Perlukah memelihara anjing kedua?

Mungkin kamu termasuk orang yang ingin memilik anjing lagi, tapi apakah kamu perlu untuk memelihara anjing dengan jumlah yang lebih dari 2?
WMN_22493

Kecocokan

Walaupun kebanyakan Anjing adalah seekor makhluk yang sangat sosial, memperkenalkan ke Anjing Anda di rumah tidaklah semudah yang Anda bayangkan. Jadi cobalah untuk mempertimbangkan dan mengingat tempramen Anjing Anda di rumah dulu sebelum memiliki Anjing baru. Ingatlah, untuk memberikan perhatian yang sama pada kedua Anjing Anda, agar kompetisi tak terjadi diantara mereka. Jika Anjing Anda berhasil berteman baik dengan teman barunya, Anda pun akan mendapat kesenangan ganda!

Memperkenalkan Anjing Baru

Anjing tak hidup dengan cara-cara atau prilaku manusia pada umumnya. Jadi, dari pada bersalaman dan tersenyum saat pertama kali berkenalan, mereka lebih suka untuk saling memaki sesamanya dan saling mendorong. Agar hal ini tidak merusak pertemanan mereka, lakukanlah perkenalan dengan perlahan. Biasanya perkenalan antara Anjing baru dengan yang lama dapat berlangsung lancar, jika Anjing baru dibuat seakan-akan hanyalah tamu yang sedang berkunjung. Hirarki antara Anjing baru dan lama ini biasanya akan berlangsung dalam seminggu, dan pertemanan mereka pun dimulai.

Ikatan

Terkadang Anjing dapat terikat dekat sekali dengan teman Anjingnya dan terlihat seperti ketergantungan sampai tak memperdulikan kehadiran Anda. Untuk menghindarinya, cobalah memisahkan Anjing saat Anda sedang tak ada di rumah. Misalnya dengan menggunakan partisi atau pagar pemisah yang bercelah agar mereka masih bisa berdekatan dan merasa ditemani. Tapi, tak bisa bermain bersama kecuali saat Anda sedang di rumah. Agar mereka tak merasa kurang perhatian berikanlah mainan yang bisa mendorong aktivitasnya, atau mintalah orang lain untuk menghampiri mereka dan mengajak mereka bermain, jalan-jalan disekeliling rumah, atau hanya mengeluarkan mereka di halaman untuk membuat mereka lega. Merupakan ide yang bagus juga jika Anda dapat mengajak Anjing Anda berjalan di luar rumah terpisah dengan Anjing yang lainnya, Anjing Anda pun jadi bisa merasakan perhatian Anda lebih khusus. Anjing baru Anda juga akan belajar untuk lebih percaya diri saat keluar sendiri tanpa teman Anjingnya