Perawatan Alami Agar Warna Kulit Wajah Tampak Merata

Pada dasarnya, warna kulit wajah memiliki perbedaan terutama pada bagian pipi dan bagian T. Namun, penggunaan bahan kimia seperti make-up dan paparan sinar matahari dapat membuat perbedaan warna kulit wajah semakin terlihat jelas dan menimbulkan rasa tidak percaya diri. Saat ini, sudah banyak produk kecantikan yang bisa digunakan untuk meratakan warna kulit wajah, namun tidak semua jenis kulit bisa cocok karena kandungan bahan kimia yang terdapat pada produk kecantikan tersebut. Solusi lainnya, coba gunakan cara alami ini yang pastinya aman untuk kulit wajah dan efektif meratakan warna pada kulit.

  1. Membersihkan Wajah
    Ritual dan syarat wajib mendapatkan kulit cerah, adalah membersihkan wajah setiap hari minimal dua kali sehari. Pilih sabun pembersih dengan kandungan alami dan formula lembut bagi kulit wajah. Tuang pembersih ke telapak tangan, gosokkan kedua tangan hingga berbusa lalu usapkan ke wajah secara merata dengan gerakan memutar. Keringkan wajah menggunakan handuk dengan cara ditekan-tekan ringan, bukan diusap.

  2. Pakai Pelembap
    Setelah wajah dibersihkan, oleskan pelembap yang mengandung vitamin C, AHA dan SPF. Vitamin C merupakan antioksidan yang mampu melindungi dari radikal bebas dan mempercepat regenerasi kulit. Sementara AHA, merupakan bahan aktif yang juga efektif mengganti sel kulit mati dengan sel kulit baru, menghasilkan kulit yang lebih cerah. Jangan lupa lindungi kulit Anda dengan SPF untuk mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Pilih pelembap dengan kandungan minimal SPF 15.

  3. Oleskan Krim Malam
    Kulit juga perlu perawatan di malam hari, bahkan sangat dianjurkan. Sebab proses pergantian sel-sel kulit mencapai puncaknya di malam hari, ketika Anda tidur. Memakai krim malam akan mengoptimalkan pergantian sel, sehingga kulit tak hanya lebih cerah tapi juga tampak sehat dan muda. Krim malam juga sebaiknya pilih yang mengandung AHA dan vitamin C untuk memaksimalkan proses regenerasi sel kulit.

  4. Eksfoliasi
    Perawatan ini disarankan untuk dilakukan satu minggu sekali. Gunanya untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati yang menumpuk di lapisan epidermis sehingga kulit tak lagi terlihat kusam. Pilih facial scrub dengan butiran yang tidak terlalu kasar agar tidak melukai kulit.

  5. Masker Wajah
    Masker wajah berfungsi melembapkan dan menutrisi kulit dengan lebih intens, serta membersihkan wajah lebih mendalam. Untuk wajah lebih cerah dan bersinar, pilih masker jenis peel-off. Masker ini biasanya berbentuk cairan mirip gel yang dioleskan ke seluruh wajah. Tunggu sekitar 10-15 menit hingga masker mengering, lalu kelupas dari bagian dagu mengarah ke atas. Gunakan masker wajah satu kali seminggu, lebih maksimal dipakai setelah scrub wajah.

  6. Lakukan Juga Pada Tubuh
    Anda tentunya tidak ingin kulit wajah dan tubuh terlihat belang. Agar kulit cerah merata, rawat juga kulit tubuh Anda. Oleskan body lotion yang mengandung vitamin C, pro vitamin B dan AHA ke seluruh tubuh setiap selesai mandi atau ketika akan keluar rumah. Setiap satu minggu sekali, lakukan scrubbing untuk meluruhkan kotoran dan sel-sel kulit mati pada tubuh.

Sumber: