Peribahasa : Tidak Dapat Ditarik Kembali

Peribahasa berikut ini akan menggambarkan tentang perkataan seseorang :

"Sudah ketengah makan api."

Artinya perkataan yang sudah terlanjur keluar dan menyakiti hati orang lain tidak dapat ditarik kembali.

Bagaimana pendapat Anda?

source :
https://id.wikiquote.org/wiki/Sudah_ketengah_makan_api

Peribahasa di atas mengajarkan kita bahwa sebelum berbicara dan bertindak, kita harus memikirkan perbuatan yang akan kita lakukan. Karena setiap perbuatan tersebut tidak akan bisa ditarik lagi. Apabila kita sudah terlanjur menyakiti hati orang lain, maka cara terakhir yang bisa kita lakukan hanyalah meminta maaf kepada orang tersebut.

Peribahasa tersebut sangat menggambarkan kondisi yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Murahnya perkataan membuat banyak orang menawarkannya tanpa memilah dan menyaring dengan bijak sehingga akibat buruknya banyak korban yang terdampak dari murahnya perkataan itu sendiri.

Apabila perkataan tersebut “negatif” atau “menyakitkan” bagi penerima perkataan maka itu sulit untuk dikembalikan bahkan tidak bisa. Ibarat guci yang sudah pecah sulit untuk disatukan menjadi guci utuh lagi, sekalipun bisa itupun sudah membekas bercak retaknya. Oleh karena itu, sebelum berkata-kata perlulah untuk dipikirkan dan dipertimbangkan dampak positif dan negatifnya agar tidak terlalu menyesal dikemudian waktu.