Pesona tenun flores mencapai mancanegara, bagaimana tanggapan anda?

image

Tenun flores yang memiliki ciri khas pada warna dominan coklat hitam dan merahnya berhasil menembus mancanegara. Bagaimana tanggapan anda tentang keberhasilan Indonesia dalam fashionnya ini?

2 Likes

Tenun flores sangat cantik dan beragam motif serta warnanya. Pada umumnya kain tenun ikat Flores yang dibuat oleh kaum wanita berbahan dasar kapas yang dipilin menjadi benang oleh penenunnya sendiri, berbenang kasar, pewarnaan benang terbuat dari racikan beberapa jenis tumbuhan khas Flores, seperti mengkudu, tarum, zopha, kemiri, ndongu, buah usuk dan lain–lain. Motif kain tenun tiap-tiap suku di Flores berbeda dengan kekhasannya dan ragamnya masing-masing. Teknik pembuatan motif kain tenun dilakukan dengan mengikat benang-benang lungsi. Pekerjaan ini dapat berlangsung selama dua hingga tiga purnama.

Kain dengan proses sepanjang itu dan dengan makna yang dalam dari Indonesia, terkenal di mancanegara menurut saya merupakan hal yang sangat membanggakan. Hal ini karena selain dapat membawa nama Indonesia, tenun flores semakin diminati mancanegara. Semoga kedepannya tetap seperti itu.

Sumber saya:

1 Like

Tenun Flores merupakan salah satu warisan budaya Indonesia. Akan sangat membanggakan jika tenun Flores yang memiliki beragam motif yang indah itu bisa dikenal dunia. Selain sebagai bentuk menjaga warisan budaya, dengan dikenalnya tenun ikat Flores di dunia dapat membuat budaya di Indonesia menjadi lestari khususnya Flores dan dapat memperkuat identitas bangsa Indonesia yang kaya akan budaya.

1 Like