Perbedaan jurusan agribisnis dengan agrotek nologi apa ya? Dari jurusan ini mana yang paling cocok dengan kondisi sekarang?

Perbedaan jurusan agribisnis dengan agroteknologi apa ya? Dari jurusan ini mana yang paling cocok dengan kondisi sekarang?

1 Like

Halo! Saya izin menjawab. Sejauh yang saya tahu dan sederhananya, perbedaan dari jurusan agribisnis dengan agroteknologi adalah konsentrasi ilmu yang dipelajarinya, namun kedua jurusan ini masih saling berkaitan.

Jurusan Agribisnis lebih ke ranah pemasaran, sedangkan jurusan agroteknologi lebih ke arah pembudidayaan tanaman, baik itu mulai dari pra tanam, masa tanam, perlindungan tanaman, pasca tanam serta cara untuk menghasilkan produksi tanaman yang lebih besar.

Kembali lagi, menurut saya, jika disesuaikan dengan kondisi sekarang kedua jurusan ini sangat cocok jika dikombinasikan. Sekarang ada pada masa orang menggeluti dan mendalami cocok tanam (agroteknologi) dan bersemangat untuk berjualan, sehingga tahu kondisi pasar serta wajib mengetahui proses manajemen pemasaran (agribisnis).

Terimakasih

1 Like

image

Perbedaan paling mencolok antara jurusan agribisnis dan juga agroteknologi terletak pada fokus pembahasannya. Dimana jurusan agribisnis mempelajari tentang manajemen bagaimana memasarkan produk hasil pertanian hingga sampai ke tangan konsumen, sedangkan jurusan agroteknologi lebih membahas mengenai teknik budidaya dari tanaman itu sendiri, seperti mengenai hama dan penyakit tanaman, budidaya pertanian, dan masih banyak lagi.

Apabila ditanya jurusan mana yang paling cocok dengan kondisi sekarang ini, jawabannya adalah keduanya. Karena kedua jurusan ini sama-sama tidak dapat dipisahkan dan saling membutuhkan satu dengan yang lain. Contohnya saja untuk jurusan agribisnis tidak akan ada barang yang dipasarkan apabila dari jurusan agroteknologi sendiri tidak dapat memproduksi hasil pertanian yang baik dan berkualitas.