Perlukah Adanya Privasi Antara Suami dan Istri?

Dalam suatu hubungan, keterbukaan merupakan hal yang sangat penting untuk menghindari rasa curiga satu sama lain. Namun di satu sisi setiap orang tentunya memiliki privasi yang tidak boleh diketahui oleh orang lain. Privasi merupakan suatu hal yang sangat penting baik bagi individu maupun lembaga atau instansi untuk berhadapan dan berinteraksi dengan individu lain atau lembaga lain.

Lantas, apakah privasi sudah tidak lagi berlaku dalam pasangan suami istri? Atau perlukah adanya privasi dalam pasangan suami istri?

Image Source

5+ Batasan Privasi Suami Istri yang Harus Dijaga, Moms dan Dads Wajib Tahu! | Orami

Kalau menurut saya perlu sih, karena dalam hubungan kita berhak untuk memiliki privasi dan saling menjaga privasi pasangan maupun privasi sendiri. Privasi suami istri adalah suatu hal yang dimiliki seseorang yang disimpan secara pribadi sebagai rahasia untuk kenyamanan pribadinya. Hal ini berhubungan dengan tingkatan interaksi atau lebih kita kenal dengan keterbukaan. Dan biasanya privasi ini dalam bidang profesi masing-masing karena mereka tidak ingin membebani satu sama lain. Dari memiliki privasi ini banyak manfaatnya juga yaitu :

  1. Menjalin Kerja Sama dengan Pasangan
    Dengan adanya privasi suami istri, maka akan menumbuhkan kepercayaan dan rasa saling menghormati.
  2. Menjaga Kesehatan Hubungan
    Dalam sebuah hubungan, kualitas dan keadaan yang baik dari masing-masing pihak diperlukan untuk menghindari konflik-konflik yang tidak terselesaikan.
  3. Keterbukaan Tidak Selalu Baik
    Keterbukaan dalam sebuah hubungan selalu dianggap sebagai kunci dari keharmonisan dan kelanggengan. Tapi, persepsi dan respons seseorang terhadap suatu hal tidak selalu sama.
Summary

https://www.google.com/amp/s/www.orami.co.id/magazine/amp/batasan-privasi-suami-istri/

1 Like