Pesawat ruang angkasa apa yang berhasil menempuh jarak terjauh dari bumi ?

pesawat luar angkasa

Pesawat ruang angkasa telah dibuat manusia untuk menjelajahi antariksa, lalu pesawat apakah yang mampu menempuh jarak terjauh dari bumi?

Sebuah ungkapan mengatakan jika luasnya angkasa adalah ibarat bentangan pantai yang pasir-pasirnya dimisalkan sebuah gugusan bintang. Sangat luas dan mungkin seberapa besarnya takkan pernah bisa kita mengukurnya. Meskipun demikian, rasa penasaran untuk menelusuri tiap jengkalnya takkan pernah mati.

Akhirnya diterbangkan lah deretan pesawat-pesawat ruang angkasa untuk memuaskan rasa penasaran tersebut. Dimulai sejak beberapa dekade lalu sampai hari ini, sudah banyak hal yang didapatkan. Mulai dari misteri Saturnus yang bercincin sampai Jupiter yang punya badai gila tiap menitnya. Tak hanya memberikan informasi penting, beberapa pesawat ruang angkasa justru terus terbang dan mencatatkan namanya sebagai obyek asal Bumi yang terbang paling jauh.

Voyager 1

Voyager 2 sempat memegang rekor sebagai benda buatan manusia yang terbang paling jauh dari Bumi. Namun, pencapaian ini kemudian dikalahkan oleh Voyager 1 yang berhasil terbang sampai interstellar yang berada setelah Jupiter dan Saturnus.

Voyager juga masih mengudara hingga sekarang. Diperkirakan pesawat ini masih akan terus beroperasi hingga pada tahun 2025 nanti.

Sumber :