Percaya Diri Berlebihan, Baik atau Tidak?

Percaya diri adalah suatu sikap dimana manusia sebagai individu percaya dengan kemampuan byang dimiliki oleh dirinya sendiri untuk melakukan segala hal. Sebagai seorang individu, sebaiknya kita harus memiliki rasa percaya diri. Di dalam berbagai situasi, punya kepercayaan diri adalah suatu hal yang positif. Banyak yang percaya bahwa orang yang percaya diri dapat meraih kesuksesan di dalam kehidupannya. Namun, bagaimana jadinya jika seseorang percaya diri berlebihan? Akankah menimbulkan banyak hal positif atau sebaliknya?

1 Like

rasa percaya diri yang berlebihan menimbulkan sejumlah masalah dalam kehidupan pribadi, sosial,dan profesional seseorang. orang yang terlalu percaya diri kerap meremehkan pekerjaan karena mereka cenderung menganggap mudah tugas tersebut. terlalu percaya diri juga merusak ego reputasi seseorang.

percaya diri berlebihan juga bisa membuat seseorang kewalahan dalam melakukan pekerjaannya. ini karena mereka kerap menerima atau mengambil pekerjaan atau tugas apapun meski mereka belum punya keterampilan yang mumpuni. bukan hanya itu, orang yang percaya diri berlebihan terkadang mengasingkan teman-teman mereka sehingga kerap dianggap sombong. melansir dari verywell mind, anak yang terlalu percaya diri suka mengambil risiko. sedangkan pada orang dewasa, percaya diri berlebihan rata-rata punya hubungan yang kurang baik karena orang tersebut selalu menyalahkan pasangannya atas masalah yang sedang terjadi. memiliki kepercayaan diri yang tinggi juga dikaitkan dengan frekuensi perilaku kekerasan dan agresif yang lebih tinggi.

meskipun demikian, punya kepercayaan diri yang tinggi tidak selalu menghasilkan situasi atau perilaku yang buruk. orang yang sangat percaya diri kadang-kadang dapat menggertak melalui situasi. meyakinkan orang lain bahwa mereka benar-benar memiliki kemampuan lebih. pada kasus lain, kepercayaan berlebihan dilihat sebagai penipuan atau bahkan narsisme. hal ini membuat seseorang menajdi kurang menarik.

Referensi

haodoc “Percaya Diri Berlebihan Ternyata Berbahaya, ini Dampaknya”

1 Like

Aku pribadi punya prinsip bahwa semua hal yang berlebihan itu punya efek yang kurang baik bagi diri kita sendiri maupun orang lain. Percaya diri memang menjadi sifat positif yang harus dimiliki oleh setiap orang karena memiliki fungsi dan manfaat yang sangat penting. Menurut Rahmawati (2021), percaya diri memiliki manfaat positif seperti tidak takut menghadapi tantangan, memaksimalkan kemampuan diri sendiri, dapat membuat masalah menjadi lebih mudah, lebih tahan banting, dan mendapatkan kesan positif dari orang lain.

Namun kembali lagi ke prinsip yang aku sebutin di awal, semua yang berlebihan itu kurang baik. Menjadi terlalu percaya diri ternyata akan menimbulkan berbagai dampak negatif bagi diri kita sendiri. Menurut Makarim (2020), dampak negatif dari terlalu percaya diri adalah:

  1. Meremehkan tugas atau pekerjaan yang diberikan
    Orang yang memiliki rasa percaya diri yang berlebihan cenderung akan menganggap enteng atau mudah hampir seluruh tugas atau pekerjaan yang dia terima. Sikap yang demikian akan berdampak buruk terutama di dunia kerja karena dapat merusak reputasi orang tersebut.

  2. Rawan menerima atau mengambil tugas yang di luar kemampuan diri
    Masih terkait dengan poin sebelumnya, orang yang terlalu percaya diri seringkali telah menganggap bahwa dia dapat mengerjakan semua pekerjaan tanpa melihat dengan detail pekerjaan tersebut terlebih dahulu. Padahal setiap orang pasti memiliki batas kemampuannya sendiri-sendiri. Dengan demikian, tindakan yang seperti ini akan berdampak kurang baik bagi dirinya sendiri karena dapat bersifat ceroboh.

  3. Risiko bersifat sombong dan narsis
    Orang yang memiliki rasa percaya diri yang berlebihan cenderung rawan memiliki korelasi dengan sifat sombong dan narsis. Hal tersebut dapat terjadi karena mereka dapat merasa memiliki kemampuan yang lebih tinggi dari orang lain dan ingin menunjukkan bahwa ia seperti demikian. Oleh karena itu, sifat seperti ini akan sangat merugikan di dunia kerja karena dapat mengganggu hubungan baik dengan para koleganya.

Sumber

Makarim, F. R. (2020, 4 Juni). Percaya Diri Berlebihan Ternyata Berbahaya, Ini Dampaknya. Diakses pada 13 Agustus 2021, dari https://www.halodoc.com/artikel/percaya-diri-berlebihan-ternyata-berbahaya-ini-dampaknya.

Rahmawati, D. (2021, 23 Maret). Manfaat Percaya Diri dalam Kehidupan yang Bisa Anda Peroleh. Diakses pada 13 Agustus 2021, dari https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-percaya-diri-dalam-kehidupan-yang-bisa-anda-peroleh.

2 Likes

Saya yakin kita semua sepakat kalau segala sesuatu yang berlebihan akan menjadi tidak baik. Dalam beberapa kasus, sikap percaya diri memang sangat dibutuhkan. Namun, jika berlebihan tentu bukan manfaat yang akan datang, melainkan kerugian. Contoh kecilnya adalah, sikap percaya diri yang berlebihan dapat membuat kita menjadi pribadi yang sombong dan cenderung memandang rendah orang lain. Akibatnya, kita bisa dijauhi oleh teman-teman kita. Selain itu, dalam ranah profesional, orang yang terlalu percaya diri seringkali meremehkan pekerjaan mereka karena merasa terlalu yakin dapat mengerjakannya. Hal ini tentu tidak baik dan dapat membuat kita memandang sebelah mata pekerjaan yang diberikan kepada kita.
Jadi, mengontrol sikap percaya diri itu sangat perlu ya agar kita tidak terjebak dengan sikap tersebut.

Referensi:

Terlalu Percaya Diri Itu Ngga Baik | Young On Top

1 Like

Di dalam berbagai situasi, punya kepercayaan diri adalah suatu hal yang positif. Banyak yang percaya bahwa orang yang percaya diri dapat meraih kesuksesan di dalam kehidupannya. Namun, bagaimana jadinya jika seseorang percaya diri berlebihan? Akankah menimbulkan banyak hal positif atau sebaliknya?

Dilansir dari Psychology Today, rasa percaya diri yang berlebihan menimbulkan sejumlah masalah dalam kehidupan pribadi, sosial, dan profesional seseorang. Orang yang terlalu percaya diri kerap meremehkan pekerjaan karena mereka cenderung menganggap mudah tugas tersebut. Terlalu percaya diri juga merusak ego bahkan reputasi seseorang.

Percaya diri berlebihan juga bisa membuat seseorang kewalahan dalam melakukan pekerjaannya. Ini karena, mereka kerap menerima atau mengambil pekerjaan atau tugas apapun meski mereka belum punya keterampilan yang mumpuni. Bukan itu saja, orang yang percaya diri berlebihan terkadang mengasingkan teman-teman mereka sehingga kerap dianggap sombong.

1 Like

Setiap orang perlu memiliki percaya diri, akan tetapi memiliki percaya diri secara berlebihan dapat berpengaruh buruk terhadap pikiran seperti kepercayaan diri secara berlebihan dapat membuat acuh dengan pendapat-pendapat dari orang lain, merasa mengetahui banyak hal dibanding dengan orang lain maka mudah melakukan kesalahan karena orang tersebut tidak mau untuk berdiskusi dengan orang lain, dan lain sebagainya. Percaya diri perlu dimiliki oleh setiap orang, akan tetapi percaya diri tidak boleh secara berlebihan.