Percayakah Kamu Akan Adanya Astral Projection?

images.jpeg

Menurut penelitian yang dirilis oleh International Journal of English Literature and Social Sciences (IJELS) tahun 2018, astral projection adalah fenomena ketika roh seseorang meninggalkan raganya untuk kemudian pergi ke dimensi astral yang tak terlihat.

Hingga saat ini, belum banyak penelitian yang mampu menjelaskan secara gamblang mengapa seseorang bisa mengalami proyeksi astral. Bahkan, beberapa ahli hingga saat ini masih tidak setuju jika kesadaran bisa terjadi di luar raga.

Menurut ahli reiki Irmansyah Efendi, Msc dalam bukunya kesadaran jiwa bahwa sukma manusia bisa keluar dari raganya dengan disadarinya (bukan bermimpi). Jika kita mengalami Astral Projection maka kita bisa pergi ke mana pun kita mau. Bahkan kita bisa pergi ke alam semesta atau bisa bisa pergi ke suatu tempat yang tidak ada di dunia ini.

Apakah teman-teman Youdics percaya akan ada nya eksistensi Astral Projection ini? Yuk share pendapat kalian!

menurut saya pribadi, saya tidak percaya sepenuhnya dengan fenomena tersebut, karena saya belum mengalaminya sendiri dan belum banyak bukti tentang fenomena tersebut. menurut penelitian, ada beberapa orang yang menyebutkan bahwa fenomena tersebut adalah suatu hal musyrik, namun menurut saya fenomena astral injection tersebut bukan merupakan hal yang musyrik karena hal dikatakan musyrik jika kita sebagai manusia meminta bantuan lain dari mahkluk yang menyekutukan Allah. jadi bisa dikatakan bahaw saya percaya dan tidak percaya akan hal itu

Sepertinya hal ini kurang bisa diterima secara ilmiah, jadi lebih cocok masuk ke ranah metafisik ya.

Saya pribadi antara percaya dan tidak percaya akan adanya Astral Projection. Gagasan bahwa manusia dapat meninggalkan tubuh mereka selama keadaan mimpi sudah ada sejak dulu. Banyak orang yang percaya bahwa adalah memungkinkan untuk berkomunikasi dengan “kecerdasan kosmik” melalui penglihatan dan mimpi yang dialami selama proyeksi astral (yang juga dikenal sebagai pengalaman di luar tubuh). Dilansir dari Live Science, antara 8-20 persen orang mengaku pernah mengalami pengalaman keluar dari tubuh ini.

Namun masalahnya belum ada cara yang benar-benar ilmiah untuk mengukur apakah roh seseorang “pergi” atau “masuk” ke dalam tubuh. Penjelasan paling sederhana dan terbaik dari fenomena ini adalah bahwa orang tersebut hanya berfantasi dan bermimpi. Tidak ada bukti ilmiah bahwa kesadaran bisa eksis di luar otak. Maka dari itu banyak ilmuwan yang tidak setuju dengan Astral Projection.

Astral Projection belum bisa dibuktikan secara ilmiah. Inilah yang membuat saya masih ragu untuk benar-benar mempercayainya. Mungkin saja itu hanya imajinasi kita saja.

Referensi

Radford, Benjamin. (2017). Astral projection: Just a Mind Trip. Live Science. Diambil dari Astral Projection: Just a Mind Trip | Live Science

Kalau saya sedikit percaya dengan adanya astral projection ini, tapi nggk percaya 100% karena memang belum ada pembuktian ilmiahnya. Dan menurut saya kenapa ada astral projection ini, mungkin karena ada yang pernah mengalaminya, dan ini jarang banget terjadi, sehingga sulit utk peneliti ingin meneliti hal tersebut karena memang jarang ketemu. Dan setau saya juga otak itu bagian yang kompleks jadi memungkinkan adanya hal-hal ambigu yang terjadi yang masih belum terjamah oleh penelitian.

Menurutku ini sih semacam teori lain dari bermimpi, karena didalam bermimpi kita tidak bisa sepenuhnya berpikir atau bahkan mengatur kemana kita akan pergi. Banyak pertanyaan yang belum terjawab, seperti bagaimana menentukan ke tempat mana roh kita akan pergi, bagaimana bentuk roh, bagaimana cara roh keluar dan menuju kesana lalu kembali ke tubuh, dan kenapa kalau roh terpisah dari tubuh lalu pergi menjelajah tempat lain tetapi kembalinya selalu tidak lebih dari setengah hari. Pertanyaan-pertanyaan tadi yang membuat aku ga percaya astral projection, jadi yang terpikir hanyalah astral projection adalah teori lain dari bermimpi.