Pesugihan di Gunung Sumbing

Apakah kalian tahu tentang pesugihan?
iya, pengertian dari pesugihan ialah mendapatkan kekayaan secara instal atau mudah dalam berjualan. Dalam ritual pesugihan, orang tersebut menjalin perjanjian dengan makhluk gaib yang tidak mudah. Bahkan syarat tumbal yang diberikan haruslah diberikan dan ditepati. Bila tumbal tidak diberikan maka nyawa mereka jadi ancaman. Kisah nyata tumbal pesugihan berujung kematian sudah jadi cerita turun temurun yang ada. Sesaji tadi biasanya berupa bunga tujuh rupa, dupa, kemenyan, bahkan hewan unggas seperti ayam hitam atau ayam cemani. Bagaimana menurut kalian?

menurut sumber yang saya baca, Mendengar kata pesugihan memang sudah jadi hal yang sangat biasa, meskipun di era modern saat ini. Pada dasarnya pesugihan digambarkan masyarakat sebagai suatu ritual atau tindakan dengan tujuan mencapai kekayaan secara instan. Pencapaian kekayaan tersebut menjadi tidak wajar karena mendapat bantuan dari para makhluk halus. Banyak orang yang melakukan ritual dengan arahan paranormal atau melakukannya sendiri untuk sekedar coba-coba saja.

Buktinya ketika melakukan pendakian disana banyak ditemukan benda tak wajar seperti bunga tujuh rupa, kemenyan, atau benda tak wajar lainnya. kisah pesugihan gunung Sumbing ini ternyata juga jadi ancaman bagi para pendaki. Banyak pendaki yang merasa takut diganggu makhluk halus atau bahkan jadi tumbal pesugihan. Cerita pendaki jadi tumbal pesugihan gunung Sumbing memang sudah jadi cerita lama yang terus berkembang hingga sekarang.