Perlukah kolam ikan lele diberi aerasi ?

kolam aerasi

Kolam ikan lele sebenarnya perlu tidak di aerasi? Apabila perlu sebarapa sering sebaikanya dilakukan aerasi?

Sangat perlu. Kesuksesan budidaya ikan bergantung pada sistem aerasi yang dilakukan. Aerasi adalah proses untuk meningkatkan kadar oksigen sehingga organisme yang di dalamnya dapat tumbuh baik.

Kebutuhan untuk aerasi sebenarnya bervariasi, tergantung pada tingkat respirasi dan fotosintetis. Masalah kadar oksigen terlarut yang rendah jarang terjadi ketika temperatur secara konsisten berada di bawah 15 derajat celcius. Sebaliknya, masalah kadar oksigen terlarut akan sering Anda hadapi ketika temperatur air kolam/tambak berada di atas 27 derajat Celcius. Iklim lokal dan suhu di tempat Anda melakukan budidaya bagaimanapun akan mempengaruhi seberapa sering Anda akan melakukan aerasi.

Hitungannya, selama satu musim, diperlukan aerasi intensif 500-1.000 jam. Atau dengan kata lain bisa dilakukan aerasi 3 jam - 6 jam per hari untuk per kolam. Tapi, seperti yang disebutkan di atas, durasi aerasi harus disesuaikan dengan kondisi kolam pada saat itu. Ada kolam yang perlu diaerasi sepanjang hari, ada pula yang tak perlu. Begitu juga dengan kondisi cuaca. Apakah pada saat itu cuaca panas atau berawan.

Sumber