Peribahasa : Mengantisipasi Masalah

PROBLEM-SOLVING-DECISION-MAKING-CONFLICT-MANAGEMENT-678x381

Peribahasa berikut ini akan membahas tentang mengantisipasi masalah :

"Sedia payung sebelum hujan."

Artinya kita harus telah mengantisipasi masalah yang mungkin terjadi. Kita harus sudah siap dengan berbagai alternatif solusi terhadap masalah tersebut. Contohnya seperti menabung.

Bagaimana tanggapan Anda?

source :
https://id.wikiquote.org/wiki/Sedia_payung_sebelum_hujan

Masalah muncul dalam kehidupan kita masing-masing. Tidak seorangpun terluput dari krisis atau masalah dalam kehidupan kita peribadi. Namun demikian seperti pepatah diatas apakah kita telah menyiapkan atau menyediakan sebuah payung dalam arti menyiapkan sebuah solusi sebelum hujan, krisis atau masalah datang dalam kehidupan kita masing-masing?

Apakah karena hujan lantas kita memutuskan untuk berdiam diri dan berserah kepada hujan untuk menentukkan produktifitas kita pada hari itu? Hujan tidak dapat dihindari dan hujan juga dialami oleh banyak orang dan bukan Anda sendiri. Yang membuat perbedaan dalam menyikapi hujan yang ada adalah sikap Anda. Omelan, gerutu, makian, bahkan kutukan sekalipun tidak dapat menghentikan hujan lebat.

Cara kita sekalian menyikapi hujan yang sedang turun lebat akan menentukan produktifitas kita pada hari tersebut. Sang Pencipta mempunyai alasan tersendiri kenapa Ia mencurahkan hujan pada hari dan saat tertentu, itu diluar kontrol manusia. Anda boleh menyukai ataupun tidak menyukai hujan, tidak ada masalah, Sang Pencipta tidak tergugah oleh pendapat Anda karena dunia beserta segenap isinya adalah milikNya.

Jadi sudah barang tentu Ia berhak melakukan yang terbaik dalam pandanganNya terhadap dunia dan segenap isinya ini. Apakah Anda setuju atau tidak, apakah Anda sependapat atau tidak dengan Sang Pencipta, juga tidak ada masalah bagi Dia yang menurunkan hujan. Yang menjadi masalah adalah Anda menjadi tidak produktif, jika Anda tidak memiliki sebuah payung atau jika Anda tidak memiliki sebuah solusi untuk masalah atau krisis yang muncul dalam kehidupan Anda.