjalani operasi usus buntu dan mengalami beberapa implikasi medis olehnya. Hal tersebut membuat ia kehilangan masa sekolahnya beserta teman-temannya. Saat itu, ia memutuskan menggunakan komputer untuk belajar sebanyak apa yang ia bisa. Ia mulai berlangganan beberapa blog yang dapat memberinya informasi untuk menambah pengetahuan dan kemampuannya. Dari situlah ia mendapatkan ide untuk menciptakan blognya sendiri yang saat ini dikenal oleh banyak orang di seluruh dunia, Mashable. Mashable ia dirikan saat usianya masih 19 tahun. Hingga saat ini di usianya yang masih relatif muda, Pete Cashmore telah memiliki puluhan juta pengunjung di blognya di setiap bulan dan tentunya meraup keuntungan yang begitu besar dari Mashable yang ia ciptakan tersebut. Terakhir kali, Pete Cashmore dikabarkan sedang menjalani hubungan dengan seorang fotografer wanita yang bernama Lisa Bettany.

Riwayat Karir

Pete Cashmore merupakan pendiri sekaligus CEO dari Mashable, blog yang memberikan informasi mengenai peristiwa terkini dan berbagai topik seperti politik, hiburan, teknologi, dll. Diawali ketika dia harus menjalani perawatan medisnya dan membuat dia kehilangan teman-temannya. Hal tersebut membuatnya harus belajar lewat pendidikan online dengan cara berlangganan banyak blog. Dari sinilah, dia berinisiatif untuk menciptakan blognya sendiri. Pete Cashmore mengawali karirnya sejak usia 19 tahun. Awalnya, Pete Cashmore bekerja 18 jam per hari dengan banyak menuliskan artikel yang berhubungan dengan media sosial dan teknologi. Dia bahkan hanya tidur beberapa jam di pagi hari dan melanjutkan pekerjaannya lagi sepanjang malam. Pete Cashmore selalu menganalisis dan melihat perkembangan blog yang ia buat dan mendapati bahwa banyak orang yang telah mengunjungi blognya setiap harinya. Setelah 18 bulan, hampir 2 juta orang per bulan membaca Mashable. Mulai dari 2005 sejak didirikannya Mashable hingga sekarang, Pete Cashmore telah memiliki puluhan juta pengunjung di blog Mashable-nya dan berhasil sukses di usia yang relatif muda. Selain itu, saat ini dia juga menulis kolom mingguan di media sosial dan teknologi, CNN.com

Fakta-fakta

  1. Pete Cashmore tumbuh besar di pedesaan Banchory, Skotlandia.

  2. Semasa kecil, Pete Cashmore sering sakit-sakitan dan internetlah yang menemaninya di samping tempat tidurnya

  3. Pete Cashmore menemukan passionnya di dalam web dan internet karena dengan itu ia bisa melakukan segala sesuatu dan mencapai sesuatu dimanapun dan kapanpun.

  4. Pete Cashmore memutuskan keluar dari perguruan tingginya dan meluncurkan Mashable di usianya yang ke-19 tahun

  5. Dia memulai blog-nya pada tahun 2005 dengan upaya berbagi hal-hal yang berhubungan dengan teknologi untuk masyarakat.

  6. Pete Cashmore tidak memberitahukan tentang blog Mashable –nya kepada orang tuanya, sampai pada akhirnya reporter dari Daily Mail mendatangi rumahnya dan mewawancarainya.

  7. Pete Cashmore memiliki kantor di New York dan San Francisco dan menarik lebih dari 12,5 juta pengunjung ke situsnya setiap bulan

  8. Mashable membuatnya mendapatkan tempat di daftar majalah Time dari 100 orang paling berpengaruh tahun 2012.

  9. Pete Cashmore diakui sebagai “Top 10 Game Changers 2009” versi The Huffington Post’s tahun 2009

  10. Pete Cashmore belajar dari sikap ayahnya yang memiliki etos kerja yang kuat.

Quotes

“Execution really shapes whether your company takes off or not.” – Pete Cashmore, Mashable

“I don’t have a TV or watch movies. I don’t like to be broadcast to, I want to participate.” – Pete Cashmore, Mashable

“I kept my age quiet for a good few years. I didn’t see it as a positive. I worked remotely, so I just didn’t tell people.” – Pete Cashmore, Mashable

“I’m very much a creative person, but you’ve got to do the follow-through. A lot of people start out with an exciting thing and they want to take over the world, but really the people who do take over the world have a good plan of how to get there and the steps along the way.” – Pete Cashmore, Mashable

“The talent that has to be learned is finding out what someone’s passion is and setting them up to realize that. You don’t get the best work from people if you’re guiding them versus them guiding themselves.” – Pete Cashmore, Mashable

Referensi
                            PETE CASHMORE

Pete Cashmore lahir pada tanggal 18 september 1985 di Banchory. Banchory merupakan sebuah daerah yang berada di pinggiran kota di Skotlandia. Sejak kecil Pete cashmore sering sakit – sakitan, jadi dia banyak menghabiskan waktunya untuk keluar masuk rumah sakit. Pada usia 13 tahun pete cashmore menjalani operasi usus buntu , operasi tersebut tidak berjalan terlalu baik. Sehingga ia harus menghabiskan waktu 2-3 tahun tanpa pergi ke sekolah, dan akhirnya pete cashmore memilih untuk tidak bersekolah. Perpisahan dengan teman – temannya tersebut sangat membuat pete terasa kesakitan.

Setelah berpisah dengan teman – temannya di sekolah, pete menghabiskan hari – harinya ditemani dengan internet . Ia mulai mendapatkan langganan dari banyak blog dan situs media sosial. Selama hari – hari itu ia belajar dari blog – blog lain dan mulai mendapatkan keinginan yang kuat untuk membuat blog sendiri mengenai bidang teknologi dan lainnya. Pete tidak pernah memberitahu mengenai proyek yang sedang dilakukannya. Karena Pete beripikir jika sudah maju baru ia akan memberitahu kedua orang tuanya. Orang tua Pete Cashmore tidak pernah memaksakan Pete untuk masuk universitas atau institut karena mereka tahu kondisi pete yang sering sakit – sakitan. Mereka hanya tahu bahwa anak mereka melakukan aktifitas pekerjaan yang menghasilkan uang di komputer.

Pete mulai meluncurkan Mashable pada tahun 2005 saat ia berusia 19 th. Ia mulai mengelola web tersebut dengan tujuan untuk mengenalkan teknologi pada orang – orang awam disekitarnya. Jika pada umumnya orang sukses drop out ketika kuliah, Pete Cashmore bahkan tidak pernah merasakan bangku perkuliahan. Ketika memulai blognya di Banchory, Pete mengalami kendala yaitu perbedaan zona waktu dengan kebanyakan pembacanya yang berasal dari Amerika serikat. Waktu inggris lebih cepat 5 jam di depan zona waktu Amerika serikat. Sehingga Pete harus mengubah rutinitas pembagian waktu hariannya. Untuk itu ia merencakan untuk tidur di pagi hari pukul 6 atau 7 dan kemudian terbangu di tengah hari untuk menulis postingan di blognya. Untuk akhir pekan khususnya hari sabtu, ia berencana mengguakannya sebagai waktu tidur. Karena hari sabtu adalah satu - satunya hari ketika berita besar tidak terjadi.

Seluruh hasil kerja keras Pete tidak terbuang sia – sia. Kini pete merupakan seorang yang terkenal. Dia termasuk 100 orang paling berpengaruh. Pete juga merupakan salah satu pemilik dari 40 halaman yang paling ramai di twitter, dia hampir memiliki 3 juta follower di twiter. Beberapa sumber mengatakan pendapatan pete cashmore saat ini sekitar $560,000 - $600,000 per bulan.

“I don’t have a TV or watch movies. I don’t like to be broadcast to, I want to participate” – Pete Cashmore

Referensi :
http://florcent.com/story-behind-mashablepete-cashmore/

Riwayat Hidup

Pete Cashmore merupakan pengusaha teknologi yang lahir di Skotlandia pada tanggal 18 September 1985 dan besar di daerah Banchery. Pete merupakan anak kecil yang telah terbiasa dengan internet, keharian kecilnya lebih banyak dihabiskan dengan internet. Terlebih lagi ketika dia lulus dari tingkat Senior High School atau SMA dia kehilangan banyak teman lalu melanjutkan pendidikan di Banchory Academy jenjang D2.

Perubahan terbesar dalam hidup Pete Cashmore muncul ketika dia menjalani operasi usus buntu dan butuh waktu pemulihan yang lama. Hal yang hanya dapat ia lakukan hanyalah dengan menggunakan internet karena banyak kegiatan yang tidak dapat ia lakukan setelah operasi usus buntu.


Karir Pete Cashmore Membangun Mashable

Karir Pete Cashmore dihabiskan dengan membangun Mashable dari nol. Mashable itu sendiri didirikan pada saat Pete Cashmore berumur 19 tahun karena ketertarikannya pada dunia website. Lalu niche yang dipilih oleh Pete Cashmore yakni niche teknologi yang banyak peminatnya.

Untuk fokus membangun website ini Pete Cashmore memutuskan untuk tidak melanjutkan kuliahnya. Begitu pula dengan waktu, Pete Cashmore hanya tidur beberapa jam setiap harinya hanya untuk mengupdate aau menulis konten untuk Mashable. Waktu tidurnya pun di pagi hari hal ini mengingat bahwa audience dari Mashable itu sendiri adalah orang Amerika. Jadi, Pete harus bangun disaat orang Amerika itu bangun pula. Dia hanya tidur di pagi hari pada jam 6 – 7 pagi.

Hebatnya lagi hanya dalam waktu 18 bulan Mashable telah dibaca lebih dari 2 juta orang per bulannya. Karena inilah kekuatan dari passion di dalam diri Pete Cashmore.

Bagaimana Pete Cashmore menemukan passionnya?

Dirinya yang sudah dekat dengan internet tentunya membuat dia mengetahui seluk beluk internet terlebih dahulu. Hanya saja, golakan terbesar untuk mengambil langkah berkarir di dunia teknologi sejak Pete Cashmore operasi usus buntu pada umur 13 tahun. Tidak banyak yang dapat ia lakukan, akhirnya keputusan untuk berjuang karir di dunia IT ia pilih. Selain itu, alasan Pete Cashmore memilih dunia internet karena bisa bekerja dimanapun dan kapanpun.

Hingga saat ini Mashable telah memiliki 44 karyawan dengan dua lokasi kantor yakni di New York dan Fransisco. Rangking Mashable pun versi Alexa berada pada peringkat 819 di dunia dan 309 di Amerika. Selain di Mashable, Pete juga menulis di CNN.

Pete Cashmore menjabarkan sebuah pembelajaran, yakni eksekusi adalah segalanya, apakah organisasi atau startup kita akan berjalan atau tidak tergantung eksekusi yang disertai perencanaannya. Kemudian dalam suatu organisasi untuk menjadi seorang pemimpin agar tim dapat bekerja dengan baik maka berikanlah mereka tugas sesuai dengan passion yang mereka miliki.

Kemudian pembelajaran yang dapat kita ambil dari Pete Cashmore yakni menemukan jalan sukses kita sendiri, pola sukses kita sendiri.


Skill Pete Cashmore

Mashable pada mulanya menggunakan platform Wordpress. Namun, baru pada tahun 2012 kemaren Mashable merubah platform yang mereka gunakan ke Ruby on Rails.

Skill yang dimiliki oleh Pete Cashmore terutama adalah dalam dunia tulis menulis karena tiang dalam menggeluti dunia blogging adalah bagaimana kita membuat konten yang berkualitas dan disukai oleh pembaca.


Prestasi

Top 25 Web Celeb versi Forbes

10 Game Changers 2009 versi The Huffington Post

30 under 30 versi Inc

100 orang paling berpengaruh di dunia veri majalah TIME.


Quote

The talent that has to be learned is finding out what someone's passion is and setting them up to realize that. You don't get the best work from people if you're guiding them versus them guiding themselves.

If it doesn’t come through the Internet, it’s not really compelling to me.

The Internet was appealing partly because it was something I could do in bed and feel like I was achieving something. I had an operation when I was 13 and ended up with complications, so I was in and out of the hospital. The bottom line is you can get through health challenges. It’s part of why I was so driven.


Bahan Bacaan

Pete Cashmore, CEO dari Mashable. Lahir pada tanggal 18 september 1985 di Skotlandia. Blog mashable telah beroperasi sejak 2005 di Banchory, Abardeenshire. Blog ini menjelaskan tentang berita, informasi dan sumber daya yang ada. Hal itu termasuk kurasi mengenai konten viral dan semua sama populernya seperti page yang berada di google. Mashable sudah bekerja dengan semaksimal mungkin untuk berada di posisi ujung tombak teknologi yang memberikan teknologi bermutu.

Penemuan dari mashable terinspirasi dari situasi yang tidak mendukung. Ketika cashmore berumur 13 tahun, beliau memiliki penyakit usus buntu. Karena adanya malpraktik, beliau tidak dapat sembuh dengan sepenuhnya. Maka dari itu beliau tidak dapat bersekolah di Akademi Banchory seperti biasanya, dan sejalannya waktu beliau juga kehilangan beberapa temannya dan beliau hampir hidup dalam kesendirian.

Pada saat itu, beliau mulai menggunakan computer dan selalu update tentang berita-berita dan informasi yang berguna mengenai dunia digital. Seiringnya waktu dia membuka blog-blog tersebut, muncullah pikiran untuk membuat blog sendiri.

Cashmore melihat bahwa banyak kesempatan yang tinggi dari website yang sedang naik daun seperti Facebook, Twitter dan Youtube pada pertengahan 2010. Beliau melihat bahwa ada banyak pengguna yang ingin sekali tahu bagaimana cara menggunakan website secara optimal. Sehingga dia membuat tim peneliti yang bisa membuat konten bagaimana caranya maju di dunia digital dan social media. Lalu, Mashable dibuat ketika Cashmore hanya berumur 19 tahun.

Mulanya beliau tidak memberi tahu rencananya ke orang tua. Namun, orang tua beliau tahu Karena Mashable.com di publoish di Daily Mail. Sekarang, setiap bulan, mashable dapat mencapa 30 juta pengguna. Sekarangpun telah mencapai 42 juta visitor dan 45 juta follower social media.

Beliau tidak melihat lebih jauh lagi tentang internet. Beliau hanya fokus pada pengembangan blognya. Alasannya adalah Karena beliau suka website Karena memberikan beliau kesempatan untuk berpatisipasi dan ikut serta. Tidak seperti film atau televise yang hanya menampilkan suatu objek statis. Beliau menginginkan untuk tetap bersosialisasi dan dapat membantu orang dalam segala hal yang dia punya. Dia mengatakan,” Kamu akan mendapatkan pekerjaan yang baik ketika mereka bekerja dengan kemauan sendiri disbanding bekerja dengan memaksanya.”

Sekarang beliau tinggal di Scotlandia dan memiliki rumah yang sangat besar hasil dari investasinya di bidang blogging. Pendapatan beliau dapat mencapai 95 juta dollar dan saat kini dapat terus meningkat menurut CNN.com. Pesan beliau untuk pengusaha muda adalah untuk selalu berkarya apapun situasinya. Jangan pernah menyerah dalam hal yang sangat berat sekalipun. Tetaplah tegar dan berpikirlah positif

http://notjustrich.com/pete-cashmore-and-the-mashable-story/