Perlukah berbohong untuk menjaga perasaan seseorang?

Bohong

Bohong merupakan suatu sikap yang tidak baik dikarenakan dia tidak berkata jujur terhadap keadaan sebenarnya. Lalu, perlukah berbohong untuk menjaga perasaan seseorang dan apa alasannya?

Kepercayaan, kejujuran, dan keterbukaan merupakan hal-hal yang sangat penting untuk menjaga hubungan tetap solid. Tetapi terkadang kebohongan diperlukan dalam berhubungan dengan seseorang, misalkna ketika pasangan kita memasak makanan yang menurut anda tidak enak, apakah anda akan berkata jujur ?

Jadi yang terpenting adalah anda dapat membedakan antara kebohongan yang diperlukan dan kebohongan yang akan membuat hubungan anda menjadi berantakan

Berikut ini beberapa kebohongan yang dapat dilakukan dalam sebuah hubungan,

Kebohingan yang membuat mereka merasa lebih baik dan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan.

Kejujuran adalah kebijakan yang terbaik dalam menjaga hubungan, tetapi jika Anda dapat menahan diri dari menyakiti seseorang dengan cara berbohong, dan dilakukan dengan niat yang baik, maka hal tersebut diperbolehkan, bahkan dianjurkan.” Dr. Suzanne Degges-White, Ketua dan Profesor Pendidikan Konseling dan Konselor di Northern Illinois University.

Kebohongan seperti itu biasa disebut dengan white lie. Hal utama yang perlu diingat adalah "pertimbangkan motivasi Anda dalammelakukannya dan potensi apa yang akan terjadi apabila anda berkata jujur. Tidak masalah sesekali anda mengatakan bahwa penampilan dia hari ini luar biasa, padahal sejujurnya anda berpendapat bahwa penampilan dia hari ini biasa saja atau bahkan anda tidak suka dengan penampilannya.

Kebohongan untuk menghargai hadiah yang diberikan oleh pasangan

Terkadang anda akan mendapatkan hadiah kejutan dari pasangan anda. Walaupun hadiah yang diberikannya tidak sesuai dengan kebutuhan anda atau selera anda, anda tetap harus menghargainya. Yang anda lihat bukanlah hadiah yang dia berikan, tetapi niatan yang mendasari pasangan anda memberikan hadiah tersebut pada anda.

Anda dapat mengatakan, "“Trimakasih banyak sudah memikirkan saya atas hadiah yang kamu berikan ini.”

Kebohongan atas situasi yang menurut anda tidak menyenangkan

Kadang-kadang, berada dalam suatu hubungan berarti harus melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak Anda sukai, tetapi itu sangat berarti bagi pasangan Anda, seperti pergi menonton bola bagi wanita atau pergi ke suatu pesta bersama teman-teman pasangan anda.

Bisa jadi anda merasa tersiksa dengan situasi yang ada, tetapi ketika anda mengatakan secara terus terang terkait dengan apa yang anda rasakan disaat itu, maka hasil yang akan didapatkan akan menjadi lebih buruk dibandingkan ketika anda berbohong.

Kebohongan untuk menyembunyikan sesuatu yang membuat Anda merasa malu di awal hubungan anda

Sampai Anda mengenal seseorang lebih dalam, sebaiknya Anda harus melindungi hal-hal yang dapat menyakiti diri anda terkait dengan bagaimana mereka akan meresponnya.

Tetapi, suatu saat nanti, ketika anda sudah mengenalnya lebih dalam, Anda harus terbuka pada pasangan anda karena pasangan yang normal harus dapat menerima Anda apa adanya, terutama masa lalu anda. Bukankah masa lalu tidak dapat dirubah bukan ?