Bagaimana perawatan yang benar agar gigi perokok tetap sehat dan putih?

Sudah bukan rahasia lagi bahwa merokok berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, termasuk kesehatan gigi dan mulut. Bagaimana perawatan yang benar agar gigi perokok tetap sehat dan putih?

Berbagai masalah gigi dan mulut mengintai para perokok, terutama perokok berat. Merokok dapat menyebabkan penyakit radang gusi dan jaringan pendukung gigi, mengganggu aliran darah ke gusi. Akhirnya dapat menyebabkan gigi mudah goyang dan memperlambat penyembuhan luka.

Berbagai laporan kasus menunjukkan, merokok menjadi faktor terjadinya kanker mulut. Selain itu, statistik memperlihatkan bahwa perokok memiliki kemungkinan enam kali lebih besar untuk mengalami kanker mulut dibanding non perokok.

Kebiasaan merokok juga mengakibatkan bau mulut, dan menyebabkan perubahan warna pada gigi. Noda di permukaan gigi ini muncul karena pengaruh bahan kimia yang terkandung dalam rokok, yaitu nikotin dan tar.

Anda harus menyikat gigi setidaknya dua kali sehari terutama sebelum tidur, membersihkan sela gigi dengan dental floss, serta menggunakan obat kumur antiseptik. Gunakan juga pasta gigi dengan bahan aktif dan abrasif yang dapat membantu merontokkan noda akibat nikotin dan tar.

Noda akibat nikotin dan tar ini bersifat ekstrinsik, artinya dapat dihilangkan. Bila sudah terlanjur menumpuk dan melekat erat di permukaan gigi, noda akan lebih sulit dibasmi dengan menyikat gigi.

Bila noda pada gigi sudah sulit dihilangkan, Anda harus mendapatkan bantuan dari dokter gigi. Selain itu, Anda juga memang harus memeriksakan gigi secara rutin ke dokter gigi, setidaknya enam bulan sekali. Tidak hanya untuk membersihkan karang dan noda rokok pada gigi, tapi juga memeriksakan keadaan rongga mulut.

Cara untuk mengatasi gigi kuning karena rokok ini, harus lebih dulu dimulai dengan berhenti merokok. Setelah itu, upaya untuk mulai mencerahkan kembali gigi yang menguning bisa dimulai

  1. Menggunakan Pemutih Gigi
    Cara yang pertama adalah menggunakan pemutih gigi. Gunakan whitening kit untuk gigi ini bersamaan dengan pasta gigi. Gosok gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung whitening sehari dua kali. Sementara untuk pemutih gigi, gunakan setiap enam bulan sekali.

  2. Kurangi Asupan Makanan dan Minuman Berwarna
    Langkah kedua, Anda bisa mulai mengurangi jumlah asupan makanan dan minuman yang berpengaruh pada perubahan warna gigi. Seperti cola, kopi atau teh dan apa pun yang mengandung zat pewarna.

  3. Jaga Kebersihan Lidah
    Cara mengatasi gigi kuning karena rokok selanjutnya adalah menjaga kebersihan lidah. Pasalnya, bakteri dalam mulut, yang dapat berpengaruh pada warna alami gigi, juga bisa terdapat pada lidah. Gunakan alat pembersih lidah setelah menggosok gigi secara teratur.

  4. Menggosok Gigi
    Ini dia cara paling sederhana yang dapat membantu Anda menjaga kesehatan gigi serta mulut, termasuk mengatasi gigi yang kuning sebab rokok. Gosok gigi Anda setidaknya dua kali dalam sehari.

  5. Perhatikan Asupan Makanan
    Susu, kaya akan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang juga gigi. Anda bisa memperbanyak konsumsi susu untuk menjaga gigi tetap kuat.

  6. Rutin Mengunjungi Dokter Gigi
    Terakhir adalah dengan rutin mengunjungi dokter gigi. Dokter gigi akan memeriksa kesehatan gigi Anda secara rutin dan ketika muncul masalah dapat diketahui dengan segera dan dilakukan tindakan perawatan.

Sumber: http://doktersehat.com/atasi-gigi-kuning-sebab-rokok-dengan-ini/