Perubahan apa yang terjadi pada Sistem Integumen lansia?

Sistem integumen

Sistem integumen adalah sistem organ yang membedakan, memisahkan, melindungi, dan menginformasikan hewan terhadap lingkungan sekitarnya. Sistem ini seringkali merupakan bagian sistem organ yang terbesar yang mencakup kulit, rambut, bulu, sisik, kuku, kelenjar keringat dan produknya (keringat atau lendir).

Perubahan apa yang terjadi pada Sistem Integumen lansia ?

Perubahan Anatomik pada Sistem Integumen ketika memasuki fase lanjut usia (lansia) antara lain :

Kulit


Perubahan anatomik pada kulit manusia ketika memasuki fase lanjut usia (lansia) antara lain :

  • Kulit kering.
    Kekeringan ini terjadi karena menurunnya hormon androgen, menurunnya fungsi kelenjar sebasea, berkurangnya jumlah dan fungsi kelenjar keringat dan berkurangnya kadar air dalam epidermis.

  • Permukaan kulit kasar dan bersisik.
    Hal ini disebabkan kelainan proses keratinisasi serta perubahan ukuran dan bentuk sel epidermis, stratum korneum mudah lepas dan sel-sel mati ini cenderungan melekat menjadi satu pada permukaan kulit, dan faktor kekeringan kulit karena berkurangnya lemak permukaan kulit.

  • Kulit kendor/menggelantung dengan kerutan dan garis kulit lebih jelas.

    Hal ini disebabkan oleh:

    • Penurunan jumlah fibroblast yang menyebabkan penurunan jumlah serat elastin, lebih sklerotik dan menebal sehingga jaringan kolagen menjadi kendor dan serabut elastin kehilangan daya kenyalnya, kulit menjadi tidak dapat tegang dan kurang lentur.

    • Tulang dan otot menjadi atrofi, jaringan lemak subkutan berkurang, lapisan kulit tipis serta kehilangan daya kenyalnya sehingga membentuk kerutan dan garis-garis kulit.

    • Kontraksi otot mimik tidak diikuti oleh kontraksi kulit yang sesuai sehingga mengakibatkan alur-alur keriput di daerah wajah.

  • Gangguan pigmentasi pada kulit.
    Disebabkan perubahan distribusi pigmen melanin dan proliferasi melanosit, serta fungsi melanosit menurun sehingga penumpukan melanin tidak teratur dalam sel basal epidermis. Disamping itu epidermal turn over menurun sehingga lapisan sel kulit mempunyai banyak waktu untuk menyerap melanin yang mengakibatkan terjadinya bercak pigmentasi pada kulit.

    Lentigo senilis (lentigo solaris), kelainan kulit berupa makula hiperpigmentasi pada daerah terpapar sinar matahari seperti muka, punggung tangan, lengan atas, lengan bawah dan lain-lain.warna kecokelatan sampai cokelat tua, berbatas tegas, bentuk bulat lonjong, ukuran mili sampai lebih dari 1 cm. terutama timbul pada golongan kaukasia dan mongoloid, antara dekade keempat dan keenam. Kadang-kadang lesi menyerupai tahi lalat.

  • Terjadi Proliferasi yang sifatnya jinak.

    1. Acrochordon (fibroma molle, skin tag).
      Berupa papul multiple yang lunak, filiformis, seperti kantong soliter, atau bertangkai. Berukuran 1–5 mm, dapat >1cm, berwarna seperti kulit normal sampai cokelat muda. Biasanya ditemukan didaerah aksila, leher, muka/pelupuk mata, dada bagian atas, tubuh dan ekstermitas. Lebih sering ditemukan pada orang tua yang gemuk dan wanita lebih banyak dari pada pria.

    2. Cherry angioma (Ruby spot, cherry spot, hemangiona senilis).
      Lesi berupa pungta yang timbul di atas kulit, membentuk kubah, berwarna merah terang, perabaan lunak, dengan ukuran 1 sampai 3 atau 4 mm, biasanya multiple. Terutama terdapat di lengan, dada, dan badan.

    3. Keratosis seboroik.
      Lesi berbentuk bulat lonjong, berbatas tegas, sedikit meninggi diatas permukaan kulit dengan permukaan dapat tidak rata/verukosa, dapat licin dengan keratik plug. Berwarna cokelat atau hitam. Ukuran 2 mm akan tetapi dapat sampai 2 atau 3 cm. Permukaan lesi kadang halus seperti beludru. Lesi terlihat seakan-akan menempel pada permukaan kulit. Lesi terutama ditemukan pada daerah berminyak seperti misalnya wajah, kulit kepala, leher, dada/dibawah buah dada, punggung dan jarang ditemukan pada ekstremitas.

    4. Hiperplasia kelenjar sebasea.
      Lesi berupa papul atau modul multiple, lunak, berwarna kuning, kadang- kdang dengan umbilikasi, berukuran 2-3 mm, Terutama terdapat di dahi hidung dan pipi.

Sistem integumen

Rambut


Perubahan anatomik pada rambut manusia ketika memasuki fase lanjut usia (lansia) antara lain :

  • Pertumbuhan menjadi lambat, lebih halus dan jumlahnya sedikit.
  • Rambut pada alis, lubang hidung dan wajah sering tumbuh lebih panjang.
  • Rambut memutih.
  • Rambut banyak yang rontok.

Kuku


Perubahan anatomik pada kuku manusia ketika memasuki fase lanjut usia (lansia) antara lain :

  • Pertumbuham kuku lebih lambat, kecepatan pertumbuhan menurun 30-50% dari orang dewasa.
  • Kuku menjadi pudar.
  • Warna kuku agak kekuningan.
  • Kuku menjadi tebal, keras tapi rapuh.
  • Garis-garis kuku longitudinal tampak lebih jelas. Kelainan ini dilaporkan terdapat pada 67% lansia berusia 70 tahun.