Peribahasa : Saat yang Tepat

Terdapat peribahasa yang membahas tentang kelebihan seseorang :

"Seperti buku gaharu."

Artinya dimana seseorang baru memperlihatkan kelebihan atau keunggulannya pada saat yang tepat atau saat dibutuhkan saja.

Bagaimana tanggapan Anda?

source :
https://id.wikiquote.org/wiki/Seperti_buku_gaharu

Ketika Anda menggembar-gemborkan sifat-sifat Anda yang terbaik, maka cara menunjukan kelebihan yang terbaik adalah dengan menunjukkan, bukan mengatakannya. Dengan kata lain, jangan berkata “Saya adalah komunikator yang hebat atau perencana strategis yang handal”. Tapi, tunjukkan kepada semua orang bagaimana Anda menggunakan kreativitas Anda atau keterampilan organisasi dengan menceritakan sebuah kisah yang benar-benar Anda pernah lakukan

Coba gunakan rumus yang terbukti ampuh yaitu “masalah, tindakan, hasil.” Sebagai contoh, jika Anda ingin mengatakan bahwa Anda dapat memotivasi tim, pertama gambarkan bagaimana Anda ditempatkan di sebuah divisi yang timnya nampak lesu dan tidak bersemangat. Kemudian berbagi cara bagaimana Anda menerapkan langkah dan strategi dalam membangun tim dan berkomunikasi dengan lebih baik untuk membantu membangun rasa percaya. Hasilnya adalah, tingkat retensi kelompok menjadi meningkat di bawah pengawasan Anda.