Pesona apa yang terlihat dari jembatan terpanjang di Cina?

danyang kushan

Republik Rakyat Cina atau yang biasa dikenal dengan nama Cina saja ini merupakan negara dengan penduduk terbanyak di dunia. Setelah terkenal dengan Tembok Raksasa Cina yang termasuk ke dalam 7 keajaiban dunia. Seperti tak ada bosannya kini Cina kembali membuat sebuah inovasi baru yang mencengangkan yakni membuat jembatan sepanjang 164,8 kilometer yang diberi nama “Danyang Kunshan Bridge”. Pemandangan apa yang dapat dilihat dari jembatan tersebut?

Jembatan yang dipakai sebagai jalan bebas hambatan penduduk Cina ini di Provinsi Jiangsu, di antara Shanghai dan Nanjing, Cina Timur. Secara lokasi, jembatan yang menempati urutan pertama sebagai jembatan terpanjang di dunia ini berada di Delta Sungai Yangtze. Sungai ini melewati lima kota terpada di Cina yakni berawal dari kota Danyang, Changzhou, Wuxi, Suzhou dan berakhir di kota Kunshan.

Jembatan ini dibuka secara resmi pada bulan Juni 2011. Jembatan yang panjangnyanya hampir 200 kilometer itu dikerjakan hanya dalam waktu 4 tahun dan melibatkan 10.000 pekerja. Pembangunan jembatan ini menggelontorkan dana sebesar $8.5 juta. Ketinggian jembatan ini diperkirakan sekitar 31 meter di atas permukaan laut.

Selain jembatan Danyang Kunshan, Cina pun memiliki 6 jembatan panjang lainnya yang dinobatkan sebagai jembatan terpanjang di dunia. Jembatan-jembatan tersebut antara lain: Tianjin Grand Bridge (113.700 meter), Weinan Weihe Grand Bridge (79.732 meter), Beijing Grand Bridge (48.153 meter), Yangcun Bridge (35.182 meter), Hangzhou Bay Bridge (35.673 meter), dan Runyang Bridge (35.660 meter).

Sumber: