Perawatan gigi labrador

Bagaimana merawat gigi labrador agar terhindar dari masalah-masalah gigi?

Semakin aktif anjing, semakin besar kemungkinannya mengalami masalah gigi. Penyakit gusi, gigi tanggal, pecah/patah/rusak, pembengkakan akar gigi dan penumpukan karang gigi adalah semua masalah yang harus Anda waspadai. Bawa anjing ke dokter hewan untuk membersihkan giginya satu atau dua kali dalam setahun. Mengunjungi dokter hewan secara teratur juga dapat membantu melawan bau tidak sedap.

Oleh karena Andalah pihak yang sering menerima kecupan berliur darinya, masalah ini mungkin pernah terlintas di kepala Anda. Inilah salah satu alasan mengapa Anda harus membersihkan gigi anjing labrador.

Para dokter hewan menyarankan untuk menggosok gigi anjing Anda secara teratur setiap hari atau setidaknya beberapa kali dalam seminggu. Belilah sikat dan pasta gigi khusus dari toko perlengkapan hewan di sekitar Anda atau dari dokter hewan. Ada sejumlah jenis pasta gigi yang tersedia, dan banyak di antaranya yang dibuat dengan rasa yang lezat, misalnya rasa daging hati, daging ayam, dan selai kacang, yang akan disukai anjing Anda.

Masukkan sikat ke dalam mulut anjing dengan lembut. Gunakan jari-jari Anda untuk mengangkat bibir anjing supaya ia dapat membuka giginya. Gerakkan sikat secara memutar dan gosokkan dari gigi ke gigi. Gigi belakang anjing Anda akan jadi yang paling sulit untuk disikat sehingga kerjakan paling terakhir saja. Pastikan Anda menggosok kedua sisi dari setiap gigi. Beri anjing camilan sebagai imbalan setelahnya.