Perusahaan apa saja yang bergerak di Bidang Jaringan Komputer?

Seiring berkembangnya teknologi, jumlah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi tentu juga semakin banyak. Khususnya di era komputer ini banyak perusahaan yang bergerak di bidang komputer dan jaringannya. Pertanyaan saya adalah apa saja perusahaan yang bergerak di bidang jaringan Komputer?

Banyak contoh perusahaan yang bergerak di bidang Computer Network atau jaringan komputer, namun dibawah ini adalah beberapa contoh perusahaan yang bergerak di bidang jaringan komputer terbesar:

  1. Cisco
    cisco
    Dalam dunia jaringan komputer, cisco adalah perusahaan paling besar dan tidak terkalahkan. Dibuat pada tahun 1984 oleh Sandy Lerner dan Leonard Bosack di California dan merupakan perusahaan pertama yang bergerak di bidang Jaringan Komputer

  2. Brocade
    Brocade
    Memiliki nama Brocade Communications System, Inc, dibuat oleh Seth Neiman, Kumar Malavalli, dan Paul R Bonderson pada tahun 1995 dan bergerak khususnya di bidang produk penyimpanan data.

  3. Juniper
    Juniper
    Dibuat pada tahun 1996 oleh Pradeep Sindhu dan bergerak khususnya dalam bidang pembuatan router, switch, dan program jaringan dan keamanan.

Masih banyak perusahaan besar lainnya seperti IBM, Intel, Verizon, Microsoft, Qualcomm, Alcatel Lucent, Siemens, AT&T, dll.

Sumber:

Ada banyak contoh perusahaan yang bergerak dalam bidang jaringan komputer dibawah ini adalah contoh perusahaan bidang jaringan komputer terbesar di dunia.

1.CISCO

image


Cisco Systems didirikan pada bulan Desember 1984 oleh Leonard Bosack dan Sandy Lerner, dua ilmuwan komputer Universitas Stanford, yang mempelopori konsep jaringan area lokal (LAN) yang digunakan untuk menghubungkan komputer yang berbeda secara geografis melalui sistem router multiprotocol. Pada saat perusahaan go public pada tahun 1990, ketika terdaftar di NASDAQ, Cisco memiliki kapitalisasi pasar sebesar 224 juta. Cisco adalah perusahaan yang paling berharga di dunia pada tahun 2000, dengan kapitalisasi pasar lebih dari 500 miliar.

  1. Aruba

image


Aruba Networks didirikan pada tahun 2002 oleh Keerti Melkote dan Pankaj Manglik yang memfokuskan untuk solusi LAN nirkabel LAN nirkabel Wi-Fi ke jaringan perusahaan. Dengan diakuisisi oleh Hewlett-Packard (sekarang Hewlett Packard Enterprise) pada tahun 2015, Aruba Networks telah menjadi entitas dari Hewlett Packard Enterprise untuk memasarkan semua penawaran jaringan data kampus dan usaha kecil HPE. Produk intinya adalah Access Point nirkabel (AP), switch kabel, pengendali mobilitas, dan perangkat lunak manajemen jaringan. Perusahaan ini memiliki lebih dari 1.800 karyawan dan berkantor pusat di Santa Clara, California.

  1. Huawei

image


Huawei didirikan pada tahun 1987 oleh Ren Zhengfei, seorang mantan insinyur di Tentara Pembebasan Rakyat. Pada saat pendiriannya, Huawei berfokus pada pembuatan switch telepon, namun sejak saat itu memperluas bisnisnya untuk mencakup membangun jaringan telekomunikasi, menyediakan layanan dan peralatan operasional dan konsultasi untuk perusahaan di dalam dan di luar China, dan membuat perangkat komunikasi untuk pasar konsumen.

Sumber :



Selain perusahaan-perusahaan diatas, berikut adalah perusahaan lain yang bergerak di bidang jaringan komputer:

  1. IBM

IBM

International Business Machine (IBM) didirikan oleh Charles Ranlett Flint pada tahun 1911 di New York, Amerika Serikat. IBM menjadi perusahaan terkenal kedua di dunia di bidang komputer. Perusahaan ini memiliki lebih dari 170 cabang di seluruh dunia. Mereka adalah salah satu perusahaan terbesar penyedia layanan storage area network (SAN), Fibre Channel switch, konverter dan prosesor. Dengan menawarkan jaringan produk dan memberikan solusi, IBM telah menjadi tulang punggung dari banyak perusahaan IT dan perusahaan perangkat lunak terkemuka.

  1. Intel

Intel

Didirikan pada tahun 1968, Intel sekarang adalah pembuat chip semikonduktor terbesar di dunia. Prosesor Intel Pentium telah menciptakan sebuah revolusi di dalamnya industri. Mereka adalah pemain terbesar di pasar mikroprosesor komputer di seluruh dunia. Kabel optik, Ethernet adapter dan Ethernet controller miilik Intel adalah yang paling terpercaya di seluruh dunia. Intel membuat prosesor untuk produsen sistem komputer Apple, Samsung, HP dan Dell. Intel juga membuat chipset motherboard, controller interface untuk jaringan, sirkuit terpadu, flash memori, chip grafis, dan prosesor yang terpasang di perangkat lain yang berkaitan dengan komunikasi dan komputasi.

  1. Microsoft

Microsoft

Microsoft adalah salah satu perusahaan tertua di bidang komputer. Microsoft awalnya dikenal dengan OS Windows yang menciptakan sebuah revolusi dalam pasar IT. Microsoft telah meramalkan bahwa Windows OS akan dipakai di setiap rumah di dunia. Microsoft menawarkan solusi jaringan seperti teknologi jaringan internet, teknologi jaringan perusahaan, konfigurasi Host Server, Windows Server, dan server Exchange. Solusi jaringan mereka adalah dasar-dasar dari banyak perusahaan kecil, menengah dan besar.

  1. Siemens

Siemens

Siemens adalah sebuah kelompok besar global yang berfokus pada bidang Elektrifikasi, otomatisasi dan digitalisasi. Salah satu produsen terbesar di dunia teknologi hemat energi, hemat sumber daya. Siemens adalah pemasok terkemuka sistem untuk pembangkit listrik dan transmisi serta diagnosa medis.

SUMBER