Perbedaan internal product roadmap untuk eksekutif, teknisi dan sales

pada product roadmap terdapat internal product roadmap dan eksternal product roadmap
apa saja sih yang ada didalam internal product roadmap?

Internal roadmap untuk eksekutif

Pada roadmap ini bertujuan untuk memastikan buy-in untuk visi produk anda, dan untuk mempertahankan dukungan dan antusiasme selama siklus pengembangannya.

Roadmap ini harus fokus pada konsep strategis tingkat tinggi seperti:

  • Pertumbuhan pendorong
  • Penetrasi pasar baru
  • Kepuasan pelanggan
  • Posisi pasar.

Internal roadmap untuk teknisi

Roadmap ini sering berfokus pada fitur, rilis, sprint, dan tonggak. Mereka biasanya lebih terperinci dalam lingkup dan durasi yang lebih pendek daripada peta jalan yang menghadap eksekutif. Bagi mereka yang menggunakan metode agile development, roadmap ini sering berada di tingkat epik atau fitur. Namun, tujuan dan tema produk harus tetap menjadi komponen dari roadmap ini.

Sertakan sebanyak mungkin transparansi dalam roadmap anda. Meskipun pengembang Anda akan kurang fokus pada visi produk dan potensi pendapatan, itu adalah praktik cerdas untuk memasukkan tonggak dan persyaratan yang relevan yang dihadapi departemen lain, sehingga pengembang Anda memahami deadline dan persyaratan khusus.

Internal roadmap untuk sales

Tim penjualan Anda akan ingin tahu bagaimana produk akan membantu mereka menjual lebih banyak, jadi fokus disini pada kombinasi fitur dan manfaat pelanggan, seperti:

  • Fokus pada bagaimana produk akan menguntungkan perwakilan Anda secara langsung,

  • Manfaat yang dapat mereka komunikasikan kepada pelanggan dan prospek mereka.

  • Dapat mengelompokkan fitur/item serupa ke dalam tema yang dapat didiskusikan oleh
    perwakilan penjualan dengan calon pelanggan.

Berhati-hatilah saat berbagi peta jalan internal dengan Penjualan. Perwakilan penjualan tidak biasa untuk berbagi peta jalan internal dengan pelanggan, sebagai cara untuk menutup kesepakatan, membangkitkan minat dan menjaga prospek tetap hangat.
Untuk menghindari tim penjualan Anda melakukan kesalahan tersebut adalah dengan mengecualikan tanggal rilis atau peluncuran dalam roadmap yang Anda bagikan dengan Penjualan.

Referensi
What is a product roadmap