Perubahan Mood Bisa Mempengaruhi Aktivitas?

Kamu tau gak sih, kalo mood itu bisa berubah kapan saja dan dimana saja loh. Mood yang sering berubah ini juga dapat dikatakan mood swing, keadaan ini sangat normal terjadi pada kehidupan sehari hari kita, ada juga kemungkinan kondisi ini terkait dengan gangguan kesehatan mental.

contoh Mood Swing ialah berlangsung selama beberapa hari atau lebih, membuat Anda menjadi sangat senang dan sedih secara tidak terkontrol, impulsif, sangat mudah tersinggung, dan tidak bisa tidur.

Lalu apakah Mood Swing ini mempengaruhi aktivitas kita? Bagaimana Cara mengatasi dan mencegah Mood Swing?

Meurut data yang dilansir daru Hellosehat, Mood swing merupakan perubahan suasana hati yang terjadi pada diri seseorang yang ditandai ditandai dengan perubahan emosi sebagai bentuk reaksi tubuh terhadap lingkungan atau suatu situasi. Suasana hati (mood) yang berubah merupakan sesuatu yang wajar hingga taraf tertentu. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi mood swing:

  1. Mengikuti jadwal keseharian dengan teratur.
  2. Rutin berolahraga, karena bisa mengontrol stres dan meningkatkan mood.
  3. Tidur yang cukup.
  4. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.
  5. Melakukan aktivitas lain/hobby.
  6. Berbincang dengan orang yang dipercaya.
1 Like

Menurut saya pribadi, saya juga orangnya sangat mood swing, itu memang sangat mempengaruhi aktivitas banget. Yang tadinya kita senang, terus tiba-tiba badmood tuh bener-bener langsung gaenak dan maunya menyendiri, padahal saya sendiri juga gatau badmoodnya karena apa. Cara mengatasi mood swing menurut https://hellosehat.com/mental/gangguan-mood/penyebab-mood-swing/

  1. Ikutin jadwal yang sudah direnacanakan dengan teratur.
  2. Tidur yang cukup
  3. Konsumsi makanan yang bisa ngebalikin mood kamu.
  4. Berbicara dengan teman mood bostermu.
1 Like

berdasarkan penelitian dari Rothbard dan Wilk di tahun 2011 mengenai suasana hati karyawan saat memulai hari terhadap kaitannya dengan kinerjanya di tempat kerja.

mood karyawan memiliki dampak besar dalam kinerjanya di kantor, khususnya dalam segi kualitas dan produktivitas karyawan. karyawan dengan mood positif akan memberikan pelayanan yang lebih baik dan berkualitas. Sedangkan karyawan yang memiliki mood negative pelayanan dan produktivitasnya menurun hingga lebih dari 10%

menurut aku sendiri hal tersebut benar adanya, seperti saat membersihkan rumah misalnya kalau disuruh oleh orang tua secara paksa jadi males banget ngerjainnya, sedangkan kalau memang karena inisiatif diri sendiri mengerjakannya dengan suka cita.

atau kalau mengerjakan tugas saat mood sedang tidak baik seperti sedang galau gitu rasanya jadi sulit sekali untuk berpikir.

untuk menjaga kualitas dan produktivitas karyawan menurut rothbard di tahun 2016 terdiri dari:

  1. merayakan pencapaian kerja di pagi hari, seperti merayakan pencapaian tertentu di sebuah team
  2. memberikan waktu atau “jeda” bagi karyawan sebelum berkerja, misalnya biarkan saja karyawan ngobrol singkat dipagi hari ketika baru datang dengan karyawan lainnya tetapi tetep ingat waktu ya.
  3. meminimalisir pemberian perintah kerja pada larut malam, apabila tidak mendesak dan masih bisa ditunda besok pagi lebih baik jangan membebani karyawan maupun rekan kerja dengan pekerjaan diwaktunya istirahat ya.
Referensi

PENGARUH “MORNING MOOD” TERHADAP KINERJA SEPANJANG HARI - Drs. J. Tanzil & Associates

1 Like

Menurut pendapat saya, Mood sangat mempengaruhi aktivitas yang ada. Seperti pengalaman saya, kinerja atau kegiatan yang saya kerjakan akan kurang maksimal apabila dalam mood yang buruk, begitupun sebaliknya saat mood sedang baik maka pekerjaan sesulit apapun akan bisa dilalui dengan mudah.
Berikut beberapa cara mengatasi mood swing yang dapat dilakukan:

  1. Mengonsumsi makanan sehat dan seimbang
  2. Tidur dengan durasi yang cukup
  3. Rutin berolahraga
  4. Melakukan teknik relaksasi
  5. Melakukan hobi
  6. Berbicara dengan orang-orang terdekat.
Referensi

Saraswati R. (2020). https://www.sehatq.com/artikel/penyebab-mood-swing-dan-cara-mengatasinya Diakses pada tanggal 9 September 2021

1 Like

Benar sekali, mood swing sangat mempengaruhi aktivitas kita. seperti contohnya jika kita bangun dengan suasana yang ceria dan kita merencanakan banyak kegiatan, lalu ditengah-tengah hari anda menemui suatu masalah yang membuat anda merasa kecewa, sedih, dan marah, pastinya rencana yang sudah direncanakan dan berkspetasi menyenangkan akan berubah menjadi sesuatu yang tidak menyenangkan bukan?

Faktor penyebabmood swing :

  • Kondisi Hormon
  • Ketidakseimbangan sel Kimia dalam Otak
  • Penyakit tertentu

Cara Mencegah Mood Swing :

  1. Membuat Mood Diary
  2. Menjalani Gaya Hidup Sehat
  3. Selalu Berpikir Positif
1 Like

menurut pendapat dan pengalaman pribadi mood sangat mempengaruhi aktivitas kita, karena saat mood sedang baik kita dapat mengerjakan segala sesuatu dengan mudah lain halnya saat mood sedang buruk mau pekerjaan mudah pun akan menjadi sulit untuk dikerjakan.

cara mengatasi mood menurut alodokter:

  • menjalani gaya hidup sehat
  • membuat mood diary
  • berkonsultasi ke pskiater atau psikolog
1 Like

Menurut saya pribadi Mood Swing sangat mempengaruhi aktivitas, terutama aktivitas yang membutuhkan fokus tinggi. Karena dengan adanya mood swing ini mampu mempengaruhi produktivitas setiap orang. Ada beberapa hal yang mampu kita lakukan untuk mengatasi dan mencegah mood swing, diantaranya :

  1. Mengatur jam tidur atau waktu istirahat
  2. Menjalani gaya hidup sehat
  3. Mendengarkan lagu yang bisa meningkatkan mood
  4. Apabila mood swing sudah tidak bisa diatasi oleh diri sendiri, maka disarankan untuk pergi ke psikiater atau psikolog
1 Like

Memiliki mood yang sering berubah secara tidak tentu memang sangat mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Terutama jika mood swing tersebut bertahan di keadaan terendah selama seharian dan merasa menjadi orang paling tidak produktif di dunia. Lalu keesokan harinya merasa mood sangat baik yang akhirnya mengakibatkan lembur bekerja hingga mengalami kelelahan. Terkadang mood swing cukup sulit untuk dikendalikan. Menurut Mental Health & Addiction Association of Oregon, ada 5 cara untuk meningkatkan mood kita.

  1. Menghabiskan waktu dengan teman dekat
  2. Berolahraga
  3. Menghabiskan waktu dengan kegiatan alam atau outdoor activity
  4. Bermain dengan hewan peliharaan
  5. Memakan cokelat hitam
1 Like

Perubahaan mood yang terjadi secara tiba-tiba atau mood swing tentunya akan menghambat aktivitas sehari-hari karena fokus akan terbagi kepada aktivitas yang dihadapi serta perasaan atau emosi yang sulit untuk dikontrol. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi mood swing, yaitu:

  1. Kenali dirimu sendiri, seperti apa hal yang diinginkan, bagaimana perasaanmu hari ini, dan lain-lain.
  2. Mudah menerima dengan segala hal yang akan dihadapi. Sebagian orang mengalami mood swing karena ketidakmampuan diri dalam menerima hal yang datang kepadanya secara tiba-tiba.
  3. Kendalikan diri dengan sering mengatur napas dan tidak mudah membuat keputusan dalam keadaan yang tidak stabil.
  4. Konsultasikan kepada profesional, seperti psikolog atau konselor.
2 Likes