Perbedaan Stretch Marks dan Selulit

Jerawat dan keriput merupakan dua masalah utama di wajah yang bisa menurunkan kepercayaan diri. Namun masih ada masalah kulit lain yang juga tak kalah bikin minder, seperti stretch marks dan selulit. Meski nggak terlihat secara langsung, karena umumnya tertutup saat kita berpakaian, namun keberadaannya sangatlah menganggu. Terutama saat ingin tampil seksi di hadapan pasangan atau saat berbikini di pantai.

Mungkin di antara kamu ada yang masih bingung, apa sih bedanya stretch marks dan selulit? Keduanya terdengar sangat mirip dan muncul di bagian tubuh yang berlemak.

Sebenarnya, selulit dan stretch marks sama-sama kondisi kulit yang sebenarnya tidak membahayakan kesehatan. Meski begitu bila satu atau dua kondisi tersebut terjadi pada perempuan biasanya akan meruntuhkan kepercayaan diri. Keduanya memang kerap dianggap sama karena bentuknya berupa guratan pada bagian kulit.

Sebelum beranjak membahas perbedaan diantara strech mark dan selulit, ada baiknya kita mencari tahu dulu apa sih sebenernya stech mark dan selulit. Ya, strech mark merupakan guratan yang sering nampak pada kulit bagian tubuh letak lemak terkonsentrasi.

Ini merupakan suatu kondisi rusaknya lapisan kedua pada epidermis dan tidak ada hubungannya dengan lemak. Kamu dapat mengetahui strech mark dengan jelas tanpa harus menekan bagian kulit terlebih dahulu.

Sementara, selulit adalah kondisi kulit dengan lemak terperangkap sehingga menimbulkan gumpalan-gumpalan kecil yang terlihat seperti kulit jeruk. Lemak ini secara kentara muncul karena mendorong jaringan ikat di atasnya. Kondisi ini hampir 90% pernah dialami perempuan dewasa, namun jarang ditemui pada kaum pria.

Letak strech mark dan selulit pun dapat dibedakan kok. Karena strech mark bisa muncul akibat kulit yang merenggang dengan cepat, maka letaknya strech mark biasanya terjadi di bagian payudara, perut atas, lengan atas, pantat, dan paha. Guratan yang mulanya berwarna merah, merah muda, atau ungu ini lama kelamaan akan berubah menjadi warna putih atau kelabu, tergantung pada warna kulit.

Sedangkan, selulit bisa kamu temukan hampir diseluruh bagian tubuh. Tergantung bagaimana kondisi tubuhmu. Jika sebagian orang menganggap bahwa selulit hanya terjadi pada orang gemuk saja nyatanya selulit juga menghantui mereka yang berbadan kurus. Biasanya selulit kerap muncul pada bagian sekitar bokong, pinggul, betis dan juga paha.

Sumber: