Pertimbangan sebelum implan gigi

Apa saja pertimbangan sebelum implan gigi?

Penggunaan dan pemasangan implan saat ini menjadi alternatif untuk menggantikan gigi yang hilang terbilang cukup aman dilakukan. Selain dapat memberikan tampilan gigi yang alami juga sudah jadi salah satu hal yang populer di dunia kedokteran gigi. Implan gigi sendiri terbuat dari bahan yang biokompatibel. Di mana implan ditanam ke dalam gusi atau tulang rahang untuk menggantikan gigi yang hilang.

Kesuksesan pemasangan impan gigi tergantung pada tingkat kemahiran dokter yang menangani, gigi yang memasang implan, kualitas dan kuantitas tulang rahang yang akan dilakukan pemasangan implan, serta kesehatan rongga mulut pasien.

Nah berikut, beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan memasang implan gigi:

Pertimbangan pasien

Pada awalnya pasien akan konsultasi dan diperiksa kondisi giginya oleh dokter. Biasanya akan terlihat kondisi kesehatan sistemik pasien dan riwayat penyakit gigi sebelumnya. Misalnya jika pasien memiliki penyakit diabetes mellitus, ada baiknya dilakukan tindakan terlebih dahulu karena akan berpengaruh pada kesuksesan pemasangan implan. Selain itu, jika mempunyai kondisi gigi yang bermasalah juga diselesaikan terlebih dahulu.

Motivasi pasien dan kemampuan menjaga kesehatan rongga mulut. Biasanya ketika pasien dengan kondisi rongga mulut yang buruk dan tidak mampu menjaga kebersihan mulurnya akan mengalami kegagalan jika dilakukan pemasangan implan. Kebiasaan seseorang yang suka merokok juga bisa mempengaruhi tingkat keberhasilan implan.

Pertimbangan biaya

Implan gigi memang terbilang cukup mahal karena bahan implan itu sendiri dan dokter yang mengerjakan memang dokter spesialis. Biaya implan gigi berbeda-beda tergantung dengan kebijaksanaan dokter gigi itu sendiri. Tingkat kesulitan kasus serta bahan implan yang dipakai sangat mempengaruhi biaya. Biasanya biaya implan dengan bahan berkualitas baik mulai dari Rp 12.000.000,- per gigi implan yang akan ditanam.

Pertimbangan kondisi gigi

Kondisi gigi di sebelahnya, tulang rahang dan jaringan lunak sekeliling akan terpangaruh karena adanya pemasangan implan gigi. Perlu diketahui bahwa semua informasi yang berkaitan dengan pertimbangan pemasangan implan gigi diperoleh melalui beberapa hal. Di antaranya melalui anamnesa ke pasien, pemeriksaan klinis dan juga radiografi (biasanya foto panoramik gigi).

http://dentaluniverseindonesia.com/2018/04/ini-dia-yang-perlu-diperhatikan-sebelum-pemasangan-implan/