Perawatan Spider Plant

hallooo semua, aku mau sharing dan nanya2 sedikit mengenai pengalaman dan pengetahuan mengenai tanaman hias karena aku newbie bgt hehee dan baru juga pertama kali ikut volunteer dalam bidang ini. jadi aku mencoba menanam tanaman spider plant dan setelah aku research2, manfaat yang didapat dari tanaman ini tuh bagus banget! tapi aku masih sedikit bingung dalam perawatannya. sejauh ini aku merawat nya melalui metode2 yang aku cari sendiri di internet. nah pertanyaan aku apakah ada perawatan khusus atau semacamnya yaa? karena aku juga takut salah merawat dan berujung layu kalau hanya mengandalkan internet… teman2 disini mungkin bisa berbagi pengalamannya ke aku hehee. terimakasih sebelumnyaaa

Cara Perawatan Lili Paris / Spider Plant

  1. Pilih tanah atau media tanam dengan drainase yang baik. Hal ini bisa menggunakan campuran antara tanah dengan pasir atau dengan menggunakan sekam atau menggunakan serabut kelapa.
  2. Beri naungan yang teduh atau jauhkan dari sinar matahari langsung. Tanaman lili paris memiliki sifat tidak mau terhadap caya berlebih karena akan membakar daunnya jika terkena sinar matahari langsung. Karena kita ketahui bahwa tanaman ini adalah tanaman indoor.
  3. Jaga agar kelembapan dan suhu ruangan sedang dan konsisten. Suhu ruangan sebaiknya berkisar antara 10-20 derajat Celsius. Tanaman ini tak bisa bertahan di daerah dengan suhu ekstrem, baik terlalu beku maupun panas.
  4. Siram tanaman lili paris dengan air suling atau air murni. Karena tanaman lili paris adalah tanaman yang sangat sensitif terhadap kandungan flouride dalam air keran.
  5. Jaga agar tanah tetap lembap, tetapi tidak basah. Periksa kelembapan tanah dengan jari. Jika 2 cm lapisan teratas tanah terasa kering, itu berarti sudah waktunya tanaman disirami. Penyiramana bisa dilakukan seminggu sekali.
  6. Beri pupuk sekali atau dua kali dalam sebulan saat musim kemarau. Saat musim tanam, gunakan pupuk cair untuk memberi nutrisi bagi tanaman lili paris
Referensi

https://id.wikihow.com/Merawat-Tanaman-Lili-Paris

Selain itu jika terdapat daun yang sudah menguning atau tua sebaiknya dicabut untuk mencegah terjadinya pembusukan. Jika bagian daun yang kuning dibiarkan menempel pada daun yang masih segar, nantinya daun tersebut akan ikut menguning juga