Pesona Pulau Bawean yang Harus Dikunjungi Oleh Kamu Si Pecinta Pantai

Penangkaran Rusa Bawean

Kalau di Pulau Bali ada hutan yang dipenuhi monyet, di Bawean juga ada lho hutan yang dipenuhi hewan khas pulau ini, yaitu rusa Bawean (Axis Kuhlii). Penangkaran rusa Bawean terletak di Beto Gebang Pudakit, Kecamatan Sangkapura. Jarak Penangkaran ini kira-kira 10 Km dari Sangkapura dan dapat ditempuh dengan menggunakan motor atau mobil selama kurang lebih 30 menit. Penangkaran rusa Bawean ini sudah ada sejak tahun 2003 dengan kondisi yang masih terawat.

Lokasi penangkaran rusa Bawean berdekatan dengan hutan konservasi Bawean. Kondisi alam yang masih segar dan alami cocok untuk menyegarkan pikiran dan refressing. Selain itu, lokasi ini juga terdapat tebing-tebing yang menjulang cocok bagi pecinta panjat tebing yang ingin menyalurkan hobinya. Penangkaran ini dapat juga dijadikan sebagai tempat wisata pendidikan, penelitian dan juga ekowisata yang bertujuan untuk lebih mencintai alam.

Tanjung Ga’ang

Tanjung Ga’ang adalah deretan tebing batu karang di atas laut Bawean yang biru dan jernih. Lokasi tanjung Ga’ang sekitar 8 km dari Sangkapura. Pengunjung dapat menikmati pesona tanjung Ga’ang dengan menyewa perahu nelayan atau mendaki menyusuri hamparan batu karang. Selain itu, pengunjung juga menikmati keindahan laut yang jernih dengan ikan beraneka warna. Bisa dijadiin tempat mancing nih!

Pulau Noko

Pulau Bawean sebagai pulau utama dikelilingi pulau-pulau kecil dengan pantai yang luar biasa. Salah satunya adalah pulau Noko. Pulau Noko adalah pulau kecil tak berpenghuni memiliki hamparan pantai pasir putih yang indah. Luas pulau ini hanya sekitar 1 km2 saja, jadi kita bisa puas berkeliling pulau ini. Ombak di pantai ini tidak terlalu besar, jadi aman jika kalian mau bermain-main air. Karena air di pulau ini sangat jernih kalian bisa snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut.

Ada pulau lain yang tak kalah indahnya, yaitu Pulau Gili, Pulau Gili merupakan salah satu destinasi wisata di Bawean yang tidak boleh terlewat. Pulau Gili atau pulau Gili Timur adalah pulau kecil dengan luas sekitar 2,3 km2. Pulau ini adalah pulau terluas jika dibandingkan dengan pulau-pulau kecil yang mengelingi pulau Bawean. Pulau ini juga berpenghuni lho, ada sekitar 700 kepala keluarga yang tinggal di pulau cantik ini. Untuk dapat mengunjungi pulau ini kalian bisa menempuh perjalanan sekitar 30 menit dari pulau Bawean dengan menyewa perahu nelayan. Hal yang menarik dari pulau ini adalah kita dapat mendapatkan hasil tangkapan laut yang masih segar dari penduduk setempat. Menikmati ikan bakar sambil lihat sunset, romantis bukan ?