Permainan Seperti Apa Yang Baik Buat Anak-Anak?

main

Dunia anak-anak adalah dunia permainan, dimana dengan permainan dapat menumbuhkan perkembangan psikologi dan kecerdasan mereka. Menurut kamu, permainan seperti apa yang baik buat anak-anak?

“Hati-hati!” “Jangan tinggi-tinggi!” “Stop!”

Karena cemas akan keselamatan anak, orang tua kerap memperingatkan anak-anak agar berhati-hati ketika bermain. Riset terbaru menunjukkan, cara pengasuhan seperti ini terlalu protektif. Selain itu, anak-anak membutuhkan kesempatan lebih banyak untuk bermain dengan risiko.

Ketika anak-anak menguji batasan mereka dalam permainan yang mendebarkan, mereka mengembangkan rasa percaya diri, ketangguhan, dan kemampuan mengelola risiko.

Riset memperlihatkan, permainan berisiko punya kaitan dengan peningkatan aktivitas fisik, kemampuan sosial, kemampuan mengelola risiko, ketangguhan, dan rasa percaya diri.

Permainan yang berisiko seru dan menegangkan, membuat anak-anak menguji batasan mereka dan bermain-main dengan hal-hal yang tak pasti. Mereka memanjat pohon, membangun benteng, menjelajahi wilayah dengan teman, atau bermain tangkap bendera.

Riset memperlihatkan, permainan berisiko punya kaitan dengan peningkatan aktivitas fisik, kemampuan sosial, kemampuan mengelola risiko, ketangguhan, dan rasa percaya diri. Temuan-temuan ini secara intuitif masuk akal saat kita melihat anak-anak bermain.

Yang penting untuk dipahami adalah, keputusan tentang apa yang berisiko bagi tiap-tiap anak ketika bermain bukanlah terletak di tangan orang tua atau pakar.

Seharusnya, anak-anak diberi ruang mental dan fisik agar mereka menentukan sendiri tingkat risiko seperti apa yang wajar bagi diri mereka: cukup menegangkan sehingga terasa seru, tetapi tidak terlalu jauh sehingga jadi menakutkan.