Perbedaan Blackheads vs whiteheads

Komedo adalah permasalahan kulit yang sering ditemukan. Bintik–bintik ini paling umum terdapat di area hidung dan sangat mengganggu penampilan kita. Komedo dapat menyumbat kelenjar minyak pada wajah. Untuk mengenalinya, terdapat 2 jenis komedo adalah komedo hitam atau blackheads dan komedo putih atau whiteheads. Lalu apa perbedaan dari kedua jenis komedo ini?

Komedo Hitam (Blackheads)
Komedo biasa terbentuk karena adanya minyak berlebih, sel kulit mati, hingga kotoran yang menumpuk dan menyumbat pori. Penumpukan ini terjadi di permukaan pori-pori yang terbuka. Karena lubang pori-pori yang besar dan masih terkena udara, kotoran ini kemudian teroksidasi. Proses oksidasi ini yang menyebabkan campuran minyak + sel kulit mati + kotoran ini menjadi kehitaman.

Komedo Putih (Whiteheads)
Lain lagi dengan komedo putih. Proses terbentuknya sama dengan yang berwarna hitam, namun yang menjadikannya berbeda adalah besar pori-porinya. Pada komedo putih, minyak berlebih dan sel kulit mati masuk ke dalam pori-pori yang terbuka. Karena lubang pori-porinya terlalu kecil, maka campuran minyak dan sel kulit mati ini tersumbat di dalam dan tidak teroksidasi. Karena itulah, jika dipencet, komedo jenis ini memiliki warna putih yang sering orang bilang sebagai “lemak”, walaupun sebenarnya bukan lemak.

Sumber:
https://journal.sociolla.com/beauty/beda-komedo-blackheads-whiteheads/