Perawatan anjing chihuahua sehari-hari

Apakah dibutuhkan teknik khusus atau dengan perawatan biasa

Penjemuran setiap hari mutlak untuk dilakukan jika anjing dipelihara didalam kandang atau didalam ruangan (indoor) . Anjing yang dipelihara dihalaman terbuka akan memilih sendiri waktu untuk berjemur, jangan heran kalau mereka berjemur di siang hari padahal kalau menurut dokter hewan (kebanyakan) waktu untuk menjemur yang baik adalah sekitar jam 7 �€“ 8 pagi. Secara alami, anjing berjemur untuk mengeringkan bulunya agar tidak lembab. Anjing yang suka berjemur biasanya akan lebih kuat dari serangan penyakit kulit.

Mandikan Chihuahua sejarang mungkin . Untuk Chihuahua yang dipelihara di dalam ruangan dapat dimandikan paling cepat 3 bulan sekali. Untuk yang diluar ruangan (outdoor) sebaiknya paling cepat 1 bulan sekali. Memang, anda akan terganggu dengan baunya jika jarang dimandikan tapi bulu mereka akan lebih sehat karena kulit mereka tidak kering karena minyak pelapis yang dihasilkan oleh kulit untuk melindungi bulu tidak terhapus oleh deterjen. Untuk menanggulangi bau tersebut anda bisa memandikan dengan cara kering menggunakan dry shampoo yang banyak dijual di pet shop atau bisa juga menggunakan bedak bayi. Bedak ditaburkan diseluruh tubuh lalu dengan menggunakan sisir sikat ( bisa menggunakan sikat semir sepatu) sisir dari arah kepala ke arah ekor sampai bedak tersebut jatuh bersama dengan bulu mati dan kotoran lainnya.

Pilih makanan (dog food) yang ber-kible kecil agar mudah dikunyah oleh Chihuahua. Protein maksimal untuk Chihuahua adalah 28% . Jika sudah diberi dog food yang berkualitas, penambahan vitamin atau suplemen yang lain tidak diperlukan.

Walaupun sudah dipelihara di ruangan yang cukup luas, Chihuahua perlu diberi latihan (exercise) yang cukup diluar rumah. Selain untuk membentuk tubuh yang bagus, latihan diluar rumah (jalan raya) juga dapat membentuk karakter Chihuahua agar tidak pemalu. Latihan bisa dimulai pada umur 3 bulan atau jika vaksinasinya sudah selesai. Untuk anakan, sebaiknya jangan terlalu keras cukup jalan-jalan sekitar 200-300 meter saja. Untuk anjing dewasa (1 tahun lebih) latihan dapat diberikan lebih banyak (1 �€“ 5 KM) . Penambahan jarak atau waktu latihan sebaiknya secara bertahap . Misalnya untuk bulan pertama cukup 1 KM saja, setiap bulan bertambah 1 KM sampai batas maksimal 5 KM. Berikan waktu istirahat sekitar 5 menit disetiap kilometer.