Perusahaan investasi (investor) apa saja yang tertarik melakukan investasi pada startup di Indonesia?

Mendapatkan investor memang bukanlah hal yang mudah, namun kita bisa memulainya dengan cara mencari tahu daftar investor yang bersedia menanamkan dananya untuk startup di Indonesia.

Perusahaan investasi (investor) apa saja yang tertarik melakukan investasi pada startup di Indonesia ?

blog-sribu-com. Indonesia adalah negara berkembang yang didominasi oleh penduduk berumur di bawah 30. Penduduk Indonesia yang kini semakin berkembang (terbukti dari penduduk yang tech-savvydan internet-savvy) memberikan harapan baru bagi berkembangnya bisnis di bidang teknologi dan internet sehingga tak heran jika banyak entrepreneur yang membangun start-up pada bidang tersebut.

Dengan melihat kondisi dan peluang seperti ini, maka tak heran jika ada beberapa investor yang tertarik untuk menginvestasikan uangnya melalui start-up di Indonesia. Berikut adalah 10 investor yang telah menginvestasikan uangnya di beberapa start-up di Indonesia:

1. Cyber Agent Ventures

Cyber Agent Ventures yang dipimpin oleh Takahiro Suzuki and Steven Vanada telah menginvestasikan uangnya melalui beberapa start-up Indonesia seperti Coda, Bilna, Touchten Studios, VIP Plaza, dan Tokopedia.

2. Mountain SEA Ventures

Sebastian Togelang dan Andy Zain adalah pendiri Mountain SEA Ventures, partner dariMountain Partners yang berbasis di Zurich. Mountain SEA Ventures baru saja memiliki kantornya di Jakarta pada akhir 2013, namun sudah menginvestasikan uangannya ke beberapa start-up seperti Cek Aja, Qerja, Dealoka, dan YDigital.

3. GRUPARA Inc

Aryo Ariotedjo membangun Grupara Inc pada tahun 2011. GRUPARA Inc telah menjadi investment firm dan start-up incubator yang telah memberikan investasi di Gravira, dan di salah satu eCommerce pakaian pria, Maskool.in.

4. Ideosource

Ideosource dikepalai oleh beberapa entrepreneur, yaitu Andi S. Boediman, Sugiono Wiyono Sugialam, dan Edward Ismawan Chamdani. Ideosource menyediakan pendanaan untuk mendukung perusahaan agar bisa bekembang. Ideosource sudah memberikan investasinya pada Kark, Pasar Minggu, Saqina, Gimmie, Kelir TV, dan Touchten.

5. East Ventures

Dikepalai oleh Willson Cuaca, Batara Eto, Chandra Tjan, dan Taiga Matsuyama, East Ventures memberikan investasi pada pendanaan tahap awal yang berfokus pada consumer web dan mobile start-ups di Indonesia dan Singapura. Start-up yang sudah diinvestasikan oleh East Ventures adalah SCOOP, UrbanIndo, RedMart, Tokopedia, Tech In Asia dan Bilna.

6. Rebright Partners

Takeshi Ebihara menjalankan Rebright Partners dan berfokus pada start-up yang bergerak di bidang internet dan mobile start-ups di 6 kota besar di Asia Tenggara. Di Indonesia, Rebright Partners sudah menginvestasikan uangnya pada Qraved, iMoney,IndoTrading, dan Adskom.

7. GREE Ventures

GREE Ventures adalah investor yang berasal dari Jepang yang digerakkan oleh Yusuke Amano, Tatsuo Tsutsumi, dan Naoki Aoyagi. GREE telah menunjukkan ketertarikannya kepada start-up di Indonesia dengan memberikan investasi kepada Bukalapak, Berrybenka, and UrbanIndo. Investor lainnya yang berasal dari GREE juga memberikan pendanaan kepada start-up yang berbasis di Singapurs seperti Luxola dan juga PriceArea, yang akhirnya diakuisisi oleh Yello Mobile.

8. Fenox Venture Capital

Perusahaan yang dimulai dari Silicon Valley di 2011 sudah mulai mengembangkan perusahaannya. Fenox memberikan advokasi start-up untuk membantunya agar dapat berkembang lebih cepat. Fenox juga menghubungkan start-up untuk bekerja sama dengan perusahaan di Silicon Valey dan Jepang. Fenox sampai saat ini sudah mendanai Sidecar, ShareThis, Lark Technologies, Tech In Asia dan Bottlenose.

9. 500 Startups

Salah satu inkubator ternama, 500 Startups adalah Silicon Valley seed fund dan juga akselelator yang dibangun oleh alumni PayPal and Google. 500 Startups memberikan investasi kepada start-ups yang mengutamakan platform pencarian, sosial dan juga mobile. Di Indonesia sendiri, 500 Startups telah memberikan investasinya untuk Qraved, dan Bukalapak.

10. IMJ Investment Partners

IMJ memulai kegiatan investasinya pada start-up Jepang dan Amerika pada Januari 2012. Dengan kantornya di Jakarta, IMJ Investment Partners menyediakan investasi, bantuan pengembangan produk, business support to Internet, mobile, dan software start-ups di Indonesia. IMJ telah memberikan investasinya untuk UrbanIndo, iMoney, 8 Villages, Bukalapak, dan Klik-eat.

Ada yang bisa menambahkan ?

DailySocial mendaftar investor yang mungkin sesuai dengan kebutuhan startup Anda, terutama untuk perkembangan di tahap awal.

1. East Ventures

Perusahaan VC (Venture Capitals) yang satu ini, termasuk yang cukup aktif dalam menanamkan modal di startup teknologi Indonesia. Portofolionya pun sangat beragam, mulai dari e-commerce, game, media, hingga startup pendidikan. East Ventures didirikan oleh Batara Eto, Willson Cuaca, dan Chandra Tjan, mereka berinvestasi kepada startup di tahap awal.

Contoh Portofolio: Tokopedia, AppsFoundry, PriceArea, Nightspade, Talenta, BerryKitchen, Berrybenka, Bilna, Traveloka, Livaza, Kudo, Otten Coffee

2. Ideosource

Didirikan Andi S Boediman dan Edward Ismawan Chamdani, Idesource dikelola oleh orang-orang berpengaruh di dunia teknologi, media, dan industri telekomunikasi di Indonesia. Lembaga pendanaan ini fokus kepada pendanaan tahap awal hingga series A. Fokusnya di sektor media dane-commerce.

Portofolio: eEvent, Female Daily Network, Orori, TouchTen, Saqina, Kark.

3. Cyber Agent Ventures (CAV)

Perusahaan asal Jepang ini telah berinvestasi, dan menanamkan dananya untuk startup Indonesia sejak 2011. Investsment Manager untuk Indonesia adalah Oswin Liandow, Steven Vanada, dan Takahiro Suzuki selaku General Manager. CAV tertarik investasi di bidang e-commerce, termasuk startup dengan potensi pasar yang besar, dan mengedepankan growth perusahaan.

Portofolio: Touchten, Tokopedia, Kurio, HarukaEdu, Bilna, VIP Plaza.

4. Gree Ventures

Selain CAV, Gree Ventures juga perusahaan investasi yang berbasis di jepang. Perusahaan ini tertarik untuk berinvestasi kepada perusahaan industri internet, dan mobile. Selain e-commerce, fashion, dan advertisements mereka tertarik juga berinvestasi kepada startup yang bergerak di bidang payment gateway. Mereka mengucurkan dana Pre-Series A hingga putaran pendanaan Seri A. Mereka menyediakan dana sekitar US$ 50 juta untuk dikucurkan kepada startup di Jepang dan Indonesia. VC ini dikelola oleh Managing Partner Naoki Aoyagi.

Portofolio: PriceArea, Urbanindo, Luxola, Bukalapak, Berrybenka, Kudo

5. Transcosmos

Transcosmos perusahaan yang menawarkan investasi dan pengembangan bisnis. Mereka strategis investor, dan mitra bisnis lokal aktif untuk perusahaan teknologi AS berbasis internet ekspansi ke pasar Jepang dan Asia. Mereka menawarkan joint venture, pembangunan infrastruktur, hubungan strategis, dan lokalisasi untuk perusahaan di sektor teknologi AS. Transcosmos Investasi ‘portofolio, yang fokus pada perusahaan yang mengkhususkan diri dalam pemasaran digital, e-commerce dan media digital. Board member mereka terdiri dari Setsuo Yamane, Nozomu Yoshida, Hideaki Ishioka, dan Jutaro Takinami. Transcosmos adalah investor putaran seri A dan B.

Portofolio: Luxola dan BerryBenka

6. Rebright Partners

Rebright Partners adalah perusahaan Venture Capital yang didirikan di Tokyo dengan basis di Singapura dan Jepang. Mereka memberikan pendanaan tahap awal, fokus kepada startup di bidang e-commerce, social commerce, dan restoran. Baru-baru juga tertarik investasi di media online. Orang di belakang Rebright Partners adalah Takeshi Ebihara.

Potofolio : Qraved, Indotrading, MalesBanget (MBDC Media)

7. Golden Gate Ventures

Perusahaan investasi ini didirikan oleh Vinnie Lauria, Jeffrey Paine, dan Paul Bragiel pada tahun 2011. Golden Gate Ventures memiliki basis di Singapura, mereka memberikan dana untuk seed funding hingga Seri A.

Portofolio: Bilna, Alodokter, IndoTrading

8. ANGIN

Angel Investment Network Indonesia (ANGIN), yang didirikan pada tahun 2012, merupakan program dari Global Entrepreneurship Program Indonesia (GEPI) dengan fokus bertumpu pada mendukung pertumbuhan startup tahap awal dalam bentuk pemberian pendanaan dan mentoring. Organisasi nirlaba ini merupakan jaringan angel investment resmi pertama di Indonesia. Dana yang dikucurkan untuk startup mencapai Rp 1,5 miliar.

Portofolio: Berrry Kitchen, Margarite Nougat, Kakoa Chocolate

9. Aucfan

Aucfan adalah satu-satunya perusahaan Jepang yang menyediakan semua data harga e-commerce di tiga pasar yang besar, Amerika Serikat, Tiongkok, dan Jepang. Perusahaan Jepang ini juga ikut berpartisipasi dalam lanskap e-commerce di Indonesia, baik segmen B2B maupun C2C.

Portofolio: Bukalapak, Indotrading

10. Convergence Ventures

Convergence Ventures adalah VC yang fokus kepada pendanaan tahap awal khusus startup di Indonesia. Perusahaan ini dikelola oleh Manging Partner Adrian Li dan Partner Donald Widhardja.

Portofolio: Indotrading, Qraved, MalesBanget, dan Female Daily Network

11. EMTEK Groups

EMTEK merupakan grup konglomerasi media Indonesia yang juga merupakan holding companydari Lakupon, NexMedia, SCTV, Indosiar, dan O Channel. Grup dari perusahaan besar media ini belakangan mulai melirik sektor digital. Mereka menawarkan joint venture bersama Rumah.com, akuisisi, dan menanamkan modal di perusahaan e-commerce dan game. EMTEK sering terlibat dalam putaran pendanaan seri A.

Portofolio: Bobobobo, Rumah, Karir, Artoncode, Bukalapak

Data ini diperoleh dari basis data Tech in Asia. Semua data—mulai dari tahap pendanaan tertinggi, kisaran investasi, startup yang baru-baru ini mereka danai, dan negara di mana mereka paling aktif—cakupannya dibatasi hanya di wilayah Asia Tenggara saja.

1. 500 Startups


Tentang mereka: 500 Startups adalah akselerator startup yang juga memberikan pendanaan tahap awal. Kami meyakini bahwa kesuksesan startup internet lahir dari rancangan yang baik, mengutamakan metrik konsumen, dan distribusi online.

Tahap pendanaan unggulan:

  • Tahap awal
  • Seri-A
  • Bridge/ pinjaman

Kisaran putaran pendanaan:

US$100 ribu (sekitar Rp1,3 miliar) – US$12 juta (sekitar Rp156 miliar).

Investasi terbaru:

Negara unggulan:

  • Singapura
  • Thailand
  • Malaysia

Industri unggulan:

  • E-commerce
  • Marketplace dan platform
  • Fintech

2. East Ventures


Tentang mereka: East Ventures adalah perusahaan yang khusus memberikan modal awal, serta fokus pada startup dengan produk untuk konsumen berbasis web dan mobile. Berlokasi di Tokyo, Singapura, dan Jakarta.

Tahap pendanaan unggulan:

  • Tahap awal
  • Seri-A
  • Bridge/ pinjaman

Kisaran putaran pendanaan:

US$300 ribu (sekitar Rp3,9 miliar) – US$4 juta (sekitar Rp52 miliar)

Investasi terbaru:

Negara unggulan:

  • Indonesia
  • Singapura
  • Thailand

Industri unggulan

  • E-commerce
  • Fintech
  • Marketplace dan platform

3. Golden Gate Ventures


Tentang mereka: Kami menyukai tim yang solid! Kami fokus pada perusahaan yang berkecimpung pada produk dan jasa di Asia Tenggara. Kami sering berkunjung ke negara-negara seperti Singapura, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam. Kami menyukai perusahaan yang telah meluncurkan produknya atau perusahaan yang telah memiliki aliran distribusi yang baik di Asia Tenggara.

Tahap pendanaan unggulan:

  • Tahap Awal
  • Seri-A

Kisaran putaran pendanaan:

US$350 ribu (sekitar Rp4,5 miliar) – US$6 juta (sekitar Rp78 miliar)

Investasi terbaru:

Negara unggulan:

  • Singapura
  • Indonesia
  • Thailand

Industri Unggulan:

  • Fintech
  • Marketplace dan platform
  • E-commerce

4. Wavemaker Partners


Tentang mereka: Kami berinvestasi di berbagai perusahaan teknologi di AS dan Asia Tenggara. Kami menyebut startup yang kami danai sebagai Wavemakers. Mereka adalah motor perubahan. Kami menyukai bisnis yang menyasar peluang pasar yang besar, serta menciptakan nilai yang bermanfaat lewat cara yang unik dan solid.

Dengan kata lain, bisnis tersebut harus dapat menyelesaikan masalah yang penting, mengubah status quo atau menciptakan tren yang baru, dan berpotensi menyebabkan keranjingan. Kami akan berusaha untuk menjadi partner yang baik dalam perjalanan mereka.

Kami senang dapat menjadi investor dan mentor, menjadi penyemangat sekaligus wadah beradu pendapat, memandu mereka namun tidak memanjakan mereka.

Tahap pendanaan unggulan:

  • Tahap awal
  • Seri-A

Kisaran putaran pendanaan:

US$200 ribu (sekitar Rp2,6 miliar) – US$1,5 juta (sekitar Rp19,5 miliar)

Investasi terbaru:

Negara unggulan:

  • Singapura
  • Filipina
  • Indonesia

Industri unggulan:

  • Adtech
  • Fintech
  • Solusi enterprise

5. CyberAgent Ventures


Tentang mereka: CyberAgent Ventures terus mencari bibit inovasi global masa depan. Kami berinvestasi di perusahaan yang berkaitan dengan bisnis internet dengan potensi pasar global yang menjanjikan, serta digerakkan oleh enrepreneur dengan kepemimpinan manajerial yang mumpuni.

Tahap pendanaan unggulan:

  • Seri-A
  • Tahap awal
  • Seri-B

Kisaran putaran pendanaan:

US$500 ribu (sekitar Rp6,5 miliar) – US$10,7 juta (sekitar Rp139 miliar)

Investasi terbaru:

Negara unggulan:

  • Thailand
  • Vietnam
  • Indonesia

Industri unggulan

  • E-commerce
  • Internet untuk konsumen
  • Keuangan

6. Gobi Partners


Tentang mereka: Sejak berdiri tahun 2002, Gobi percaya dengan investasi yang didasari oleh hipotesis. Alih-alih terbawa arus dan mengikuti tren pasar paling terkini, kami berpegang teguh pada prinsip kami, apa yang kami ketahui, dan berinvestasi pada apa yang kami yakini. Hal ini senantiasa tercermin dalam perjalanan bisnis kami.

Tahap pendanaan unggulan:

  • Seri-A
  • Tahap awal

Kisaran putaran pendanaan:

US$250 ribu (sekitar Rp3,2 miliar) – US$15 juta (sekitar Rp195 miliar)

Investasi terbaru:

Negara unggulan

  • Malaysia
  • Indonesia
  • Singapura

Industri unggulan:

  • E-commerce
  • Solusi Enterprise
  • Travel

7. Convergence Ventures


Tentang mereka: Convergence Ventures adalah perusahaan yang memberi modal awal kepada startup teknologi dan memfokuskan diri di Indonesia. Partner kami adalah entrepreneur berpengalaman dengan pengetahuan manajemen yang mendalam mengenai bisnis internet dan pasar berkembang.

Kami bertekad untuk mendukung founder yang brilian dengan cara mencurahkan pengalaman, jaringan, dan sumber daya yang kami miliki untuk membina mereka dalam membangun bisnis yang berpengaruh di Indonesia dan Asia Tenggara.

Tahap pendanaan unggulan:

  • Seri-A
  • Seri-B

Kisaran putaran pendanaan:

US$1 juta (sekitar Rp13 miliar) – US$8 juta (sekitar Rp104 miliar)

Investasi terbaru:

Negara unggulan

  • Indonesia
  • Singapura

Industri unggulan

  • Foodtech
  • Fintech
  • Adtech

8. KK Fund


Tentang mereka: KK fund adalah perusahaan VC yang berinvestasi pada startup internet dan mobile tahap awal di wilayah Asia Tenggara, Hong Kong, dan Taiwan.

Tahap pendanaan unggulan:

  • Tahap awal

Kisaran putaran pendanaan:

US$500 ribu (sekitar Rp6,5 miliar) – US$550 ribu (sekitar Rp7,1 miliar)

Investasi terbaru:

Negara unggulan:

  • Malaysia
  • Thailand
  • Singapura

Industri unggulan:

  • Marketplace dan platform
  • Pencarian dan aggregator

9. Venturra Capital


Tentang mereka: Perusahaan kami mendanai startup tahap awal. Misi kami di Venturra adalah menyediakan modal, bantuan operasional, dan akses pasar kepada para pendiri perusahaan internet yang inovatif, pengubah industri, dan berkaitan dengan teknologi.

Venturra Capital fokus di wilayah Indonesia dan Asia Tenggara, dan akan berinvestasi pada perusahaan teknologi dengan pertumbuhan tahap awal, diantaranya e-commerce, layanan keuangan, layanan kesehatan, dan sektor pendidikan. Sebelumnya, kami dikenal dengan nama Lippo Digital Ventures.

Tahap pendanaan unggulan:

  • Seri-A

Kisaran putaran pendanaan:

US$1,2 juta (sekitar Rp15,6 miliar) – US$12 juta (sekitar Rp156 miliar)

Investasi terbaru:

Negara unggulan

  • Indonesia
  • Malaysia
  • Singapura

Industri unggulan:

  • E-commerce
  • Marketplace dan platform
  • Pencarian

10. Fenox Venture Capital


Tentang mereka: Fenox Venture Capital adalah perusahaan VC yang bermarkas di Silicon Valley dan didirikan oleh tim yang terdiri dari entrepreneur berpengalaman, serta pemimpin bisnis yang kualitasnya sudah terbukti di kancah internasional.

Fenox VC bekerja sama dengan perusahaan teknologi baru di seluruh dunia dan berspesialisasi mengorbitkan entrepreneur dari Amerika Utara untuk meraih pencapaian global ke pasar Asia, Eropa, dan Timur Tengah. Fenox memberikan modal tahp awal dan putaran akhir. Kami juga juga bekerja sama, mendampingi, dan bermitra dengan sindikat angel investor dan perusahaan VC lainnya.

Tahap pendanaan unggulan:

  • Tahap awal
  • Seri-A
  • Seri-B

Kisaran putaran pendanaan:

US$500 juta (sekitar Rp6,5 miliar) – US$5,3 juta (sekitar Rp68 miliar)

Investasi terbaru:

Negara unggulan:

  • Indonesia
  • Singapura
  • Malaysia

Industri unggulan:

  • Media
  • Marketplace dan platform
  • E-commerce

11. IMJ Investment Partners


Tentang mereka: IMJ Investment Partners, VC yang berlokasi di Singapura, fokus berinvestasi pada startup di Asia Tenggara dan Jepang. Portofolio startup kami mendapat binaan sesuai dengan prinsip dukungan operasional, kesetaraan, dan pandangan global. IMJ Investment Partners menyiapkan dukungan serta jaringan operasional langsung bagi startup untuk dapat meraih keberhasilan.

Tahap pendanaan unggulan:

  • Tahap awal
  • Seri-A

Kisaran putaran pendanaan:

US$500 ribu (sekitar Rp6,5 miliar) – US$2 juta (sekitar Rp26 miliar)

Investasi terbaru:

Negara unggulan:

  • Indonesia
  • Filipina
  • Malaysia

Industri unggulan:

  • E-commerce
  • Gaya hidup
  • Internet untuk konsumen

12. Ardent Capital


Tentang mereka: Ardent Capital merupakan sebuah tim yang terdiri dari entrepreneur berpengalaman dengan rekam jejak keberhasilan exit di berbagai negara di Asia Tenggara dan dunia. Kami tawarkan sekaligus semua elemen utama yang diperlukan untuk membangun perusahaan yang maju: tim, strategi, manajemen, marketing, teknologi, modal, dan passion. Kami sangat antusias dan beruntung dapat berpartisipasi dalam revolusi teknologi yang dapat mengubah Asia Tenggara.

Tahap pendanaan unggulan:

  • Tahap awal
  • Seri-A

Kisaran putaran pendanaan:

US$350 ribu (sekitar Rp4,5 miliar) – US$15 juta (sekitar Rp195 miliar)

Investasi terbaru:

Negara unggulan:

  • Indonesia
  • Thailand
  • Singapura

Industri unggulan:

  • Transportasi dan logistik
  • E-commerce
  • Marketplace dan platform

13. Axiata Digital Innovation Fund


Tentang mereka: Axiata Digital Innovation Fund dibentuk oleh grup telekomunikasi Axiata Group, Berhad, pada tahun 2012 untuk mengikuti pesatnya pertumbuhan bisnis berbasis internet. Dalam tiga tahun, perusahaan ini memiliki portofolio investasi yang terdiri dari 28 brand digital dengan layanan seperti mobile money, mobile ad, e-commerce, hiburan, dan pendidikan.

Tahap pendanaan unggulan:

  • Tahap awal
  • Seri-A
  • Seri-B

Total investasi yang dipublikasikan:

US$12 juta (sekitar Rp156 miliar)

Investasi terbaru:

Negara unggulan:

  • Malaysia
  • Singapura

Industri unggulan:

  • E-commerce
  • Travel
  • Pendidikan

14. Ideosource


Tentang mereka: Ideosource adalah inkubator dan perusahaan VC asal Indonesia yang berinvestasi pada sektor konten, media, e-commerce, dan pengembangan infrastruktur. Ideosource menginkubasi sejumlah perusahaan.

Mereka juga ikut mendampingi, memberi masukan, dan akses terhadap jaringan kontak yang ada di industri teknologi. Ideosource juga ikut berkecimpung dalam bidang kerja sama strategis, hak cipta, dan marketing.

Tahap investasi unggulan:

  • Tahap awal
  • Seri-A

Kisaran putaran pendanaan:

US$1 juta (sekitar Rp13 miliar) – US$22 juta (sekitar Rp286 miliar)

Investasi terbaru:

Negara unggulan:

  • Indonesia
  • Singapura

Industri unggulan:

  • E-commerce
  • Gaming
  • Analitik

15. Jungle Ventures


Tentang mereka: Jungle Ventures adalah perusahaan VC asal Singapura yang membantu startup untuk memperluas skala bisnisnya hingga Asia-Pasifik. Kami mendanai startup global yang dapat menyelesaikan masalah krusial di wilayah Asia-Pasifik. Saat ini, kami memiliki investasi di AS, Singapura, India, Australia, Thailand, Malaysia, dan Filipina.

Tahap pendanaan unggulan:

  • Tahap Awal
  • Seri-A
    Kisaran putaran pendanaan:
    US$500 ribu (sekitar Rp6,5 miliar) – US$7,5 juta (sekitar Rp97,5 miliar)

Investasi terbaru:

Negara unggulan:

  • Singapura
  • Malaysia
  • Thailand

Industri unggulan:

  • E-commerce
  • Travel
  • Marketplace dan platform

16. Kickstart Ventures


Tentang mereka: Kickstart Ventures menanam sumber yang besar—modal, fasilitas, pengetahuan, dan jaringan bisnis—kepada startup, sehingga startupyang didanai dapat meluncur ke pasaran, memperluas cakupan bisnis, dan meraih keuntungan lebih cepat. Kickstart merupakan anak perusahaan Globe Telecom, yang didukung oleh SingTel dan Ayala Corporation.

Tahap pendanaan unggulan:

  • Tahap awal
  • Seri-A

Kisaran putaran pendanaan:

US$350 ribu (sekitar Rp4,5 miliar) – US$2 juta (sekitar Rp26 miliar)

Investasi terbaru:

Negara unggulan:

  • Filipina
  • Singapura
  • Thailand

Industri unggulan:

  • Layanan profesional
  • E-commerce
  • Perangkat keras

17. Emtek Group


Tentang mereka: Didirikan pada tahun 1983 dengan nama PT Elang Mahkota Teknologi (Emtek Group), perusahaan ini menyediakan layanan PC. Kini, Emtek Group telah menjelma menjadi kelompok perusahaan modern dan terintegrasi dengan tiga divisi bisnis utama: Media, telekomunikasi dan solusi IT, serta konektivitas.

Tahap pendanaan unggulan:

  • Tahap awal
  • Seri-B
  • Seri-D

Kisaran putaran pendanaan:

US$45 juta (sekitar Rp585 miliar) – US$129,3 juta (sekitar Rp1,68 triliun)

Investasi terbaru:

Negara unggulan:

  • Indonesia
  • Malaysia
  • Singapura

Industri unggulan:

  • E-commerce
  • Marketplace dan platform

18. GREE Ventures


Tentang mereka: Gree Ventures fokus berinvestasi pada perusahaan internet dan mobile tahap awal (Pra Seri-A dan Seri-A). Kami mencari perusahaan dengan tim manajemen yang mumpuni dan potensi pasar yang kuat. Kami berinvestasi di Jepang, Asia Tenggara, dan wilayah lain di Asia. Kami juga mencari perusahaan yang memiliki potensi untuk tumbuh di wilayah ini.

Tahap pendaan unggulan:

  • Seri-A
  • Seri-B

Kisaran putaran pendanaan:

US$1 juta (sekitar Rp13 miliar) – US$1,5 juta (sekitar Rp19,5 miliar)

Investasi terbaru:

Negara unggulan:

  • Indonesia
  • Singapura

Industri unggulan:

  • E-commerce
  • Marketplace dan platform
  • Solusi enterprise

19. NSI Ventures


Tentang mereka: NSI Ventures menanam modal di perusahaan teknologi tahap awal yang berbasis di Asia Tenggara. Jenis investasi kami berada pada tahap putaran Seri-A dan Seri-B, di saat traksi pendapatan sedang dibentuk dan modal diperlukan untuk mendukung pertumbuhan yang pesat.

Tahap pendanaan unggulan:

  • Seri-A
  • Seri-B

Kisaran putaran pendanaan:

US$6,5 juta (sekitar Rp84,5 miliar) – US$11,5 juta (sekitar Rp149,5 miliar)

Investasi terbaru:

Negara unggulan:

  • Singapura
  • Indonesia
  • Myanmar

Industri unggulan:

  • Perangkat keras
  • Foodtech
  • Pencarian

20. Sinar Mas Digital Ventures


Tentang mereka: Sinar Mas mengoperasikan enam pilar bisnis: pulp dan kertas, makanan dan agribisnis, layanan keuangan, pengembang real estate, telekomunikasi, energi, serta infrastruktur. Kami mengembangkan bisnis tersebut secara gradual untuk memastikan kesuksesan yang berkelanjutan.

Kesuksesan tersebut hanya dapat diperoleh jika kami dapat terus memastikan adanya keterampilan yang berkembang, integritas, kesehatan, inovasi dan semangat juang manajemen, staf, serta produsen kami.

Tahap pendanaan unggulan:

  • Seri-A

Kisaran putaran pendanaan:

US$1 juta (sekitar Rp13 miliar) – US$15 juta (sekitar Rp195 miliar)

Investasi terbaru:

Negara unggulan

  • Indonesia
  • Thailand

Industri unggulan:

  • Transportasi dan logistik
  • E-commerce

21. InVent


Tentang mereka: Didirikan pada tahun 2012, InVent merupakan proyek VC korporat dari Intouch Holdings PLC, perusahaan manajemen aset asal Thailand yang bergerak di bidang telekomunikasi, media, IT, dan konten digital. inVent fokus berinvestasi pada perusahaan teknologi di Thailand dan Asia Tenggara dalam tahap pendanaan awal atau ekspansi, yang berkecimpung pada berbagai sektor—mulai dari marketplace, platform enabler, layanan keuangan dan kesehatan, konten digital, serta Internet of Things.

Dengan partner yang tersebar di wilayah Asia-Pasifik, InVent berkomitmen untuk bekerja secara personal dengan para founder dan memberikan dorongan pengetahuan, infrastruktur, dan jaringan untuk membantu mereka mengakses pasar dan meningkatkan komersialisasi produk mereka. Sebagai investor pionir sejak awal mula terbentuknya ekosistem startup di Thailand, kami memiliki anggaran tahunan sebesar US$7 juta (sekitar Rp90 miliar).

Tahap pendanaan unggulan:

  • Seri-A
  • Tahap awal

Kisaran putaran pendanaan:

US$500 ribu (sekitar Rp6,5 miliar) – US$1,8 juta (sekitar Rp23,4 miliar)

Investasi terrbaru:

Negara unggulan:

  • Thailand
  • Singapura

Industri unggulan:

  • Perangkat keras
  • Gaming

22. Life.SREDA


Tentang mereka: Life.SREDA didirikan sekitar tiga tahun silam. Baru-baru ini mereka merelokasi markasnya ke Singapura dan terbilang sangat aktif di sektor fintech Asia saat ini. Perusahaan ini adalah satu dari tiga perusahaan VC fintech independen di dunia yang sangat dikenal akan kesuksesan investasinya. Contoh perusahaan yang mereka beri investasi adalah: Simple, Moven, Fidor, SumUp, Anthemis, dan lain-lain.

Tahap pendanaan unggulan:

  • Seri-A
  • Seri-B

Kisaran putaran pendanaan:

US$1 juta (sekitar Rp13 miliar) – US$15 juta (sekitar Rp195 miliar)

Investasi terbaru:

Negara unggulan:

  • Singapura
  • Filipina
  • Vietnam

Industri unggulan:

  • Fintech
  • E-commerce
  • Adtech

23. Monk’s Hill Ventures


Tentang mereka: Monk’s Hill Ventures adalah perusahaan rekanan yang terdiri dari entrepreneur berpengelamanan yang telah membangun dan mendanai perusahaan berskala global, berlokasi di Silicon Valley dan Asia. Kami adalah firma VC yang berinvestasi di startup teknologi yang membidik keuntungan dari pesatnya pertumbuhan pasar Asia.

Tahap pendanaan unggulan:

  • Seri-A
  • Seri-B
    Kisaran putaran pendanaan:
    US$2,5 juta (sekitar Rp32,5 miliar) – US$5 juta (sekitar Rp65 miliar)

Investasi terbaru:

Negara unggulan:

  • Singapura
  • Thailand
  • Filipina

Industri unggulan:

  • Gaming
  • Marketplace dan platform

24. OPT SEA


Tentang mereka: OPT SEA didirikan untuk membantu ekpansi bisnis yang baru. Aktivitas investasi dilakukan untuk mendukung perusahaan yang kami miliki, sehingga dapat berkontribusi terhadap pesatnya pertumbuhan bisnis internet.

Tahap pendanaan unggulan:

  • Seri-A
  • Tahap awal
  • Seri-B

Kisaran putaran pendanaan:

US$500 ribu (sekitar Rp6,5 miliar) – US$2,5 juta (sekitar Rp32,5 miliar)

Investasi terbaru:

Negara unggulan:

  • Thailand
  • Singapura
  • Indonesia

Industri unggulan:

  • E-commerce
  • Kesehatan
  • Pencarian

25. Sequoia Capital


Tentang mereka: Sequoia Capital membantu founder untuk mengubah gagasan imajinatif mereka menjadi perusahaan yang nyata. Sebagai “entrepreneur di balik entrepreneur,” tim dari Sequoia telah bekerja secara langsung dengan founder legendaris seperti Steve Jobs dari Apple, Larry Ellison dari Oracle, Len Bosack dan Sandy Lerner dari Cisco, David Filo dan Jerry Yang dari Yahoo, Max Levchin, Elon Musk dan Peter Thiel dari PayPal, Sergey Brin dan Larry Page dari Google, Steve Chen dan Chad Hurley dari Youtube, serta Reid Hoffman dan Jeff Weiner dari LinkedIn. Sequoia kini bertekad untuk membantu inovator berikutnya untuk membangun perusahaan masa depan.

Tahap pendanaan unggulan:

  • Seri-A
  • Seri-B
  • Seri-C

Kisaran putaran pendanaan:

US$1,6 juta (sekitar Rp20,8 miliar) – US$100 juta (sekitar Rp1,3 triliun)

Investasi terbaru:

Negara unggulan:

  • Singapura
  • Malaysia
  • Indonesia

Industri unggulan:

  • Jejaring sosial dan komunikasi
  • Marketplace dan platform
  • Transportasi dan logistik

26. SPH Media Fund


Tentang mereka: SPH merupakan anak perusahaan investasi milik Singapore Press Holdings, perusahaan media terkemuka di Asia, yang mencerahkan, menghibur, serta menginspirasi para pembacanya melalui beragam platform dan bahasa.

Tahap pendanaan unggulan:

  • Seri-A
  • Tahap awal

Kisaran putaran pendanaan:

US$475 ribu (sekitar Rp6,1 miliar) – US$6 juta (sekitar Rp78 miliar)

Investasi terbaru:

Negara unggulan:

  • Singapura
  • Filipina
  • Malaysia

Industri unggulan:

  • Layanan profesional
  • Transportasi dan logistik

27. Vertex Ventures


Tentang mereka: Vetex Ventures, anak perusahaan yang dimiliki secara penuh oleh Temasek Holdings, memberi pendanaan kepada perusahaan berkembang dan menjalankan investasi VC di wilayah Asia lainnya serta AS.

Tahap pendanaan unggulan:

  • Seri-A
  • Seri-B
  • Seri-C

Kisaran putaran pendanaan:

US$3.270.000 (sekitar Rp42,5 miliar) – US$65.000.000 (sekitar Rp845 miliar)

Investasi terbaru:

Negara unggulan:

  • Singapura
  • Indonesia

Industri unggulan:

  • Jejaring sosial dan komunikasi
  • Transportasi dan logistik
  • E-commerce

28. Asia Venture Group


Tentang mereka: Asia Venture Group (AVG) mengawali investasinya pada model bisnis scalable digital di Asia Tenggara. AVG fokus pada pembentukan nilai jangka panjang di pasar online Asia Tenggara. Kami membidik pasar menggiurkan dari ranah internet Asia Tenggara lewat vertikal terpilih dengan menggabungkan: pengetahuan serta pengalaman level internasional, pelaksanaan yang penuh perhitungan, partner lokal terbaik, dan talenta manajerial internasional.

Tahap pendanaan unggulan:

  • Tahap awal
  • Seri-A

Kisaran putaran pendanaan:

US$1 juta (sekitar Rp13 miliar) – US$12 juta (sekitar Rp156 miliar)

Investasi terbaru:

Negara unggulan:

  • Malaysia
  • Indonesia
  • Thailand

Industri unggulan

  • E-commerce
  • Marketplace dan platform
  • Fintech

29. Crystal Horse Investments


Tentang mereka: Crystal House Investments didirikan di Singapura dan banyak terlibat dalam pendanaan angel. Kami bersedia mendukung founderyang memiliki hasrat terhadap gagasan bisnisnya, memiliki sifat realistis, pekerja keras, suka tantangan, berpikir kreatif, serta memiliki penawaran yang baik. Kami memiliki tim profesional yang siap memberi masukan dan mendukung seperti pendanaan, pengetahuan, dan jaringan kepada founder.

Tahap pendanaan unggulan:

  • Tahap awal
  • Seri-A

Kisaran putaran pendanaan:

US$78 ribu (sekitar Rp1 miliar) – US$710 ribu (sekitar Rp9,2 miliar)

Investasi terbaru:

Negara unggulan

  • Singapura
  • Malaysia
  • Indonesia

Industri unggulan:

  • E-commerce
  • Jejaring sosial dan komunikasi
  • Travel

30. GMO Venture Partners


Tentang mereka: Perusahaan investasi yang menata ulang definisi “nilai” dan “kualitas.” Menginvestasikan modal yang besar bukanlah nilai utama perusahaan kami.

Kami memiliki pendekatan yang kuat untuk membuahkan dan mendorong “pemikiran kritis” di balik berdirinya startup yang baru. Kami siap menjadi rekan sejati untuk merealisasikan strategi bersama-sama.

Tahap pendanaan unggulan:

  • Seri-A
  • Tahap awal
  • Seri-C

Kisaran putaran pendanaan:

US$1,5 juta (sekitar Rp19,5 miliar) – US$7 juta (sekitar Rp91 miliar)

Investasi terbaru:

Negara unggulan:

  • Singapura
  • Indonesia
  • Thailand

Industri unggulan:

  • Fintech
  • Marketplace dan platform

31. Incubate Fund


Tentang mereka: Incubate adalah perusahaan VC yang berspesialisasi dalam investasi tahap awal. Sejauh ini mereka telah menginvestasikan uang senilai ¥17 miliar (sekitar Rp2 triliun) kepada lebih dari 156 startup.

Tahap pendanaan unggulan:

  • Tahap awal
  • Seri-A

Kisaran putaran pendanaan:

US$500 ribu (sekitar Rp6,5 miliar) – US$1,3 juta (sekitar Rp16,9 miliar)

Investasi terbaru:

Negara unggulan:

  • Singapura
  • Malaysia

Industri unggulan:

  • Gaming
  • Pencarian

32. Mountain Kejora Ventures


Tentang mereka: Mountain Kejora Ventures adalah VC sekaligus pembentuk perusahaan bagi startup teknologi yang berlokasi di Jakarta. Kami membantu para founder bukan hanya dari segi finansial, namun kami juga akan terlibat langsung bersama mereka untuk membangun sekaligus melaksanakan srategi, merambah pasar dan berekspansi ke wilayah lain, sehingga memberi manfaat yang nyata kepada rekan dan perusahaan dalam portofolio kami.

Tahap pendanaan unggulan:

  • Tahap awal

Kisaran putaran pendanaan:

Jumlah minimal dirahasiakan – US$100 ribu (sekitar 1,3 miliar)

Investasi terbaru:

Negara unggulan:

  • Indonesia
  • Singapura

Industri unggulan:

  • Adtech
  • Pencarian
  • E-commerce

33. TNF Ventures


Tentang mereka: Sebagian tim kami telah mendirikan dan mengembangkan beberapa perusahaan, beberapa di antaranya sukses melakukan exit, merger, dan akuisisi. Sebagian lainnya adalah managing partner di reksadana yang nilainya mencapai miliaran dolar AS. Kami berharap dapat berbagi pengetahuan serta jaringan kepada wirausahawan potensial yang mau berusaha untuk membawa perubahan bagi dunia.

Tahap pendanaan unggulan:

  • Tahap awal
  • Seri-A

Kisaran putaran pendanaan:

US$432 ribu (sekitar Rp5,6 miliar) – US$800 ribu (sekitar Rp10 miliar)

Investasi terbaru:

Negara unggulan:

  • Singapura

Industri unggulan:

  • Solusi enterprise
  • Layanan profesional
  • Fintech

34. Rebright Partners


Tentang mereka: Perusahaan VC yang bermarkas di Singapura dan Tokyo ini fokus pada pendanaan startup internet dan mobile tahap awal di Asia Tenggara, terutama di Indonesia, Malaysia, Filipina, Vietnam, Thailand, dan Singapura.

Tahap pendanaan awal:

  • Tahap awal
  • Seri-A

Kisaran putaran pendanaan:

US$1 juta (sekitar Rp13 miliar) – US$1,5 juta (sekitar Rp19,5 miliar)

Investasi terbaru:

Negara unggulan:

  • Indonesia
  • Singapura
  • Malaysia

Industri unggulan:

  • Marketplace dan platform
  • Media
  • Pencarian

35. SB ISAT


Tahap pendanaan unggulan:

  • Seri-A
  • Seri-C

Kisaran putaran pendanaan:

Investasi minimal dirahasiakan – US$4 juta (sekitar Rp52 miliar)

Investasi terbaru:

Negara unggulan:

  • Indonesia
  • Singapura

Industri unggulan:

  • Media
  • Layanan profesional
  • Pencarian

36. SoftBank Capital


Tentang mereka: SoftBank Capital menyediakan pendanaan dan dukungan strategis kepada entrepreneur potensial untuk membangun bisnis jangka panjang yang bersifat disruptif. Perusahaan ini mengelola dana lebih dari US$600 juta (sekitar Rp7,9 triliun) dan berinvestasi pada setiap tahapan startup, mulai dari tahap awal hingga tahap lanjutan.

Lewat kerja sama dengan sejumlah perusahaan teknologi, internet, dan mobile terkemuka di Asia—di antaranya adalah partner strategis SoftBank Corporation, Yahoo Jepang, dan Alibaba Group, SoftBank Capital menawarkan cara yang unik kepada perusahaan yang menargetkan pasar Asia. Sejak tahun 1995, SoftBank Capital telah menjalin kerja sama dengan para pemimpin di industri teknologi seperi Criteo, Gilt Groupe, OMGPOP (Zynga), betaworks, BuzzFeed, Buddy Media (Salesforce), Huffington Post (AOL). Associated Content (Yahoo). Danger (Microsoft), Geocities (Yahoo), E*Trade, dan Yahoo.

Tahap pendanaan unggulan:

  • Seri-A
  • Seri-B
  • Seri-D

Kisaran putaran pendanaan:

US$23 juta (sekitar Rp299 miliar) – US$250 juta (sekitar Rp3,25 triliun)

Investasi terbaru:

Negara unggulan:

  • Singapura
  • Indonesia
  • Vietnam

Industri unggulan:

  • Solusi enterprise
  • Layanan profesional
  • Fintech