© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Perlukah Indonesia membangun museum permainan tradisional Indonesia yang memamerkan serta mengedukasi permainan tradisional nusantara ?

Jika permainan tradisional dianggap sebagai bagian dari kekayaan budaya dan perkembangan intelektualitas suatu bangsa dari zaman ke zaman, maka agar tidak hilang atau dicuri sebaiknya diabadikan dan dilestarikan. Hal apa yang sebaiknya dilakukan untuk mengabadikan permaianan tradisional agar tak lekang oleh zaman?

Ya, perlu. Indonesi perlu membangun musium nasional permainan tradisional jika belum memilikinya. Permainan tradisional merupakan bagian dari budaya masyarakat indonesia. Budaya tersebut unik mernurut kekhasan asal setiap daerah di seluruh pelosok nusantara. Budaya juga bagian dari peradaban suatu bangsa. oleh karena itu, dengan melestarikan permainan tradisional indonesia yang total berjumalh 2600 dari setiap pelosok negeri dari sabang sampai merauke, maka permainan tradisional merupakan bagian dari ragam kekayaan budaya indonesi yang harus dilestarikan oleh generasi bangsanya agar tidak kehilangan identitasnya.

Menurut saya belum perlu. Museum cenderung digunakan untuk memamerkan benda-benda atau pun hal yang sudah sulit atau tidak mungkin dapat kita temui lagi di lingkungan sekitar kita. Sedangkan permainan tradisional masih sering kita temui di kampung-kampung pedesaan. Ataupun sebenarnya menggunakan kata museum menurut saya ada kecenderungan bahwa permainan tradisional akan menjadi suatu hal yang akan punah dan itu bertentangan dengan semangat kita untuk terus melestarikan. Mungkin wahana pelestari yang cocok bukan museum tapi dalam bentuk festival atau pun pameran.

Menurut saya perlu, kenapa? karena Indonesia sendiri memiliki banyak permainan tradisional yang mungkin setiap daerah nya berbeda - beda atau beraneka ragam. Sehingga dengan adanya museum permainan traditional, membuat generasi muda atau pun seluruh kalangan menjadi lebih mengenal dan lebih tahu terhadap permainan tradisional yang berada di setiap daerah di Indonesia.