Perawatan mengatasi wajah yang dulu dekil banget

Pernah gak sih punya wajah yang super dekil saat zaman pubertas? Hampir semua kayaknya mengalami hal ini. Dimasa ini, masih belum terlalu kenal dengan pentingnya menjaga kebersihan wajah, masih acuh tak acuh. Saat udah sadar dengan kebutuhan akan hal ini, barulah memulai semua perawatan badan dan wajah dari nol. Perawatan memang butuhkan kesabaran yang luar biasa karena hasilnya tidak secara tiba-tiba alias tidak instan. Ada yang ingin berbagi pengalaman perawatan yang telah berhasil sepanjang ini?

1. Jangan kurangi konsumsi air putihmu setiap hari, kalau ingin punya wajah berseri
Minuman berwarna dan berasa seperti, teh, kopi atau sirup memang terasa lebih nikmat untuk menghilangkan penat atau membuat kamu kembali segar. Namun, minuman terbaik yang diperlukan tubuhmu tetap saja air putih. Bukan cuma mencegah dehidrasi atau melarutkan racun di organ tubuh, air putih juga menjaga kelembaban dan kehalusan kulitmu. Percaya deh, menjaga banyaknya konsumsi air putihmu sehari-hari, bisa membuat wajahmu kembali cerah dan berseri-seri hanya dalam waktu beberapa minggu. Sampai di sini, masih ada yang enggan minum air putih?

2. Membersihkan wajah wajib, tapi jangan terlalu sering menyabuninya. Cukup 2-3 kali/hari saja.
Membersihkan wajah memang ritual yang nggak boleh kamu lewati. Selain menjaga kebersihan kulit, membersihkan wajah jadi momen untuk menenangkan moodmu. Namun, terlalu sering membersihkan wajah dengan sabun pun ternyata nggak baik.

Membersihkan wajah dengan sabun nggak cuma mengangkat kotoran, tapi mengurangi minyak di dikulitmu. Nah, ketika kamu sering melakukannya, otomatis kadar minyak di wajahmu semakin lama semakin berkurang. Padahal, keseimbangan kadar minyak dan air jadi penentu kondisi kelembaban kulit wajah. Maka dari itu, membersihkan wajah setiap hari cukup kamu lakukan 2-3 kali atau sesuai kebutuhan. Hasilnya pasti kulitmu akan tetap cantik, lembab, dan terlihat awet muda.

3. Menjaga waktu normal tidurmu setiap harinya 7-8 jam, agar kulitmu pun tetap segar dan kencang
Kerjaan atau tugas yang menumpuk sering menjadi alasan kamu untuk begadang. Setelah itu, baru kamu rasakan akibat dari kurangnya jam tidur, nggak cuma kantung mata yang muncul, tapi kulitmu pun akhirnya terlihat lebih kusam. Karena itu, untuk mengembalikan kesegaran wajahmu, mulai sekarang kamu perlu mengatur jam tidur lebih baik lagi. Paling tidak setiap hari kamu memerlukan 7-8 jam beristirahat malam hari.

4. Olahraga meski seminggu sekali, nggak cuma membuat tubuhmu bugar, tapi juga kulitmu lebih merona
Bukan cuma membuat tubuh bugar, olahraga juga bisa mempengaruhi kesehatan kulitmu. Saat kamu berolahraga, kelenjar keringat banyak memproduksi keringat dari pori-pori kulit. Nah, bersamaan dengan produksi keringat itu lah, kotoran-kotoran yang terkunci di dalam pori-pori ikut terdorong keluar oleh keringat, sehingga pori-porimu kembali bersih dan segar. Selain itu, sirkulasi oksigen yang lebih lancar saat berolahraga lah yang nantinya membuat kulit ditubuh juga wajah lebih cerah dan bersinar.

Tunggu apa lagi, girl, yuk luangkan waktumu untuk berolahraga, minimal 1-2 kali dalam seminggu. Demi kulit kusam pergi dari wajahmu!

5. Mengoleskan moisturizer atau sunscreen setiap akan beraktivitas, nggak hanya membuat wajahmu terlindungi dari pengaruh buruk matahari, tapi juga menjaga kelembaban kulitmu
Selain melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari, beberapa kandungan lain sunscreen juga bisa menutrisi kulitmu. Karen itu memakainya sebelum memulai kegiatan di luar ruangan itu wajib kamu lakukan. Tapi, jika kegiatanmu di dalam ruangan, mengaplikasikan moisturizer ke wajah sudah cukup. Intinya supaya kelembaban wajahmu tetap mendapat perlindungan, dan kulit kusam pun pergi jauh-jauh.

Sebagai catatan, kalau kulitmu cukup berminyak, pilihlah sunscreen dalam bentuk gel yang bisa mencegah munculnya jerawat. Selain itu, kandungan air yang mendominasi pada suncreen jenis gel dapat membantu menjaga keseimbangan minyak di wajah.

6. Memperbanyak konsumsi sayur dan buah, penting sebagai anti oksidan kulitmu dari dalam
Menjaga pola makan seperti keseimbangan konsumsi sayur dan buah perlu kamu perhatikan untuk menghilangkan kusam. Karena, makanan-makanan itu nggak cuma berfungsi sebagai antioksidan tubuhmu, tapi juga kulitmu. Bukankah kulitmu pun nggak hanya perlu nutrisi dari luar, tapi juga dari dalam. jadi, sebisa mungkin masukkan satu atau dua jenis buah sebelum kamu makan, dan pastikan juga sayur menemani lauk paukmu ya, girl.

7. Terapi uap sederhana di rumah bantu kamu membersihkan kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori
Membersihkan kulitmu juga bisa kamu lakukan dengan menguapi kulitmu. Selain kotoran, sel kulit mati, minyak, serta racun yang terjebak dikulitmu pun bisa terangkat. Dan untuk menguapi wajah, kamu nggak perlu repot pergi ke salon, tapi lakukan saja sendiri di rumah. Modalnya cukup mangkok yang berdiameter seukuran wajahmu, lalu handuk dan pastinya air panas. Mudah ‘kan?

8. Masker alami putih telur+madu bisa kamu coba untuk membuat kulitmu lebih halus dan bercahaya
Siapa bilang masker alami itu selalu ribet? Nih, kamu perlu coba masker alami dari putih telur dan madu. Putih telur yang dipercaya bisa mengencangkan kulit, sedangkan madu mengandung vitamin dan mineral yang cukup untuk menambah nutrisi kulitmu.

Pakai saja masker putih telur dan madu ini seminggu sekali sebelum anda tidur. Caranya mudah, kamu hanya perlu memisahkan antara putih dan kuning telur. Kemudian campurkan madu, langsung deh kamu oleskan ke semua permukaan kulit wajah kita. Cuci wajah kamu setelah bangun keesokan harinya. Lakukan secara rutin ya, demi wajah yang kembali halus, kencang dan bersinar.

Sumber

https://www.hipwee.com/tips/agar-wajah-tak-kusam-lagi-8-tips-perawatan-alami-ini-bisa-kamu-terapkan-sehari-hari/