Perlukah mahasiswa meminjam uang untuk mencukupi kebutuhan hidup?

utang mahasiswa

Kebutuhan dana tak cuma milik seorang karyawan atau orang tua. Mahasiswa pun kadang membutuhkan dana untuk berbagai kebutuhan, baik itu kebutuhan kuliah maupun kebutuhan sehari-hari. Namun perlukah mahasiswa meminjam uang untuk kebutuhannya?

Menurut saya perlu, karena mahasiswa memiliki beberapa kebutuhan mendesak, diantaranya:

Bayar biaya kuliah
Kebutuhan ini sangat sering dialami oleh mahasiswa setiap semester. “Ada dananya tidak ya, untuk membayar biaya kuliah semester ini?” Apalagi saat kondisi perekonomian keluarga sedang tidak stabil, ini tentu akan memicu kesulitan membayar biaya kuliah. Nah, fasilitas pinjam uang tanpa jaminan untuk mahasiswa dari berbagai bank bisa menjadi solusi finansial sepanjang cocok dengan profil keuanganmu.

Biaya skripsi, penelitian dan magang
Ketika sudah sampai di jenjang akhir masa kuliah, universitas maupun sekolah tinggi, akan ada persyaratan bagi mahasiswa untuk mengikuti program magang, atau program penelitian hingga pembuatan skripsi. Program ini tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit lho. Seba itu, biaya ini kadang menjadi faktor pendorong mahasiswa untuk mencari fasilitas pinjam uang tanpa jaminan untuk mahasiswa.

Biaya kursus dan sertifikasi
Selain biaya penelitian, ada pula biaya kursus tambahan dan sertifikasi. Sebagian program studi di universitas mensyaratkan hal tersebut untuk meningkatkan kompetensi dan skills mahasiswa. Biaya ini juga tidak sedikit lho bisa menguras dana tabungan. Sepanjang kebutuhan tersebut merupakan biaya kuliah dan bertujuan untuk meningkatkan kualifikasi Anda sebagai mahasiswa, bukan untuk kebutuhan konsumtif, tidak ada salahnya Anda mencari pinjaman tanpa jaminan dari berbagai bank. Jika Anda memiliki penghasilan rutin, misalnya dari bekerja part time, proses pinjamanmu akan lebih mudah disetujui oleh bank