Perbedaan antara imam dan khalifah itu apa ?


(anon56287618) #1


Menurut bahasa, Khalifah (خليفة Khalīfah) merupakan mashdar dari fi’il madhi khalafa , yang berarti : menggantikan atau menempati tempatnya.
Sedangkan dalam pengertian syariah, Khailifah digunakan untuk menyebut orang yang menggantikan Nabi Muhammad SAW (setelah beliau wafat) dalam kepemimpinan Negara Islam.

Perbedaan antara imam dan khalifah itu apa ?


(Muhammad Iqbal) #2

Kendati menurut pandangan sebagian cendekiawan Ahli Sunnah, seperti Ibnu Khaldun, tidak ada perbedaan antara imam dan khalifah, dan keduanya adalah satu makna yaitu pelanjut dari pemilik syariat dalam menjaga agama dan kebijakan atau politik dunia, akan tetapi, secara umum dan ringkas bisa dikatakan bahwa kedudukan imâmah, sebagaimana yang bisa disimpulkan dari al-Quran dan riwayat, merupakan sebuah kedudukan yang tinggi dan mulia dimana bahkan juga lebih tinggi dari kedudukan nabi serta risalah, sebagaimana yang bisa diambil dari makna imam itu sendiri. Imam adalah seseorang yang bertanggung jawab dan memegang kepemimpinan manusia dari seluruh dimensi kehidupan agama dan dunia.

Akan tetapi, khalifah bermakna penerus atau pelanjut kedudukan, dan ini jelas tidak memiliki syarat-syarat dan tingkatan yang dimiliki oleh imam. Kendati dari pandangan Syiah, kedua maqam ini (imâmah dan khilâfah) bisa berkumpul menjadi satu, sebagaimana Imam Ali dan para Imam Maksum As lainnya yang selain sebagai imam, dengan memiliki syarat-sayarat dan karakteristik-karakteistik imam, juga merupakan penerus Rasulullah dan kekhalifahan beliau.

Akan tetapi, kadangkala seseorang adalah imam, akan tetapi bukan khalifah, seperti Nabi Ibrahim As, dimana setelah melewati cobaan dan ujian-ujian yang berat, beliau sampai pada maqam imâmah, namun ia bukan sebagai khalifah dan penerus nabi dengan makna khusus. Dan kadangkala pula, seseorang adalah khalifah, akan tetapi bukan imam, seperti kekhalifahan Rasulullah Saw ketika beliau tidak hadir di Madinah dan beliau menempatkan orang-orang seperti Ibnu Maktub untuk menggantikannya. Oleh karena itu, antara imam dan khalifah terdapat hubungan umum dan khusus sebagian.