Perbandingan Jepang vs. Korea Selatan Sebagai Destinasi Liburan Murah

Tiket pesawat

Jepang

Harga tiket termurah dari Jakarta – Tokyo sekitar Rp. 5,6 juta.

Korea Selatan

Sedangkan harga tiket termurah dari Jakarta – Seoul sekitar Rp.3,6 juta dengan 1 kali transit di Denpasar terlebih dahulu.

Kesimpulan: Harga tiket ke Korea Selatan jelas lebih murah karena dari segi geografis Korea Selatan lebih dekat dari Indonesia dibandingkan ke Jepang.

*disclaimer: Referensi harga yang dicantumin ini dari Traveloka.com, kalau dari google flight bisa 2.5x lebih mahal dari itu.

Penginapan

Jepang

Kamu bisa menginap di hostel daerah Taito, Tokyo sekitar Rp. 230.000/malam

Korea Selatan

Kamu bisa dapat hostel harga termurah di daerah Itaewon, Seoul, sekitar Rp. 170.000/malam

Kesimpulan: Lagi-lagi 1 poin buat Korea Selatan karena kalian bisa mendapatkan penginapan yang murah dibanding dengan Jepang.

*disclaimer: Referensi harga yang dicantumin ini dari Traveloka.com.

Transportasi Umum

Jepang

Salah satu cara terbaik untuk berkeliling Jepang adalah dengan Japan Railway Pass (JR Pass), kalian bisa menggunakan kartu ini untuk berkeliling Jepang selama 7, 14, hingga 21 hari di jalur kereta Jepang. Harga kartu JR Pass yang selama 7 hari hanya seharga seharga 29,110 yen atau sekitar Rp. 3.749.046.

Korea Selatan

Sama halnya di Jepang, korea juga mempunyai kartu pass yang dinamakan M-Pass, selain kelipatan 7 hari disana juga menyediakan M-Pass harian. 7 Hari M-Pass sekitar 64,500 won atau sekitar Rp. 816.548.

Kesimpulan: Korea Selatanmendapatkan 1 poin lagi, karenalebih murah dalam hal transportasi umumnya.

Tempat Wisata

Jepang

Jepang memiliki obyek wisata dan tempat yang perlu kamu kunjungi. Dari mulai situs alam, tempat berbelanja, tempat kuliner, atau juga tempat bersejarah lainnya. Buat kamu yang akan ke Jepang, kamu wajib banget untuk photo di Gunung Fuji atau menara tokyo skytree.

Korea Selatan

Tak kalah dengan Jepang, ada banyak sekali tempat wisata di Korea Selatan yang bisa kamu kunjungi. Belum lagi keunikan di negara ini dari segi manapun memang tidak boleh untuk dilewatkan. Jika kamu pecinta drakor, tentu akan banyak sekali tempat yang wajib kamu kunjungi. Beberapa situs alam atau kerajaan disana tak kalah indahnya untuk dikunjungi.

Kesimpulan: Jepang dan Korea Selatan masing-masing mendapatkan 1 poin. Karena keduanya memiliki tempat yang banyak sekali untuk dijadikan tujuan wisata.