Perawatan Kecantikan Aneh dari Seluruh Dunia

Perawatan kecantikan paling aneh apa yang pernah Anda dengar? Ekstrak lendir siput dalam krim wajah untuk melembapkan kulit, facial ditemani dengan lintah yang mondar-mandir di wajah, atau fish foot spa yang diklaim bisa sembuhkan psoriasis?

Berikut ini adalah daftar perawatan kecantikan paling tidak biasa dari seluruh dunia.

1. Masker wajah dan rambut dengan plasenta
Bangsa Cina telah menggunakan plasenta sebagai obat anti-penuaan kulit dan rambut berkilau selama lebih dari 200 tahun. Plasenta juga diperkirakan telah menjadi salah satu bahan baku perawatan kecantikan zaman Mesir Kuno, dan Marie Antoinette dipercaya rutin menggunakannya sebagai jamu minum.

Plasenta adalah organ yang terbentuk dalam embrio selama masa kehamilan yang berfungsi sebagai jalur transportasi nutrisi dan oksigen dari tubuh ibu ke bayi yang sedang bertumbuh. Plasenta juga penting dalam regenerasi sel dan percepatan perkembangan hati. Plasenta dipercaya mengandung tinggi protein dan enzim.

Dalam dunia kecantikan modern, plasenta digunakan dalam berbagai cara. Facial placenta, misalnya, terbuat dari plasenta manusia atau mamalia lain — babi, domba, sapi, atau kambing — setelah proses kelahiran yang kemudian digerus menjadi bubuk steril. Ekstrak plasenta juga diinjeksikan ke dalam krim masker wajah anti-penuaan seperti yang digunakan oleh Jennifer Lopez, dan masker rambut.

2. Facial sengatan lebah
Perawatan wajah unik satu ini memiliki sederetan fans fanatik. Kate Middleton dan Victoria Beckham, misalnya, yang mengklaim bahwa manfaat racun sengatan lebah dapat membuat kulit wajah mereka lebih awet muda. Diklaim sebagai botox alami, racun dari sengatan lebah dipercaya dapat mengencangkan kulit dengan menyuplai asupan kolagen, sehingga mengurangi kerutan dan garis halus di wajah.

Jika Anda selama ini hanya menggunakan alpukat tumbuk dan madu untuk masker wajah di rumah, berani coba disengat lebah? Jasa facial sengat lebah ini akan mengharuskan Anda menghabiskan dana sekitar 3,5 juta rupiah. Anda dapat mencoba facial lebah sendiri di rumah, tapi krim ini akan dikenakan biaya 2 juta rupiah per jarnya.

3. Creambath sperma banteng
Sebuah salon di London, Hari’s Salon, pernah menawarkan jasa creambath menggunakan sperma banteng organik yang diimpor khusus dari Skotlandia. Sperma ini diramu dengan akar katera asal Iran untuk kemudian diaplikasikan pada rambut pelanggan. Sperma banteng diklaim sebagai viagra untuk rambut yang menghasilkan rambut indah berkilau, serta kuat dari akarnya.

4. Cryotherapy
Cryotherapy berbeda dengan kriogenik. Kriogenik adalah metode pembekuan dalam temperatur sangat rendah (-150º C) yang dalam dunia medis dapat digunakan untuk mengawetkan vaksin, dan mengawetkan tubuh manusia dalam kondisi beku untuk dihisupkan kembali di masa depan (disebut sebagai pembekuan krionik).

Cryotherapy, di sisi lain, masih menggunakan konsep sama dari temperatur ekstrim di bawah nol, namun melibatkan seseorang untuk masuk ke dalam ruangan dingin -110º C penuh dengan nitrogen cair kering, atau merendam tubuh dalam sebuah tong yang sangat dingin.

Cryotherapy umum digunakan para olahragawan untuk membantu mempercepat masa pemulihan cedera, namun sekarang kegunaannya sudah meluas ke dunia kecantikan. Cryotherapy diklaim dapat merangsang kerja metabolisme tubuh untuk mendorong pembakaran lemak yang lebih efektif.

5. Facial vampir
Facial vampir, yang dipopulerkan oleh Kim Kardashian, melibatkan pengambilan darah dari lengan Anda untuk kemudian dipisahkan antara darah merah, darah putih, dan plasma yang terkonsentrasi. Plasma inilah yang akan disuntikkan ke wajah Anda.

Sebenarnya, teknik yang dalam dunia medis disebut dengan Platelet Rich Plasme (PRP) ini telah lama digunakan sebagai metode pemulihan luka dan kulit terbakar, dan membantu atlit pulih dari cedera.

Facial vampir dipercaya ampuh untuk meningkatkan produksi kolagen dan merangsang tampilan kulit yang awet muda. Beberapa praktisi facial vampir ini terkadang mengombinasikan dengan pengisi dermal untuk dapat lebih jauh mengencangkan area yang bermasalah, misalnya kantung mata.

6. Pijat ular
Kebun binatang di Filipina dan sebuah tempat pijat di Israel menawarkan jasa melepas penat yang dapat membuat bulu kuduk berdiri.

Jangan harap Anda akan disambut dengan seorang tukang pijat andal yang biasa Anda lihat di tempat-tempat perawatan tubuh lainnya, kedua tempat ini menggunakan ular untuk memijat pelanggan yang mengeluhkan pegal-pegal di sekujur tubuhnya.

Berbagai jenis ular hidup, besar dan kecil, mulai dari piton Burma, ular jagung, hingga ular Raja yang tentunya tidak berbisa (dan sudah diberi makan sebelumnya) akan diutus untuk merayap pada tubuh klien guna memberikan sensasi menenangkan, juga menyembuhkan otot dan urat yang tegang. Beberapa klien pijat ular bahkan mengklaim bahwa pijatan ular-ular ini ampuh menyembuhkan migrain mereka.

Sumber: