Pertimbangan ketika ingin memelihara anjing rottweiler

Pertimbangan apa yang harus diperhatikan ketika ingin memelihara rottweiler di rumah?

Rottweiler in grass

Mengingat begitu banyaknya perbedaan di antara ras anjing, sangatlah penting untuk mempertimbangkan tepat atau tidaknya rottweiler bagi Anda. Sama halnya dengan kebanyakan ras anjing lainnya, rottweiler memiliki perilaku yang unik dan sifat-sifat spesifik. Semakin baik pemahaman Anda mengenai rottweiler, semakin dalam pula pengetahuan Anda mengenai potensi tantangan dalam memelihara rottweiler serta cara menghadapinya. Anak-anak anjing rottweiler akan tumbuh menjadi anjing besar (dengan berat anjing dewasa mencapai kurang lebih 50 kg) yang sangat setia kepada majikannya dan mewaspadai orang-orang asing.

Anjing rottweiler membutuhkan bimbingan yang tegas dari seorang majikan yang memahami psikologi dan perilaku anjing. Oleh karena itu, pemilik anjing yang sudah berpengalaman akan lebih cocok untuk menjadi majikan rottweiler. Calon pemilik harus benar-benar menyadari kemampuannya dalam memelihara anjing. Mengingat ukuran tubuhnya yang besar, seekor rottweiler yang tidak mematuhi perintah Anda berpotensi menjadi berbahaya.
Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai rottweiler, datangi pameran anjing setempat dan bicaralah dengan para pembiak serta pemilik rottweiler lainnya.

Periksa juga kebijakan asuransi rumah Anda. Beberapa asuransi tidak akan berlaku apabila Anda memelihara rottweiler atau ras-ras anjing lainnya yang dilabeli sebagai hewan berbahaya, meski metode pelabelan tersebut pun sering kali mengandung kesalahan. Apabila Anda mengontrak rumah, hubungi pemiliknya sebelum memutuskan untuk mengadopsi rottweiler (atau hewan peliharaan lainnya) guna memastikan bahwa Anda diizinkan untuk memeliharanya.