Peranan Refreshing bagi Seseorang


(Aprivisi Ewa Abbas) #1

Apakah refreshing memiliki dampak yang penting bagi seseorang ? terlebih lagi bagi seorang mahasiswa dan kiranya bentuk refreshing seperti apa yang paling baik dan ideal ?


(Dienabillah Gita Fitri) #2

refreshing sangat penting karena setiap tubuh manusia membutuhkan istirahat baik secara fisik maupun psikis, istirahat secara fisik mungkin sudah terpenuhi dengan tidur. namun istirahat secara psikis tidak bisa terpenuhi hanya dengan tidur. contoh refreshing misalnya jalan-jalan ke wisata alam, wisata wahana, atau sekedar keluar kota.


(Ardiansyah Dwi Cahyo) #3

ya refreshing itu penting, karena menurut artikel yang saya baca refreshing memiliki banyak manfaat contohnya sebagai berikut:
Berbagai manfaat yang dapat kita peroleh dari sebuah liburan, beberapa diantaranya ialah;

  1. Hidup Terasa Lebih Lama
    Berdasarkan studi yang dipraktekkan oleh Universitas Negeri kota New York, menemukan jika laki-laki yang menggunakan liburan tahunannya dapat mengurangi risiko terjadinya kematian kurang lebih sekitar 20% serta risiko kematian yang disebabkan gangguan penyakit jantung sejumlah 30%. Sementara laki-laki yang tidak mengunakan kesempatan liburannya dalam 5 thn terakhir, mempunyai peluang kematian pada tingkatan tertinggi serta peluang terjangkit penyakit jantung lebih riskan.

  2. Meningkatkan Kesehatan dan Kebugaran Mental
    Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Wiscons di Medical Journal mendapatkan sebuah bukti, Bahwasannya seorang perempuan yang gemar berlibur peluangnya sangat kecil mengalami terjadinya perasaan yang tertekan, tegang serta rasa lelah. Sementara perempuan yang mengabaikan liburannya lebih rentan untuk terjangkit penyakit stress dalam fase yang lebih tinggi serta waktu untuk tidur berkurang.

  3. Sehat dan Bugar
    Dalam survei yang dilaksanakan oleh National Heart,Maryland, Lung & Blood Institute dari Bethesda. Mereka menyatakan jika perempuan yang hijrah keluar kota (2 kali ataupun lebih dalam 1 tahun) memiliki kesempatan mencegah penyakit jantung 8 kali lebih kecil ketimbang mereka yang tidak melakukannya. Survei lain yang di lansir dari Jurnal Psychosomatic Medicine, menjelaskan bahwa perempuan yang sering mengadakan rekreasi atau liburan mempunyai lingkar pinggang cenderung lebih kecil serta indeks berat badan yang rendah atau ringan. Tidak sekedar hanya itu, Survei ini juga mengungkapkan, jika seseorang yang sering berekreasi mempunyai mutu tidur yang lebih berkualitas.

  4. Bekerja Menjadi Lebih Baik
    Sebuah Rekreasi juga dapat membentuk semangat bekerja seseorang menjadi lebih bagus lagi di kantor. Serta memiliki tingkat kebahagiaan yang relatif tinggi dan juga pikiran yang lebih fresh, oleh sebab itu seseorang bakalan lebih siap bertempur kembali bekerja dengan amunisi mental yang lebih baik lagi.

  5. Lebih Gampang Menemukan Gagasan Baru
    Sejak Sejak kurang lebih hampir 1 tahun menghadapi aktifitas yang monoton serta selalu terjadwal, mulai dari makan siang dan makan malam di satu tempat yang itu-itu saja, menatap orang yang sama setiap hari, Keadaan lingkungan yang tidak berbeda setiap harinya, kemacetan ada dimana-mana, keramaian kota yang semakin luar biasa, dan kondisi lain yang semakin membuat jenuh. Kondisi seperti ini mengurangi peluang seseorang untuk menelorkan gagasan kreatif serta memiliki ide yang baru yang cemerlang. Oleh sebab itu, Rekreasi adalah peluang emas untuk mengembalikan ide serta inspirasi baru, melalui berpergian ke suatu lingkungan yang tidak monoton atau asing, itu sama halnya kita memposisikan diri dalam situasi serta kondisi yang baru yang memberi peluang pada otak kita untuk aktif berpikir secara berbeda.

  6. Hubungan Lebih Dekat Dengan Keluarga / Pasangan
    Meluangkan waktu sejenak untuk menikmati hari libur bersama keluarga atau pasangan, dipastikan akan membuat hubungan yang semakin dekat antara keduanya. Gunakanlah hari libur Anda untuk bersantai bersama keluarga. Bersantai dapat Anda lakukan dengan belajar memasak bersama, jalan-jalan untuk makan di luar atau sekedar menikmati film kesukaan Anda bersama keluarga dan pasangan.

Jadi… Siapa bilang liburan akan merusak pekerjaan atau tugas kuliah Anda. Liburan ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Sisihkan waktu untuk merasakan kehidupan liburan dengan keluarga, sahabat atau pacar. Disamping dapat menambah kedekatan hubungan antar kalian, Rekreasi juga berdampak positif untuk kesehatan tubuh serta pikiran dan yang tak kalah penting tentunya sangatlah menyenangkan. . Sudah menentukan dimana Anda akan berlibur? Disarankan Anda memilih pantai atau gunung berlibur. Selamat berlibur :slight_smile:
Referensi : ayo-simak.blogspot.com , http://www.vemale.com

nah bagi seorang mahasiswa kalo bisa itu setiap minggu luangin waktu buat jalan sama teman-teman minimal 2 kali seminggu, refreshingnya ga harus pergi ke tempat wisata ,ngumpul sama teman di suatu tempat nongkrong dan tidak membicarakan masalah tugas , sekian wassalam


(Ferdiansyah Dicky Prayoga) #4

Refreshing sangat penting dilakukan bagi semua orang. Apalagi bagi seseorang yang mempunyai aktivitas yang sangat padat, contohnya kita selaku mahasiswa yang disibukkan oleh tugas, kegiatan akademik maupun non akademik seperti organisasi yang diikuti.
Refreshing yang baik tidak harus mahal, menurut artikel yang saya baca di https://www.cermati.com/artikel/15-cara-liburan-murah-nan-menyenangkan
refreshing bisa dilakukan dengan menginap di rumah teman maupun jalan jalan di kota. Di Malang sendiri juga banyak tempat wisata yang menarik seperti sengkaling dan lain lain. Kalau mempunyai uang lebih bisa rekreasi ke kota Batu yang memiliki banyak tempat wisata. Jika tidak punya uang bisa refreshing di rumah atau kos bersama hp dan laptop kesayangan serta melakukan hobby lain yang menyenangkan.


(Tiara Pangestu) #5

refreshing sangat penting sekali bagi setiap masing masing pribadi, utamanya bagi mahasiswa/i. karena, di sela sela kesibukan yang padat, setiap orang pasti merasakan kejenuhan, dimana kejenuhan yang ada di tengah kesibukan dapat menekan pikiran seseorang dan berujung dengan stress. untuk mengatasi stress tersebut, awamnya semua orang melakukan refreshing agar semua kejenuhan hilang dan merubah suasana hati agar kembali semangat kembali. refreshing yang ideal tergantung dengan pribadi masing masing, ataupun bisa juga di sesuaikan dengan hobby, misalkan mendaki gunung, atau yang suka berbelanja akan shopping sepuasnya, atau dengan cara pergi ke wisata.