Perempuan tangguh dalam film Hollywood ?

Ada beberapa perempuan yang menjadi ikon perempuan tangguh dalam film-film hollywood. Tahukah kamu siapa sajakah mereka?
image

Ellen Ripley dari film Aliens (1979-1997)
Selama rentang waktu hampir 20 tahun, Sigourney Weaver berhasil memerankan tokoh Ripley, si pembasmi alien dalam film berjudul sama. Ripley adalah salah satu kru pesawat luar angkasa yang akan kembali ke bumi. Tak dinyana, kepulangan mereka ke bumi ternyata ‘disertai’ makhluk lainnya. Alien menyerang seisi kapal dan membunuh hampi semua orang. Ripley adalah satu-satunya yang selamat. Ia berjuang hingga titik darah penghabisan untuk melawan alien. Film Alien besutan sutradara Ridley Scott ini berhasil menjadi salah satu franchise yang sukses dibuat sekuelnya di Hollywood.

Sarah Connor dari film Terminator Saga (1984-2015)
arah Connor adalah gadis biasa yang tak pernah menyangka bahwa ia akan melahirkan seorang anak yang bisa menyelamatkan dunia. Di masa depan, dunia akan dikendalikan oleh para robot sehingga manusia tersingkir dan menjadi ras yang diperbudak. John Connor adalah pemimpin pergerakan ras manusia untuk melawan robot. Agar misinya berhasil, John mengirim Kyle Reese, sahabatnya sendiri ke masa lalu untuk menemui Sarah Connor, ibunya.

Sarah Conor diperankan oleh Linda Hamilton di dua film pertama. Meskipun di film terakhir, Terminator Genesys, peran Connor diambil alih oleh Emilia Clarke, namun Sarah Connor tetap menjadi ikon petarung perempuan yang tangguh.

Clarice Starling dari film The Silence of The Lambs (1991)
Starling adalah calon agen FBI yang masih dilatih. Suatu hari, bosnya meminta Starling untuk mengunjungi Hannibal Lecter, seorang psikopat pembunuh yang mendekam di penjara dengan pengamanan super ketat. Starling diharuskan mewawancarai Lecter untuk membongkar sebuah kasus pembunuhan.

Jodie Foster berperan sebagai Clarice Starling, agen FBI yang masih magang namun sangat cerdas dan efisien. Ia tak gentar sedikitpun ketika harus berhadapan dengan Lecter, yang tidak hanya dikenal sebagai psikopat melainkan juga seorang kanibal.

Dana Scully dari serial The X Files (1993-2008)
Dana Scully dan Fox Mulder adalah salah satu pasangan karakter film yang amat dikenal, X Files. Scully adalah seorang dokter dan agen FBI yang berpartner dengan Fox Mulder untuk memecahkan berbagai misteri. Dalam perjalanan kisahnya, Scully banyak menghadapi hal-hal yang tidak hanya membuatnya takut, namun juga tidak ia mengerti. Pun begitu, Scully tetap bertahan sebagai seorang agen FBI yang tangguh.

Xena dari film Xena : The Warrior Princess (1995-2001)
23 tahun berlalu sejak penonton pertama kali berkenalan dengan Xena, pejuang suku Amazon. Lucy Lawless memerankan Xena, pejuang perempuan yang tangguh dan berani. Xena tak segan-segan berkelahi dengan laki-laki, bahkan beberapa orang laki-laki sekaligus. Tak cukup sampai di situ, ia juga berani menentang perlakuan para Dewa yang seringkali tak adil. Senjata andalan Xena adalah pedang dan cakram yang bisa ia lempar jauh.

Erin Brokovich dari film Erin Brockovich (2000)
Erin Brockovich adalah seorang single parent dengan tiga anak yang berjuang menghidupi keluarganya tanpa kehadiran suami. Ia mendapat pekerjaan sebagai asisten paralegal di sebuah firma hukum ketika ia mencium adanya ketidakberesan dalam salah satu kasus. Sebuah perusahaan besar ia curigai telah membeli lahan penduduk secara diam-diam dan membuat air sungai menjadi beracun karena limbah pabriknya. Erin berjuang sendirian untuk menuntut perusahaan ini ke meja hijau. Meskipun ada begitu banyak rintangan dan ancaman dari perwakilan si perusahaan, Erin tak sedikitpun gentar.

Elle Wood dari film Legally Blond 1 & 2 (2001-2003)
Elle Wood adalah seorang gadis penggemar warna pink yang sering dianggap bodoh karena sikapnya yang lugu, ketertarikannya pada fashion dan rambutnya yang pirang. Setelah dicampakkan oleh pacarnya, Elle mengambil langkah untuk mengubah cara hidupnya dengan mendaftar sebagai mahasiswa hukum di Universitas Harvard yang amat bergengsi. Meski film ini bergenre romantic-comedy, namun Reese Witherspoon yang memerankan Elle, membuktikan pada dunia bahwa seorang perempuan tidak bisa dipandang sebelah mata.

Beatrix Kiddo/The Bride dari film Kill Bill 1 & 2 (2003-2004)
Kiddo adalah anggota pasukan pembunuh elit yang sangat disegani. Memutuskan untuk pensiun dari kehidupan gelapnya, Kiddo malah ditembak sehari sebelum hari pernikahannya. Pelakunya tak lain adalah Bos dan mantan teman-temannya sesama pembunuh bayaran. Setelah koma selama empat tahun, ia terbangun dari tidur panjangnya dan bangkit untuk membalas dendam.

Kiddo diperankan oleh Uma Thurman dalam film Kill Bill volume 1 dan 2 yang penuh dengan adegan kekerasan. Quentin Tarantino sebagai sang sutradara berhasil menghasilkan sebuah sajian film yang sadis namun sanggup mengaduk emosi penonton. The bride digambarkan menjadi petarung perempuan yang efisien, pemberani dan kejam. Cocok ditonton oleh para penggemar film aksi.

Daenerys Targaryen dari serial Game of Thrones (2011 – 2019)
Game of Thrones barangkali bisa dikatakan sebagai serial TV paling banyak ditonton di seluruh dunia. Kisah perebutan tahta antara beberapa keluarga menjadi tema sentral yang memikat.

Salah satu tokoh perempuan yang sukses menjadi ikon perempuan tangguh adalah Daenerys Targaryen. Daenerys adalah putri mahkota yang terbuang setelah klan nya dihabisi dalam perebutan tahta. Daenerys dan kakaknya harus bersembunyi dari kejaran orang-orang yang menginginkan kematian mereka. Kelak, Daenerys bangkit dari persembunyiannya dan berusaha merebut kembali kekuasaan yang seharusnya jadi miliknya. Hal yang tambah bikin Danerys keren adalah, ia punya tiga ekor naga lho! Gimana gak mengerikan ya.

Katnis Everdeen dari film The Hunger Games Trilogy (2012 – 2014)
Di masa depan, Amerika bagian utara hancur dan terbentuklah koloni bernama Panem. Setiap tahunnya, warga Panem merayakan pertarungan yang mereka sebut “The Hunger Games”. Dalam pertarungan ini, 12 remaja perwakilan dari 12 distrik di Panem akan memperebutkan hadiah-hadiah yang sangat menggiurkan dengan satu syarat; hanya ada satu pemenang. Artinya, mereka harus membunuh satu sama lain.

Katnis Everdeen yang diperankan Jennifer Lawrence adalah perwakilan dari distrik 12, yang paling miskin dibandingkan distrik-distrik lainnya. Di pertarungan itu, Katnis berjuang tidak hanya untuk menyelamatkan nyawanya sendiri, namun juga kehormatan warga distriknya dari pemerintah kota Panem yang kejam.

Sumber: https://www.brilio.net/creator/10-perempuan-tangguh-di-film-hollywood-040974.html