Permainan tradisional apa yang dapat meningkatkan kecerdasan anak?

Permainan tradisional terdapat banyak ragamnya. Dari cara bermain dan asalnya pun berbeda sehingga menciptakan kesan yang berbeda pula bagi pemainnya.

pada zaman sekarang banyak sekali permainan tradisional yang tergusur oleh permainan modern. Namun, jangan salah karena dibalik kesederhanaan dari permainan tradisional ternyata menyimpan banyak sekali manfaat bagi tumbuh kembang anak, salah satunya adalah mampu mengasah otak anak sehingga membantu meningkatkan kecerdasan anak tersebut.

Permainan tradisional di Indonesia banyak sekali jenisnya, hal ini disebabkan karena keragaman suku dan budaya bangsa Indonesia yang tak terhingga. Berikuti ini adalah beberapa permainan tradisional daerah Indonesia yang sangat bermanfaat dalam mengasah kecerdasan otak, diantaranya adalah.

Permainan Mengasah Kecerdasan Otak
Congklak, Mengasah Kecerdasan Otak Kiri
permainan tradisional congklak, permainan asah otak, permainan mengasah otak, permainan kecerdasan, permainan kecerdasan otak, permainan uji kecerdasan otak, permainan kecerdasan anak, permainan uji kecerdasan, permainan untuk kecerdasan anak, permainan kecerdasan kinestetik

Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya otak manusia itu dibedakan menjadi dua bagian otak kiri dan juga otak kanan, otak kiri berperan penting dalam kecerdasan. Hal ini disebabkan karena otak kiri memiliki fuungsi yang meliputi logika, bahasa, kecerdasan, dan perhitungan. Nah, salah satu permainan tradisional yang mampu mengasah kecerdasan otak kiri adalah congklak.

Congklak adalah permainan tradisional yang sudah terkenal di beberapa daerah di Indonesia. Pada daerah sumatra permainan ini dikenal dengan nama congkak, pada lampung dikenal dengan dentuman lamban, pada sulawesi dikenal dengan makaotan, sedangkan pada jawa dikenal dengan beberapa nama antara lain congklak, dakon, dan dakhonan. Permainan ini menggunakan papan lengkung yang dibentuk seperti sampan. Dalam papan terdapat 16 lubang saling sejajr, dimana 14 lubang kecil dan 2 sisanya lubang besar.

Congklak dapat dapat mengasah kecerdasan otak kiri karena cara bermainnya, dimana mereka harus mengumpulkan biji yang lebh banyak daripada lawannya. Dari hal tersebut, anak akan mencoba berpikir untuk menemukan strategi yang pas dalam merubut biji tersebut. Memang jika dilihat sepintas ini hanyalah permainan yang sederhana. Namun, jangan salah karena otak kiri anak kakn selalu aktif dalam permainan karena harus melakukan perhitungan.

Mobil-mobilan Tradisional, Mengasah Kecerdasan Otak Kanan
permainan tradisional mobil-mobilan, permainan asah otak, permainan mengasah otak, permainan kecerdasan, permainan kecerdasan otak, permainan uji kecerdasan otak, permainan kecerdasan anak, permainan uji kecerdasan, permainan untuk kecerdasan anak, permainan kecerdasan kinestetik

Mobil-mobilan tradisional adalah sebuah permainan yang sangat sederhana sekali, saking sederhananya bahkan sampai bisa dibuat sendiri. Namun, jangan salah karena dibalik keserdahanaannya terdapat manfaat bagi tumbuh kembang anak, yaitu mampu mengasah kecerdasan otak kanan.

Karena sangat mudah untuk dibuat, permainan ini akan mengasah ide kreatifitas yang dimiliki anak. dimulai dari saat mencari bahan pembuatan, merakitnya sendiri, bahkan sampai menambahkan variasi-variasi yang akan semakin membuat tampilan mobil-mobilan menjadi lebih menarik.

Layang-layang dan Petak Umpet, Mengasah Kecerdasan Emosi (ESQ)
permainan tradisional petak umpet, permainan asah otak, permainan mengasah otak, permainan kecerdasan, permainan kecerdasan otak, permainan uji kecerdasan otak, permainan kecerdasan anak, permainan uji kecerdasan, permainan untuk kecerdasan anak, permainan kecerdasan kinestetik

Tidak hanya kecerdasan intelektual yang dapat ditingkatkan melalui permainan tradisional, bahkan kecerdasan emosi (ESQ) juga bisa. Permainan tradisional yang mampu meningkatkan kecerdasan emosional tersebut antara lain adalah layang-layang dan juga petak umpet.

Pada permainan layang-layang, anak akan dilatih kecerdasa emosinya melalui kesabaran. Mulai dari pembuatan kerangka layang-layang agar bisa terbang sampai kesabaran dalam mencari arah angin yang tepat dalam menerbangkannya. Sedangkan pada petak umpet dilatih pada kesabaran menemukan teman-temannya yang bersembunyi.

Bentengan, Mengasah Kecerdasan Sosial
permainan tradisional bentengan, permainan asah otak, permainan mengasah otak, permainan kecerdasan, permainan kecerdasan otak, permainan uji kecerdasan otak, permainan kecerdasan anak, permainan uji kecerdasan, permainan untuk kecerdasan anak, permainan kecerdasan kinestetik

Kebanyakan permainan tradisional dimainkan lebih dari satu orang, bahkan ada yang sampai berkelompok, misalnya adalah permainan bentengan. Permainan tradisonal ini dimainkan oleh dua grup, dimana masing-masing grup memiliki markas berupa tiang. Untuk memenangkan permainan ini mereka harus berusaha menyentuh markas lawan sekaligus juga melindungi markas mereka dari serangan lawan.

Bentengan ini mampu mengasah kecerdasan sosial anak, karena mereka harus kompak dengan sekawannya untuk menang. Permainan ini juga membuat anak lebih bersosialisasi dengan teman sebanya dibandingkan dengan berdiam diri dirumah.

Engklek, Mengasah Kecerdasan Kinestetik
permainan tradisional engklek, permainan asah otak, permainan mengasah otak, permainan kecerdasan, permainan kecerdasan otak, permainan uji kecerdasan otak, permainan kecerdasan anak, permainan uji kecerdasan, permainan untuk kecerdasan anak, permainan kecerdasan kinestetik

Kecerdasan kinestetik adalah kecerdasan motorik atau gerak tubuh anak. Dengan kecerdasan kinestetik akan membantu anak terhindar dari beberapa penyakit mematikan misalnya cerebral palsy. Kecerdasan kinestetik ini dapat dilatih ketika anak bermain, seperti saat ia menggenggam, meloncat, melompat, berlari, dan berjongkok. Salah satu permainan tradisional yang menggabungkan hal tersebut adalah engklek.

Engklek adalah permainan tradisional yang dimulai dengan membuat pola kotak-kotak pada tanah, lalu kemudian anak akan melempar batu secara acak dan mereka akan mengambilnya dengan melompat menjaga keseimbangan karena satu kaki diangkat. Permainan seperti ini sangat bak bagi kecerdasan kinestetik anak karena terdapat macam gerakan sekaligus melatih keseimbangan juga.

Demikianlah beberapa permainan tradisional dalam meningkatkan kecerdasan otak anak. Selain dengan permainan, kcerdasan anak juga dapat ditingkatkan dengan cara lain, yaitu dengan jenis makanan meningkatkan kecerdasan, belajar, atau melakukan alternatif terapi meningkatkan kecerdasan anak. Salah satu terapi yang telah terbukti membantu secara efektif meningkatkan kecerdasan anak adalah Terapi Otak Brain Booster.

https://keluarga.com/4215/permainan-tradisional-ini-efektif-mengasah-kecerdasan-anak